Frankenstein (novel)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Frankenstein)
Lompat ke: navigasi, cari
cover buku tentang Frankenstein

Frankenstein; atau, The Modern Prometheus secara umum dikenal sebagai Frankenstein adalah sebuah novel gothik karya penulis Mary Shelley yang berkebangsaan Inggris. Mary mulai menulis kisah Frankenstein ketika ia berumur 18 tahun, dan berakhir pada usianya menginjak 19 tahun. Edisi pertama dipublikasikan dengan tanpa nama pengarangnya di London tahun 1818. Nama Mary baru muncul pada edisi kedua yang terbit pada tahun 1831.

Frankenstein berkisah tentang Victor, seorang ilmuwan Swiss, yang lahir di Jenewa dan dibesarkan orang tuanya untuk memahami dunia lewat ilmu pengetahuan. Ketika kanak-kanak, ia melihat petir menyambar pohon, lalu bertanya-tanya itukah sumber kehidupan? Apakah manusia dapat menciptakan manusia lain?

Si tokoh Victor yang gila pun mulai bekerja untuk meniru ciptaan terbesar Tuhan. Ia membuat monster dari serpihan dan potongan orang mati. Serpihan dan potongan tubuh itu disatukan dengan cara dijahit bersama, dan dihidupkan lagi menggunakan listrik dari petir. Tak perlu dikatakan, terlepas dari semua yang telah dilakukannya, eksperimen itu jadi lepas kendali.

Buku itu telah menginspirasi para penulis, sutradara teater, sutradara film, orang-orang yang menghadiri Halloween dan pesta topeng. Seorang kritikus mendeskripsikan karya tersebut sebagai "karya romantisme paling kreatif dan kemungkinan selama dua ratus tahun terakhir."

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Monster Frankenstein