Fransiskus Xaverius Sukendar Wignyosumarta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pastor Fransiskus Xaverius Sukendar Wignyosumarta, Pr
Penugasan
Penahbisan 12 Agustus 1992
(22 tahun, 34 hari)
Data diri
Lahir 8 Agustus 1964 (umur 50)
Sengkan, Condongcatur, Depok, Sleman
Kewarganegaraan  Indonesia
Denominasi Katolik Roma
Kediaman Keuskupan Agung Semarang
Sainthood
Kanonisasi oleh  

Pastor Fransiskus Xaverius Sukendar Wignyosumarta, Pr (dikenal dengan panggilan Romo Kendar; lahir di Sengkan, Condongcatur, Depok, Sleman, 8 Agustus 1964; umur 50 tahun) adalah Vikaris jenderal Gereja Katolik Roma untuk Keuskupan Agung Semarang (KAS). Sebelum menduduki jabatan tersebut, Romo Kendar adalah Vikaris episkopalis Semarang dan seorang Pastor pada Katedral Semarang.

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Sukendar Wignyosumarta dilahirkan di Sleman, Yogyakarta pada tanggal 8 Agustus 1964. Ia dibaptis dengan nama Fransiskus Xaverius pada bulan September 1964 di Gereja Banteng, Yogyakarta. Ibunya meninggal pada tahun 1981 sedangkan ayahnya berpulang pada tahun 1999.

Romo Kendar menerima pentahbisan sebagai imam diosesan KAS pada 12 Agustus 1992 oleh Mgr. Julius Darmaatmadja, Uskup Agung Semarang saat itu. Beberapa tugas yang pernah diembannya antara lain: pastor (kurator) Paroki Santa Maria Assumpta, Klaten, Jawa Tengah (1992-1995), pamong dan dosen di Seminari Menengah St Petrus Canisius Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah (1995-2003), Pastor Kepala Paroki Santa Perawan Maria di Fatima, Sragen, Jawa Tengah (2003-2008).[1].

Keuskupan Agung Semarang[sunting | sunting sumber]

Romo Kendar dilantik menjadi Vikaris episkopalis ("Vikep") Semarang dan sekaligus sebagai Pastor Kepala Paroki Katedral Santa Perawan Maria Ratu Rosario Suci Randusari ("Katedral Semarang"), Semarang, Jawa Tengah, pada tanggal 15 Agustus 2008, menggantikan Pastor Julius Sukardi. Katedral Semarang terletak di dekat Monumen Tugu Muda, di kota Semarang. Ia juga termasuk anggota Kuria KAS, dan diangkat oleh Mgr. Johannes Pujasumarta, Uskup Agung Semarang yang berikutnya, menjadi Delegatus Administrator Kevikepan Semarang.[2] Masa kepemimpinannya di Katedral Semarang berakhir pada tanggal pada tanggal 26 Agustus 2012.

Pada tanggal 6 Agustus 2012, Romo Kendar ditunjuk melalui voting menjadi Vikaris jenderal ("Vikjen") Keuskupan Agung Semarang menggantikan Pastor Pius Riana Prapdi yang dipilih Paus Benediktus XVI sebagai Uskup Ketapang. Ia memulai berkarya dalam jabatan tersebut pada tanggal 26 Agustus 2012, sekaligus menandai berakhirnya masa jabatannya sebagai Vikaris episkopalis Semarang.[3]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]