Food court

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Food court adalah sebuah tempat makan yang terdiri dari counter-counter makanan yang menawarkan aneka menu yang variatif. Food court merupakan area makan yang terbuka dan bersifat informal. Area ini biasanya berada di mal-mal atau pusat perbelanjaan,perkantoran modern dan universitas-universitas serta sekolah-sekolah yang modern.

Pemilik gedung biasanya mempekerjakan beberapa orang untuk mengelola dan menjalankan food court di gedung miliknya.Dalam pengelolaan ini pemilik gedung dapat juga memberikan penawaran kepada sebuah perusahaan pengelolaan property atau event organizer yang berpengalaman dalam mengelola Food Court.

Ada beberapa konsep dalam mengelola food court yaitu konsep makanan cepat saji dan konsep table mener.

Konsep makanan cepat saji adalah sebuah konsep dimana pengunjung diarahkan untuk langsung memesan makanan atau minuman di counter-counter yang siap melayani mereka.Produk-produk yang ditawarkan adalah produk-produk yang siap saji (max 10 - 15 Mnt production and serving time). Biasanya lebih banyak di mal-mal yang sibuk dan di area perkantoran yang para pengunjungnya mempunyai waktu terbatas.

Sedangkan Table mener adalah suatu konsep dimana pengelola memanjakan pengunjung dengan melayaninya tanpa harus beranjak dari kursi. Waiter-waiter yang disediakan siap melayani pesanan anda dengan cepat dan penuh keramahan.Produk-produk yang disajikan juga adalah produk-produk yang terkadang membutuhkan waktu yang panjang dalam proses produksi sampai kepada penyajiannya. Biasanya food court dengan konsep ini berada di mal-mal yang dinamis.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]