Fotografer.Net

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Fotografer.Net
Logo-baru.jpg
FN-screenshot.jpg
Screenshot Fotografer.Net
URL http://www.fotografer.net/
Komersial? Ya
Jenis situs Komunitas seniman
Dibuat oleh Valens Riyadi dan Kristupa Saragih
Diluncurkan 30 Desember 2002
Status saat ini Aktif

Fotografer.Net, atau biasa disingkat FN, adalah situs fotografi di Indonesia. Situs ini pertama kali diluncurkan pada tanggal 30 Desember 2002 oleh Valens Riyadi dan Kristupa Saragih.

Situs ini menyediakan galeri secara gratis untuk para fotografer memasang foto-foto karyanya. Di situs ini juga terdapat banyak tutorial tentang fotografi, ruang berdiskusi tentang fotografi dan ruang chat untuk komunikasi bagi sesama fotografer. Tujuan utama situs Fotografer.net adalah memberi kesempatan kepada fotografer untuk memajang hasil karyanya, untuk dievaluasi dan dikomentari oleh fotografer lain. Pada akhirnya evaluasi dan komentar tersebut diharapkan bisa membantu para fotografer untuk mengasah kemampuan memotret melalui kritik-kritik membangun.

Sampai bulan April 2005, hits FN mencapai 765.828 hit per hari dengan jumlah anggota terdaftar 42.500 orang, 161.008 foto, dan 2,3 juta kritik foto. Setiap harinya, FN dikunjungi hingga 4.700 unique visitor. [1]

Asal mula[sunting | sunting sumber]

Situs ini pertama kali diluncurkan pada tanggal 30 Desember 2002, dengan 2 hari beta testing dan persiapan pembuatan selama 1 minggu. Pada desain awal, pengerjaan teknis sepenuhnya dilakukan oleh Valens Riyadi, yang meliputi pengerjaan desain basis data, scripting, dan desain grafis. Beberapa script juga dikerjakan oleh Ronal Rivandi. Ide dan fungsi-fungsi yang tersedia didesain oleh Kristupa W. Saragih dibantu oleh Valens Riyadi. Pada tampilan pertamanya, fungsi yang tersedia hanya galeri foto, dengan berbagai keterbatasan fungsi. Namun seiring dengan perkembangan, beberapa fitur terus dibuat dan semakin melengkapi FN, antara lain Forum, Artikel, dan banyak detail fungsi lain yang turut menyemarakkan FN.

Terminologi[sunting | sunting sumber]

Berikut istilah-istilah yang digunakan dalam situs ini:

  • FN — kependekan Fotografer.Net.
  • FPE — Foto Pilihan Editor, adalah sekumpulan foto-foto terbaik yang dipilih langsung oleh editor. FPE dipilih secara rutin setiap hari.
  • FGPE — Fotografer Pilihan Editor, adalah penghargaan untuk fotografer yang dianggap memiliki talenta dan mampu menghasilkan karya-karya yang luar biasa.
  • FTP — Foto Tema Pilihan, adalah foto-foto terbaik menurut editor yang diseleksi setiap bulan, sesuai dengan tema yang telah diberikan.
  • Tema Foto - adalah sebuah wahana yang diwujudkan untuk menambah wawasan fotografi melalui foto-foto yang dibuat secara tematik dan terarah. Fungsinya hampir sama dengan galeri; hanya saja dalam galeri, foto yang sudah ada disediakan untuk wahana pamer foto secara umum, Sedangkan di Tema Foto, kreativitas dirangsang untuk membuat foto dalam satu tema yang seragam dengan penampilan yang beragam. Pada akhir batas waktu pembuatan foto untuk suatu tema akan dipilih beberapa Foto Tema Pilihan (FTP), untuk memberi penghargaan kepada anggota yang sudah menunjukkan usaha menampilkan foto terbaik. Foto Tema Pilihan diseleksi oleh sejumlah anggota atas penunjukan dan dipimpin oleh admin FN, dan pemilihan para penyeleksi FTP adalah hak penuh admin. Jumlah FTP tidak ditentukan secara baku, tergantung kepada berapa banyak foto yang dipilih oleh admin.
  • TU/TD — kependekan dari Thumbs Up dan Thumbs Down, yang merupakan bagian dari sistem penilaian foto di FN
  • KT — kependekan dari Kategori Terbatas, yang merupakan kategori jenis foto di FN yang merupakan bagian dari Galeri Fotografer.net, yang berisi foto-foto, yang hanya layak dibuat, dikirim dan dilihat oleh orang yang secara hukum telah dinyatakan dewasa.

Fitur[sunting | sunting sumber]

FN menyediakan beberapa fitur, di antaranya:

  • Galeri, ruang dimana fotografer dapat memajang hasil karyanya, mengirim komentar, atau menerima komentar dari fotografer lain.
  • Forum sebagai tempat untuk mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan fotografi atau tentang FN itu sendiri.
  • Bursa sebagai tempat untuk melakukan jual beli peralatan fotografi.
  • Kumpulan artikel yang ditulis oleh anggota FN, termasuk di dalamnya tutorial, jurnal, profil fotografer, dan lain-lain.
  • Polling, aplikasi yang disediakan dengan tujuan untuk dapat menjaring pendapat dari seluruh anggota FN.
  • Pesan Pribadi, yang dapat digunakan seorang member untuk berbincang secara pribadi dengan member lainnya.
  • Sistem berbincang (chatting) real-time.
  • Galeri pribadi dan daftar foto dan fotografer favorit.

Perkembangan[sunting | sunting sumber]

Target FN pada tahun pertamanya adalah 500 anggota dengan 5.000 foto. Di luar dugaan, perkembangan jumlah anggota berlangsung cukup pesat; dalam waktu 6 bulan, FN telah memiliki lebih dari 16.000 foto dan 5.000 anggota terdaftar.

Mengingat besarnya komunitas dan potensi yang mungkin terbentuk di FN, maka pengelola FN mengambil keputusan untuk secepat mungkin mengadakan upgrade server dan penggantian sistem teknis, dan diharapkan mampu menangani pengunjung dalam jumlah yang lebih besar lagi. Pada bulan April 2003, sejumlah perencanaan disusun. Seorang programmer, Yose Adrian, pun direkruit masuk dalam tim pengembangan FN. Pertengahan bulan Mei 2003, pengerjaan FN baru mulai dilakukan. Hal ini menyangkut penggantian server yang lebih tangguh, pemilihan tempat co-location server yang lebih secure dan ber-bandwidth besar, pengubahan sistem scripting menjadi berbasis PHP, dan penggunaan sistem database mySQL yang diharapkan bisa lebih tangguh dari basis data yang terdahulu. Desain dan navigasi juga mendapat sentuhan baru oleh Donny P Verdian.

Pada tanggal 30 Juni 2003, tepat 6 bulan sejak FN pertama kali diluncurkan, FN hadir dengan wajah baru dan sistem baru. Berbagai fasilitas detail ditambahkan, untuk mempermudah navigasi dan penggunaan aplikasi.

Bulan-bulan berikutnya, FN mengadakan berbagai acara hunting bersama, baik di dalam maupun luar negeri, yang juga diikuti dengan acara pameran karya. Kerjasama dengan portal foto luar pun dijalin. Pada bulan Mei 2004 diadakanlah Central Java Photo Trip, yang diikuti juga peserta dari Singapura dan Filipina. Menutup tahun 2004, FN memperoleh penghargaan dari Komputeraktif sebagai "Situs Terbaik Kategori Hobi Tahun 2004."

Simbol-simbol[sunting | sunting sumber]

Simbol Arti
Medal-fotografer.gif
Medali FN yang diberikan oleh editor kepada FPE atau FGPE.
Thumbup.gif
Simbol thumbs up, disingkat TU, adalah simbol yang dapat diberikan anggota kepada anggota lain sebagai penghargaan atas karyanya. TU menambah nilai rating anggota yang menerima dan memberikannya.
Thumbdown.gif
Simbol thumbs down, disingkat TD, adalah simbol yang dapat diberikan anggota kepada anggota lain yang karyanya dianggap memiliki beberapa kekurangan. TD mengurangi nilai rating anggota yang menerima, tetapi tetap menambah nilai rating anggota yang memberikannya.
Mail.gif
Simbol untuk mengirim pesan lewat surat elektronik.

Rating dan penilaian[sunting | sunting sumber]

Sistem rating anggota[sunting | sunting sumber]

Dalam FN, terdapat sebuah sistem yang memungkinkan setiap anggota mendapat rating dari karya-karya atau komentar yang diberikannya. Setiap kali mengirimkan karya, seorang anggota akan mendapatkan 5 rating dan nilai tambahan dari komentar fotografer lain terhadap karya tersebut. Sementara ketika mengirim komentar, seorang anggota akan mendapatkan 1 rating tambahan. Anggota juga dapat terkena penalti hingga -10 rating jika melakukan pelanggaran terhadap peraturan FN.

Sistem penilaian foto[sunting | sunting sumber]

Setiap anggota FN dapat memberikan kritik kepada foto karya anggota lainnya. Rating ditampilkan dalam skala acungan jempol. Skala rating diatur mulai dari foto yang sangat baik dan sangat bagus mendapat rating positif 3 acungan jempol ke atas, sementara rating negatif 3 jempol ke bawah biasanya diberikan kepada foto-foto tertentu yang tidak layak ditampilkan di FN, misalnya foto yang mengandung pelecehan, foto curian, provokatif, dan lain-lain.

Setiap kritik dan acungan jempol yang diperoleh menambah angka rating anggota. Demikian juga apabila kritik yang ditulis oleh seorang anggota kepada sebuah foto. Sedangkan jika sebuah foto memperoleh jempol ke bawah dan kritiknya dianggap tidak berguna oleh anggota lain maka rating anggota tersebut menjadi berkurang.

Donasi[sunting | sunting sumber]

FN menyediakan sistem donasi yang memungkinkan anggotanya menyumbangkan sejumlah uang untuk keperluan FN. Seorang anggota yang telah memberikan donasi diberi beberapa fitur khusus sesuai dengan jumlah donasinya, di antaranya e-mail, website, dan tambahan jatah pemuatan foto.

Keanggotaan[sunting | sunting sumber]

Keanggotaan Fotografer.Net bersifat terbuka, siapa saja diperkenankan bergabung selama memenuhi persyaratan. Diantaranya :

  • Telah membaca & menyetujui aturan Fotografer.Net
  • Menggunakan nama asli sesuai yang tercantum pada identitas diri yang sah

Kepengurusan[sunting | sunting sumber]

Dalam kegiatannya sehari-hari, Fotografer.net diawaki oleh :

Selain itu terdapat juga awak yang mengurus administrasi Fotografer.Net di kantor pusatnya di Yogyakarta

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]