Fursuit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Fursuit adalah kostum hewan Antropomorfisme dan biasanya digunakan oleh Furry fandom. Fursuit bisa dari kepala dan tangan sampai yang memiliki kipas pendingin. Fursuit bisa digunakan untuk kesenangan diri, kerja dan amal.

Fursuiter berfoto bersama pada Eurofurence 18(2012)

kata "fursuit" dipercaya muncul pada tahun 1993 oleh Robert King. Fursuit juga telah dipertunjukkan sebagai latar belakang atau pusat tema, pengguna fursuit biasanya dipanggil dengan "Fursuiter". Fursuit sangat berhubungan dengan Furry fandom, sebuah fandom yang dikhususkan untuk karakter Antropomorfisme, fursuit membuat pemakainya menggunakan kepribadian karakternya atau kepribadian ia sendiri, fursuit biasanya dijual di Konvensi, langsung atau online, penjualan bisa melalui pembelian langsung atau lelang, atau bisa dengan komisi lewat pembuat fursuit. Fursuit biasanya membutuhkan kecermatan pada perawatan, hal itu dikarenakan bulu yang menjadi material utama mudah rusak jika salah perawatan, fursuit juga diketahui susah pula, dalam hal pencucian atau pembersihan.

Kegunaan Fursuit[sunting | sunting sumber]

Fursuit biasanya digunakan untuk bermain peran atau kesenangan diri, pekerjaan, amal, latar belakang suatu film atau peran utama, fursuit untuk bermain peran, atau untuk kesenangan diri, bisa digunakan pada konvensi, dirumah dan lingkungan sekitarnya, sedangkan pada pekerjaan atau amal, hal itu berupa Maskot dan jika untuk pengumpulan amal, hal itu bisa dilakukan dengan langsung turun ke publik dan melakukan sesuatu yang berikutnya, si pengguna akan meminta publik sekitar untuk memberikan dana seikhlasnya dan kemudian diberikan untuk rumah sakit lokal atau panti asuhan.

salah satu contoh fursuit

Jenis Fursuit[sunting | sunting sumber]

Fursuit standar terdiri dari kepala, badan yang terhubung pada ekor, sepasang kaki dan tangan, ekor bisa dihubungkan menggunakan kawat, sabuk atau lainnya. Fursuit juga terbagi menurut bentuk dan jumlah bagian, dengan menurut bentuknya, fursuit terbagi menjadi dua, yaitu Ditigrade dan Plantigrade, perbedaan itu terletak pada bagian kaki, pada Ditigrade, kaki menjadi seperti kaki menekuk dan akan menyerupai kaki hewan, sedangkan pada Plantigrade, kaki lurus dan biasa saja, seperti kaki manusia. sedangkan menurut jumlah bagian, fursuit terbagi menjadi dua juga, yaitu Full Suit atau sepenuhnya, yang lengkap dan Half-Suit atau sebagian, yaitu ketika fursuit tak dilengkapi oleh badan atau tubuh, terdapat juga 3/4 Suit, adalah Full Suit tanpa Body part.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Who is the Cutest?.jpg

Tidak semua Furries tertarik untuk memiliki fursuit, atau memilikinya, ini bisa dikarenakan harganya yang relatif mahal dan pembuatan yang rumit, pada suatu survey online, hanya 18% koresponden yang memiliki fursuit.

Motivasi dan alasan[sunting | sunting sumber]

Furries yang mempunyai fursuit, biasanya menggunakannya untuk parade, konvensi, dan pertemuan tak formal. seringkali fursuit digunakan untuk bermain peran, atau mengekspresikan "jati diri sebenarnya". beberapa fursuiter memilih untuk tak bicara untuk menjaga "keajaiban", jika tidak, biasanya si pemakai menggunakan movable jaws atau mulut yang bisa dibuka tutup.

Beberapa furries dan pemain peran mengkolaborasi kostum yang rumit, termasuk fursuits , untuk karakter mereka sendiri. Mereka biasanya memakai fursuit sebagian atau lengkap, tergantung pada kebutuhan karakter. Senjata dan perisai dapat dipakai dan digunakan oleh pemain, meskipun masing-masing konvensi atau rapat memiliki aturan sendiri mengenai membawa senjata . Hal ini mirip dengan cosplay , kecuali bahwa tidak ada daya tarik dari media besar, dengan mengacu pada budaya Jepang seperti permainan manga, anime atau video.

Lucky Coyote, pemilik dari "DHC studios" salah satu pembuat fursuit

Beberapa furries juga menggunakannya untuk bekerja atau menggalang dana, hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan maskot, sedangkan untuk amal, mereka biasanya turun kejalan, dan melakukan suatu kegiatan atau hiburan dan sasarannya adalah pejalan kaki fakta yang cukup mengejutkan adalah, beberapa penggemar furry atau furries, mengunakan fursuit untuk melakukan Hubungan seksual, fursuit ini biasanya disebut sebagai Mursuit, Hanya 2-6% yang mempunyai hal ini.

Material, bagian dan pembuatan[sunting | sunting sumber]

Fursuit dibuat dengan berbagai material, tetapi bahan utamanya adalah kulit dan bulu hewan palsu, plastik, dan busa. dalam "dunia furry", dikenal banyak sekali pembuat fursuit, beberapa diantaranya adalah Phoenixwolf, Made fur you, OneFurrAll, Mischiefmaker, dan masih banyak yang lainnya. dan berikut ini adalah beberapa material yang dibutuhkan untuk membuat sebuah fursuit.

  • Fabric
  • Bulu hewan imitasi
  • Busa karet
  • kain khusus
  • Kawat
  • Fiber Glass
  • Latex
  • Sepatu (Untuk Paw)
  • Plastik dan lainnya
Kepala Fursuit dalam pengerjaan

Kepala[sunting | sunting sumber]

Kepala Fursuit, sekitar 400USD

Kepala adalah bagian paling rinci dari fursuit, dan seringkali yang paling rumit, karena dengan mudah harus menunjukkan jenis hewan atau makhluk, juga harus mencerminkan ekspresi karakter: Puas, senang, marah, sedih, atau sebagainya. Kepala dapat bervariasi dari yang sangat sederhana (satu warna dengan mulut dijahit) untuk menguraikan (dengan rahang bergerak, mata yang tampaknya bergerak, rambut, tanda-tanda wajah, dll). Beberapa memiliki mulut mereka ditutup dan yang lainnya terbuka, atau bahkan bisa buka tutup. Ekspresi wajah karakter dapat pergi dari kartun untuk realistis, menakutkan, hingga, friendly. Beberapa fursuiters memilika dua atau lebih kepala untuk menunjukkan ekspresi yang berbeda, tergantung pada lokasi dan keadaan. Banyak kepala memiliki bukaan pada mulut atau hidung untuk aliran udara. Beberapa kostum mengandung kipas bertenaga baterai di dalam kepala, untuk meningkatkan aliran udara dingin atau udara keluar.

Tubuh[sunting | sunting sumber]

Tubuh adalah fursuit penuh, termasuk lengan, leher kaki, dan ekor . Hal ini dapat berkisar dari overall, dengan komplek sesuai. ukuran dari tubuh mungkin langsung pada si pemakai, dan kemudian dimodifikasi seperlunya, tergantung pada ukuran dan bentuk. Tubuh dapat memiliki banyak detail. Kebanyakan hanya memiliki zona putih di tengah batang tubuh (perut) . Beberapa memiliki kostum rinci,seperti Stripes, Mark atau pencampuran warna yang rumit (seperti garis-garis dari harimau).

Fursuit Fullsuit atau Lengkap, mempunyai semua unsur(Kepala, Tangan, Ekor Kaki dan Tangan)

Ekor, kaki, dan tangan[sunting | sunting sumber]

Ekor bisa dihubungkan dengan kawat, tali, atau sabuk, ekor juga terdiri dari berbagai jenis, tergantung pada spesies yang ditampilkan oleh fursuit tersebut, sedangkan kaki dan tangan, biasanya tak terlalu rumit, untuk membuat cakar, bisa menggunakan clay atau fiber glass, dan untuk kaki, yang biasanya lebih mudah kotor, digunakan bulu imitasi berkualitas bagus.

Referensi[sunting | sunting sumber]

[1] [2] [3] [4] [5] [6] [7] [8] [9]

[10]

  1. ^ Wikifur : Fursuit
  2. ^ Fursuit.co.uk
  3. ^ Antrhoasia Forum
  4. ^ Fursuit.org
  5. ^ Matrices: Fursuiting
  6. ^ Fursuit Database
  7. ^ Tips and FAQ, Tanidareal
  8. ^ Tanidareal: Material of Fursuit
  9. ^ Fursuit Timduru
  10. ^ Furtopia Forum