Furry fandom

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Furry fandom adalah fandom untuk karakter Antropomorfisme atau lebih singkatnya antrho, dengan karakter dan sifat manusia, seperti kepintaran manusia, kemampuan berbicara, berjalan dua kaki, dan memakai aksesoris seperti baju, terkadang digunakan untuk bermain peran dengan ditambahkan kemampuan khusus yang dikehendaki pembuat, dan merupakan hak cipta setiap pemakai/pemilik karakter dan Furry fandom digunakan untuk menyebut komunitas yang menyukai Antropomorfisme, tetapi lebih disebut dengan Furries

Contoh tipikal Furry

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Furry fandom diketahui telah berkembang sejak tahun 1980, sedangkan nama Furry fandom baru dikenal pada tahun 1983, dan sampai saat ini, Furry fandom telah berkembang pesat, dan terpusat di Amerika serikat, tetapi telah cepat menyebar ke bagian dunia lain seperti Eropa dan Asia

Aktivitas dan Kegiatan[sunting | sunting sumber]

Penggemar Furry bersemangat untuk material lebih dari yang tersedia dari penerbit mainstream, dan permintaan ini dipenuhi oleh fans lain yang menghasilkan berbagai meterial baik amatir dan profesional. Furries paling percaya bahwa seni visual, konvensi, sastra, dan komunitas online maupun nyata adalah sangat penting untuk fandom ini.

Seni dan literatur[sunting | sunting sumber]

Seniman Furry, penulis, dan penerbit telah memproduksi ribuan gambar, lukisan, cerita, buku komic, boneka, and dan buku jurnal, seperti ukiran, seni tekstil, fiksi, musik, dan fotografi. ketika seni yang kebanyakan dibuat oleh fandom itu sendiri telah distribusikan lewat media seperti internet, buku, dan beberapa di publikasikan di

Amateur press association

kesenian furry

Komik web[sunting | sunting sumber]

Beberapa Furries, membuat komik yang dipublikasikan di internet, komik pertama dipublikasikan pada 1986 dengan nama "T.H.E Fox" dan "Kevin And Kell", sampai sekarang, sudah banyak yang diterbitkan seperti "Two kind", "Slighty Damned", "Work Suck", dan masih banyak yang lain.

Kerajinan[sunting | sunting sumber]

Penggemar atau Furries yang memiliki kemampuan dalam kerajinan biasanya membuat mainan plush mereka sendiri, lukisan, dan Kostum mereka sendiri, yang disebut Fursuit, yang dikenal sebagai sesuatu yang elite, mahal. Fursuit berharga sekitar mulai dari $500 yang berfitur sederhana sampai $10,000 yang dilengkapi kipas didalam, ekor bergerak, dan fitur canggih lainnya, Fursuit terdiri dari tubuh, kepala, tangan, kaki dan ekor. orang yang memakai fursuit biasanya disebut sebagai fursuiter Survey yang beberapa kali dilakukan, hanya 20% furries yang memiliki fursuit dikarenakan harga yang mahal, kadang mereka mengatasinya, dengan membuat fursuit sendiri

Musik dan film[sunting | sunting sumber]

Tidak terlalunya banyak, tetapi cukup memuaskan, salah satu nya seperti Fox Amoree, dan tempat yang sering dituju oleh seniman musik adalah Furaffinity dan So Furry. sedangkan film berupa dokumenter amatir dan profesional, yang berasal dari furry fandom itu sendiri atau media lain seperti National Geographic,juga berupa Animasi sederhana maupun yang komplek, tetapi telah ada film furry seperti Bitter lake movie dan dikabarkan akan lebih banyak film yang muncul

Contoh Umum Fursuit

Bermain Peran[sunting | sunting sumber]

Furries dikenal dengan dengan keahlian pada bermain peran dengan karakter Antrhopomorphisme, yang dikenal sebagai Fursona dan tempat bermain peran bisa pada dunia maya atau tempat-tempat seperti hotel, bowling dan konvensi atau Gath.

Konvensi[sunting | sunting sumber]

Furry fandom dikenal telah membuat puluhan konvensi yang tersebar di seluruh dunia. Konvensi terbesar di dunia adalah Antrhocon yang terletak di Pittsburgh, yang dinilai oleh ahli ekonomi, mendatangkan $3 juta untuk ekonomi Pittsburgh. Konvensi lainnya seperti Mephit Furmeet, Califur, What The Fur, dan konvensi pertama adalah Confurence, yang tak lagi berjalan, sedangkan di Eropa, dikenal dengan Eurofurence dan merupakan Konvensi terbesar diluar amerika serikat, selain itu ada Confuzzled, Russfurence dan berlincon, dan di Asia terdapat Kemocon dan Fur-st, yang bertempat di Jepang, sedangkan pada Oceania ada Midfur, FurcoNZ, Perthfur gathering, dan masih ada yang lainnya, dan pada Afrika terdapat South Afrifur Meet.

Fursuiter sedang berkumpul pada Antrhocon 2005
Para Fursuiter berkumpul untuk penutupan FCN 2011


website dan komunitas online[sunting | sunting sumber]

Internet mengandung banyak sekali website furry, sepertiIRC Facebook Twitter dan Wikifur, mereka disana berkumpul untuk chat, berbagi cerita, bersenang-senang dan bermain peran.

Furry di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Indonesia juga telah diketahui adalah tempat tinggal bagi beberapa Furries, s, Furry fandom masuk Indonesia pada tahun 2000an dan telah berjumlah lebih dari 100, dan masih sangat berkembang, tempat berkumpul mereka bisa pada Facebook, dengan nama grup Indonesia Furs dan Devianart, sedangkan blog furry indonesia cukup banyak seperti Grenard The Wolf, Wolvindra-bandicoot dan Antrho Asia, beberapa Furries indonesia, diketahui tersebar juga di puluhan Game online

Gaya Hidup[sunting | sunting sumber]

Kata "gaya hidup furry" muncul pada sekitar tahun 1996 di grup berita alt.fan.furry dalam perselisihan di furry fandom, apakah itu termasuk atau tidak dalam Fandom, seperti harus punya fursona atau mempunyai hubungan dengan karakternya, atau, simbol-simbol tertentu, dan sampai saat ini kadang masih menjadi perdebatan. Dalam survey pada tahun 2007, 38% furry menyatakan bahwa mereka mengolongkan diri pada "lebih dari manusia", " tak manusia" dan bahkan "hewan yang terperangkap pada tubuh manusia", dan mereka ingin menjadi karakter yang mereka punya, atau menjadi spesies furry yang mereka inginkan.

Paham tentang Furry fandom di publik[sunting | sunting sumber]

Paham yang beredar[sunting | sunting sumber]

Furry fandom kadang di salah artikan dan disamakan dengan Bestialitas dan Zoophilia, yang sebenarnya sangat berbeda, beberapa website yang menyebarkan paham yang salah adalah DetikCom, yang menyebutkan Furry fandom itu sama dengan Bestialitas, dan diikuti dengan beberapa blog, pertempuran dunia maya atau saling spam kadang terjadi di amerika serikat atau eropa, yang dipicu oleh Furry hater, yang mengirimkan spam pada grup atau forum Furry Fandom. beberapa media juga membeberkan aspek seksual dari fandom ini, seperti aspek seksual dari seks dalam fursuit, ataupun sisi homoseksual yang cukup dirasa tinggi, walaupun, beberapa membantah hal ini, seksualitas tetap ada pada fandom ini, yang tersebar dalam segala aspek, furry fandom juga dikenal dengan rasa toleransi yang cukup tinggi, dan rasa kepedulian yang tinggi pula, walaupun nama baik mereka telah tercemar oleh sisi seksual dan penyimpangan sosial, yang memang ada.

Furs For Life[sunting | sunting sumber]

Furs For life atau F4L, adalah LSM Furry, yang berlogo palang merah dengan cakar ditengah, mereka berjalan pada pengumpulan dana dan mengirimkannya pada rumah sakit atau badan amal setempat, terakhir kali, F4L meyumbangkan sebesar $10,000 pada UKM lokal yang hampir gulung tikar, dan masih banyak LSM furry yang berjalan di bidang yang sama.

Insiden-Insiden[sunting | sunting sumber]

Beberapa Furries, sebutan untuk orang yang tergabung dalam furry, pernah terlibat dengan aparat, atau yang lain, seperti kasus ditangkapnya seorang Furs, karena melakukan Bestialitas pada peliharaanya, yang lain, karena terlibat Hubungan dengan bawah umur, Insiden terbaru adalah, beberapa, melakukan Hubungan intim dengan Fursuit, di publik ketika Gathering.


Referensi[sunting | sunting sumber]

[1] [2] [3] [4] [5]

[6]

  1. ^ Wikifur
  2. ^ Wikipedia English: Furry fandom
  3. ^ Grenard's Blog
  4. ^ Antrhocon
  5. ^ Dmuth
  6. ^ Furaffinity