Folke Bernadotte

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Folke Bernadotte

Pangeran Folke Bernadotte af Wisborg (lahir 2 Januari 1895 – meninggal 17 September 1948 pada umur 53 tahun) ialah mediator pertengahan konflik di Timur Tengah yang bersama dengan Kolonel Andre P. Serot dari AU Perancis dibunuh oleh anggota kelompok militan Yahudi Lehi di Yerusalem.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Folke Bernadotte dilahirkan di Stockholm, Swedia. Merupakan keturunan marsekal masa Napoleon Jean Bernadotte, yang pada tahun 1810 diangkat sebagai putra mahkota Swedia, dan pada tahun 1818 naik ke singasana sebagai Karl XIV Johan, Pangeran Bernadotte juga cucu Raja Oscar II dari Swedia dan keponakan Raja Gustav V. Setelah lulus dari sekolah militer Karlberg, ia belajar menunggang kuda di sekolah balap militer Stromsholm dan menjadi pejabat kavaleri di Royal Horse Guards. Pada tanggal 1 Desember 1928, ia menikahi Estelle Romaine Manville, dari New York. Ia mewakili Swedia pada tahun 1933 pada Chicago Century of Progress Exposition, dan antara tahun 1939-1940 merupakan komisaris umum Swedia di Pekan Raya Dunia New York.

Diplomasi PD II[sunting | sunting sumber]

Di awal PD II sebagai ketua Sveriges Scoutforbund Pramuka Swedia), ia menggabungkan organisasi itu pada sistem pertahanan Swedia melatih para pandu dalam bidang pertahanan udara dan sebagai pembantu medis. Karya perang terpentingnya, bagaimanapun, merupakan wakil ketua Palang Merah Swedia, mengawasi pertukaran tahanan perang Inggris dan Jerman yang cacat. Kerja ini mengharuskan perjalanan berkala ke London dan Berlin menyangkut konferensi dengan pejabat tinggi kedua negara.

Di musim semi 1945, saat bekerja di markas temporer kedutaan Swedia di Friedrichsruh, Jerman, ia diapnggil Heinrich Himmler, ketua Gestapo dan Panglima Tertinggi barisan belakang Jerman. Mereka bertemu di Lübeck, Jerman, pada tanggal 24 April. Menuntut bahwa Hitler dan bahwa ia sedang dalam kedudukan yang berkuasa, Himmler menawari penyerahan penuh Jerman kepada Britania Raya dan Amerika Serikat, asal Jerman diizinkan untuk melanjutkan perlawanan terhadap Uni Soviet. Kementerian Luar Negeri Swedia membawa penawaran Himmler kepada PM Churchill dan Presiden Truman. Mereka memberitahukan PM Stalin, menasihatinya di saat yang sama pada keputusan Amerika-Inggris untuk hanya menerima penyerahan tak bersyarat kepada ketiga pemerintah Sekutu. Terjemahan buku tentang perundingannya diterbitkan di Amerika Serikat dengan judul The Curtain Falls (1945).

Mediator PBB[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 20 Mei 1948, kelima negara anggota DK PBB menyetujui pilihan Count Bernadotte sebagai penengah dalam mengusahakan perdamaian konflik Arab-Israel di Palestina. 10 hari kemudian ia memprakarsai konferensi para pemimpin Arab dan Yahudi di Palestina dan pemimpin Arab di Kairo, Mesir, dan Amman, Yordania. Ia berhasil memperoleh persetujuan gencatan senjata 4 minggu yang bermula 11 Juni. Pada tanggal 28 Juni mengajukan kepada Liga Arab dan pemerintahan ‘Israel’ rencana perdmaian yang ditolak sebagian oleh kedua belah pihak. Pada 12 Juli ia membuat laporan kepada DK PBB, dalam sidang di New York, dan segera setelah itu kembali ke Palestina.

Pembunuhan di Yerusalem oleh Lehi[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 17 September Pangeran Bernadotte dan Kolonel Andre P. Serot dari AU Perancis dibunuh di Jerusalem oleh angota Lehi, organisasi Zionis ekstremis yang telah melakukan sejumlah kekejaman selama 1 periode tahun terhadap orang Inggris dan Arab. 3 hari setelah kematiannya, laporan terakhir Count Bernadotte pada usaha perdamaiannya diterbitkan di Paris. Memberikan MU PBB masa-masa yang diusulkannya untuk untuk perdamaiannya yang untuk ditentukan PBB, dan memenangkan dukungan Inggris dan AS dengan segera.

Ralph J. Bunche, seorang Amerika yang menjabat sebagai ketua pembantu PBB untuk Bernadotte dan sebagai perwakilan pribadi di Yerusalem dari Sekretaris Jenderal PBB Trygve Lie, diangkat sebagai pengganti sementara Bernadotte.

Buku Bernadotte Instead of Arms diterbitkan di Swedia dan AS segera setelah kematiannya.

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • The Encyclopedia Americana, 1988
  • Hewins, Ralph, Count Folke Bernadotte: His Life and Work, 1950

Pranala luar[sunting | sunting sumber]