Furusato (lagu)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Monumen lagu "Furusato" di Taman Kyūshō, Tottori, Prefektur Tottori.

"Furusato" (故郷?, "Kampung Halaman") adalah lagu anak-anak Jepang yang dimasukkan ke dalam buku Buku Nyanyian Kementerian Pendidikan. Lagu ini juga ada dalam buku "Nihon no Uta Hyakusen" (Seratus Lagu Jepang Terpilih).

Lagu ini pertama kali dimuat dalam Buku Nyanyian Sekolah Dasar Umum untuk murid kelas 6 pada tahun 1914. Buku nyanyian sekolah dasar di Jepang waktu itu pernah tidak mencantumkan nama pencipta atau penulis lirik. Di kemudian hari diketahui bahwa lirik lagu ini ditulis oleh Tatsuyuki Takano, dan pencipta lagunya bernama Teiichi Okano. Duet Okano-Takano menciptakan lagu-lagu terkenal lainnya dari Buku Nyanyian Kementerian Pendidikan, seperti seperti "Oborozuki yo" dan "Haru no Ogawa".

Lirik lagu ini tentang nostalgia orang dewasa yang berada jauh dari kampung halaman, mengingat pemandangan ladang dan pegunungan yang dilihatnya sewaktu masih kecil. Lagu ini dimaksudkan untuk memberi semangat kepada siswa dan pekerja yang berada jauh dari kampung halaman.

Takano Tatsuyuki menggambarkan kerinduan kepada kampung halamannya dengan lirik "Usagi oishi kano yama, Kobuna tsurishi kano kawa" (兎追いしかの山 小鮒釣りしかの川?, "Mengejar kelinci di gunung itu, memancing ikan di sungai itu"). Gunung "Kano yama" (かの山?) yang dimaksudnya adalah Gunung Ōmochi di kampung halamannya di distrik Distrik Shimominochi (sekarang Kota Nakano, Prefektur Nagano), dan "kano kawa" (かの山?) adalah Sungai Han di Prefektur Nagano.[1]

Monumen lagu "Furusato" didirikan di kota kelahiran Takano Tatsuyuki di Nakano), Prefektur Nagano, dan di kota kelahiran Teiichi Okano di Tottori, Prefektur Tottori.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "高野辰之". Tatsuyuki Takano Memorial Hall. Diakses 2013-01-14.