Fiksi singkat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Flash fiction)

Fiksi singkat atau cerkan singkat (Inggris: flash fiction) adalah sebuah karya fiksi yang sangat singkat, bahkan lebih ringkas daripada cerita pendek. Walaupun tidak ada ukuran jelas tentang berapa ukuran maksimal sebuah fiksi singkat, umumnya karya tersebut lebih pendek dari 1000 atau 2000 kata. Rata-rata fiksi singkat memiliki antara 250 dan 1000 kata. (Sebagai perbandingan, ukuran cerita pendek berkisar antara 2.000 dan 20.000 kata. Rata-rata panjangnya antara 3.000 dan 10.000 kata.)

Beberapa karya di Indonesia sudah menyebut fiksi singkat dengan beberapa nama.[1] Graffiti Imaji terbitan Yayasan Multimedia Sastra, sebagai contoh, adalah antologi "cerpen pendek". Flash! Flash! Flash! terbitan Gradien menyebut dirinya sebagai kumpulan "cerita sekilas". Sejumlah sastrawan juga menyebutnya sebagai "cerita mini", disingkat "cermin". Semua ini mengacu pada rupa fiksi singkat yang sepertinya dirancang untuk dibaca sekaligus.

Keterbatasan jumlah kata fiksi singkat sendiri sering kali memaksa beberapa elemen kisah (protagonis, konflik, tantangan, dan resolusi) untuk muncul tanpa tersurat; cukup hanya disiratkan dalam cerita. Secara ekstrem, prinsip ini dicontohkan oleh Ernest Hemingway dalam cerita enam katanya, "Dijual: sepatu bayi, belum pernah dipakai."[2]

Satu jenis fiksi singkat menggunakan jumlah kata yang spesifik. Contohnya cerita lima puluh lima kata atau cerita seratus kata.

Fiksi mini adalah jenis cerita yang sangat pendek.[3] Fiksi mini memberikan kebebasan kepada pembaca untuk mengembangkan sendiri tema, alur cerita, akhir cerita, dan kesimpulan cerita sesuai dengan imajinasi pembaca.[3] Sebutan lain fiksi mini adalah cerita kartu pos, nouvelles (Prancis), cerita setelapak tangan (Jepang), fiksi kilat, fiksi dadakan, dan mikrofiksi (Amerika).[3]

Fiksi mini berukuran 140 karakter yang memuat judul dan uraian 4 —10 kata.[3]

Fiksi mini biasanya bercerita tentang isu sosial, kritik, pengalaman, dan kisah tokoh yang dihiasi ide-ide lucu, nakal, sedih, dan heroik.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Pengertian dan contoh Flash Fiction". 2 September 2020. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-09-16. Diakses tanggal 2020-09-01. 
  2. ^ Very Short Stories Diarsipkan 2014-03-19 di Wayback Machine., Wired Magazine, November 2006
  3. ^ a b c d e "Fiksi Mini | Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa". badanbahasa.kemdikbud.go.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-01-27. Diakses tanggal 2019-03-05.