Francis Wyatt

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Sir Francis Wyatt (15881644) adalah gubernur kolonial pertama Inggris di Virginia. Ia dilantik pada tahun 1621, segera setelah kedatangannya pada bulan Oktober, dan dibebankan kepadanya konstitusi tertulis pertama untuk sebuah koloni Inggris. Pada tahun 1622, ia mempertahankan Jamestown dari serangan suku Indian, di mana 400 pemukim hilang.

Virginia menjadi koloni kerajaan pada tahun 1624, namun Sir Wyatt, atas permintaan Raja James I dari Inggris, tetap menjadi gubernur hingga tahun 1626, ketika Sir George Yeardley, yang dia gantikan, menggantikannya. Ia kembali diangkat sebagai gubernur dari tahun 1639 hingga tahun 1642, dan kemudian digantikan oleh Sir William Berkeley.

Sir Francis Wyatt mengorganisasi Majelis Umum Virginia yang telah didirikan pada tahun 1619. Inilah badan legislatif pertama di Amerika. Sir Wyatt membuat hak-haknya diwujudkan dalam konstitusi tertulis, yang pertama dari jenisnya di Dunia Baru.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Kakek Francis Wyatt adalah Thomas Wyatt Muda yang memimpin pemberontakan untuk menggantikan Ratu Mary I dengan Elizabeth. Thomas Wyatt Muda adalah putera dari Thomas Wyatt Tua yang pernah ditawan di Menara London atas dugaan hubungan dengan Anne Boleyn.

Sir Wyatt menikah dengan Margaret; keponakan George Sandys, bendaharawan Jamestown. Meskipun tak meninggalkan keturunan, saudaranya Reverend Haute Wyatt, yang tiba di Virginia bersamanya, dianggap sebagai leluhur bagi mereka yang mengklaim hubungan kekerabatan kepada keluarga Wyatt sebelum abad ke-16 di Amerika.

Didahului oleh:
George Yeardley
Gubernur Kolonial Virginia
1621-1626
Diteruskan oleh:
George Yeardley
Didahului oleh:
John Harvey
Gubernur Kolonial Virginia
1639-1642
Diteruskan oleh:
William Berkeley