Foster and Partners

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
30 St Mary Axe, salah satu gedung baru London yang paling populer, menara di atas tetangganya.

Foster and Partners adalah firma arsitek terdepan di Britania Raya. Pekerjaannya berasosiasi kuat dengan pendirinya, Lord Norman Foster, dan telah membangung banyak gedung gelas dan baja, high-tech berkelas tinggi di seluruh dunia. Khususnya mereka dikenal untuk rancangan bangunan bandar udara.

Didirikan oleh Norman Foster sebagai Foster Associates pada 1967 tidak lama setelah ia meninggalkan Team 4, perusahaan ini kemudian dinamakan 'Foster and Partners' pada 1990-an untuk lebih merefleksikan secara akurat pengaruh dari arsitek utama lainnya.

Proyek utama[sunting | sunting sumber]

City Hall London di malam hari
Millau Viaduct, diselesaikan pada 2004, adalah jembatan jalanan tertinggi di dunia.
MoorHouse, 117 London Wall, London

Beberapa proyek utama, berdasarkan tahun penyelesaian adalah:

Rekan senior[sunting | sunting sumber]

Firma ini merupakan payung bagi seratus arsitek dan spesialis proyek. Kantor utamanya terletak di ruang terbuka gaya egalitarian dengan seluruh arsitek bekerja di meja serupa tidak memandang senioritas. Namun pada 2004 rekan utama adalah:

Satu lagi rekan berpengaruh tinggi dalam sejarah usaha adalah Ken Shuttleworth yang merupakan inspirasi di berbagai rancangan paling terkenal, termasuk 30 St Mary Axe, Greater London Authority Building, Bandar Udara Internasional Hong Kong dan Menara Commerzbank di Frankfurt.

Shuttleworth seorang yang pemalu and tidak menonjol, dia cukup bahagia untuk menghindari publisitas dan membiarkan firma mengambil kredit penuh untuk rancangannya - dan nyatanya gedung-gedung teknik tinggi ini memang membutuhkan masukan dari tim besar dan tidak ada seorang pun yang dapat mengambil seluruh kredit. Namun pada akhir 2003, setelah hampir bekerja 30 tahun, Shuttleworth meninggalkan Foster and Partners untuk mendirikan firma sendiri, MAKE.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]