Festival Santap Buku

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Festival Santap Buku Internasional (bahasa Inggris: The International Edible Book Festival) atau Hari Santap Buku (bahasa Inggris: Edible Book Day) adalah acara tahunan setiap 1 April.[1] Acara ini bersifat internasional dan telah dirayakan sejak tahun 2000 di berbagai tempat di dunia. Acaranya berupa pameran hidangan dan kue berbentuk buku atau bertemakan buku. Sebelum dimakan, hasil karya tersebut dipotret dan dikirimkan ke situs web www.books2eat.com.[1][2] Kontributor tetapnya berasal dari Australia, Brasil, India, Italia, Jepang, Luksemburg, Meksiko, Maroko, Belanda, Rusia, dan Hong Kong. Acara ini dirintis oleh Judith A. Hoffberg dan Béatrice Coron pada tahun 2000.[1]

Halaman judul "Physiologie du Goût" ("Fisiologi Rasa") karya ahli gastronomi Perancis Jean Anthelme Brillat-Savarin (1755-1826) berikut potret pengarang. Edisi tahun 1848.

Menurut situs resmi www.books2eat.com, Festival Buku Dapat Disantap Internasional diadakan untuk memperingati "hari kelahiran ahli gastronomi Perancis Jean-Anthelme Brillat-Savarin (1755-1826) yang terkenal dengan bukunya yang berjudul Physiologie du goût, sebuah meditasi jenaka mengenai makanan," meskipun Hari April Mop juga berkaitan dengan "hari sempurna untuk memakan kata-kata Anda sendiri dan bermain dengan kata karena buku dimakan pada acara ini"[3] (dalam buku The Phantom Tollbooth, disebut-sebut tentang memakan kata-kata sendiri).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "WRITE BITE". The Week (Malayala Manorama Publications Kochi, Kerala.). March 21, 2010. Diakses 18 March 2010. 
  2. ^ "Book2eat gallery". Colophon Page. Diakses 18 March 2010. 
  3. ^ "International Edible Book Festival". Diffusion Adage. Diakses 18 March 2010. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]