Frederick dari Arborea

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Frederick (1377–1387) merupakan seorang Giudice Arborea dari tahun 1383 sampai kematiannya. Nama keluarganya adalah Doria Cappai de Baux, bagina terakhir yang korupsi dari Bas-Serra. Keponakan dan pewaris Hugh III, ia masih terlalu kecil ketika mewarisi tahta dan di bawah perwalian ibunya Eleanor.

Ia dilahirkan di Castel Genovese (modern Castelsardo) pada tahun 1377 dari Eleanor dengan Brancaleone Doria, seorang nobel Genoa. Pada tahun 1382, Eleanor bertempat tinggal di Genoa, domana ia membuat suatu perjanjian dengan Doge Nicolò Guarco yang meminjamkannya 4,000 florin dan menjanjikan Frederick menikah dengan putri Doge, Bianchina. Jika gadis itu meninggal sebelum pernikahan dilangsungkan, perjanjian tersebut dibatalkan. Frederick tidak pernah puber dan persetujuan itu tidak pernah dilaksanakan.

Atas kematian Hugh di dalam pemberontakan Republik, para baron dikerajaan berkumpul di dalam parlemen dan memilih Frederick. Eleanor segera bekerja mengalahkan para pemberontak dan mengamankan kerajaan putranya. Tak lama setelah hal itu tercapai, ayah Frederick muda ditahan oleh Peter yang Beretiket — yang menuntut gelar Raja Sardinia — dan dipenjarakan di Cagliari, pertama-tama di menara San Pancrazio dan kemudian di Elefante.

Frederick wafat pada tahun 1387, pada tahun yang sama dengan Peter. Ia digantikan oleh adiknya Marianus V, yang juga dibawah perwalian Eleanor.

Didahului oleh:
Hugh III
Giudice Arborea
1383–1387
Diteruskan oleh:
Marianus V