Festival Film Interasional Anak-anak dan Remaja Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
KidFFest Indonesia
KidsFFest.jpg
Logo Kids Festival Film Indonesia
Diberikan untuk Prestasi dalam dunia perfilman anak
Diberikan oleh Kalyana Shira Foundation dan Paddle Pop
Negara Indonesia
Pertama diberikan 17 Juli 2009
http://www.kidsffest.org

Festival Film Interasional Anak-anak dan Remaja Indonesia ( Dalam bahasa inggris : Kids Film Festival atau Disingkat KidsFFest ) adalah festifal film internasional yang di tujukan kepada anak-anak dan remaja indonesia.[1] Kegiatan festival ini adalah menayangkan film pilihan di Blitzmegaplex Pacific Place, Kompetisi Film Pendek, Workshop Subtitel, Pembuatan Film Pendek dan Dubbing (penyuaraan). Juga ada penayangan film di tempat terbuka (Layar Tancep) yang disponsori oleh Paddle Pop. Layar Tancep ini berlokasi di Lobi Selatan Pacific Place Mall. Beberapa film yang ditayangkan akan dikompetisikan dan dinilai oleh lima anak pilihan dari beberapa sekolah di Jakarta yang tergabung dalam Dewan Juri Belia.

Misi KidsFFest: 1. Memberikan akses untuk anak-anak menonton film berkualitas dari berbagai penjuru dunia, yang diharapkan akan menginspirasi mereka untuk berdiskusi mengenai keberagaman budaya; 2. Memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk berpartisipasi dalam festival melalui workshop dan Dewan Juri Belia; 3. Menggunakan media film untuk meningkatkan pendidikan anak-anak.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kids Film Festival Pertama[sunting | sunting sumber]

Konferensi KidsFFest 2009

Berawal dari rasa keprihatinan akan sedikitnya film yang beredar di bioskop untuk anak-anak, maka festival film ini diadakan. Festival Film Anak Internasional KidsFfestival Indonesia yang mengusung tema-tema seperti persahabatan, kekeluargaan, impian bersekolah akan berlangsung 17 hingga 26 Juli 2009 di bioskop Blitz Grand Indonesia dan Pondok Indah 21 (PIM 1) Jakarta. Penyelenggaraan festival ini sekaligus sebagai bagian dari perayaan Hari Anak Nasional.

Tak hanya film Indonesia seperti 'Laskar Pelangi', aneka film berkualitas dari Iran, Italia, Jerman, Jepang, Amerika, Thailand dan Meksiko dapat menjadi suguhan bagi anak Indonesia dan juga orangtuanya.

'The Three Robbers', film animasi dari Jerman yang mendapat penghargaan Chicago International Children's Film Festifal akan membuka rangkaian festival ini. Untuk penutupan akan diputar film animasi 3-D Indonesia, 'Meraih Mimpi'.[2]

Kids Film Festival 2010[sunting | sunting sumber]

Tahun 2010 atau penyelenggaraan kedua KidsFFEst di laksanakan di Blitz Megaplex Pacific Place pada tgl 16, 17,18 dan 23, 24, 25 April 2010, ada 15 film dari mancanegara, termasuk Indonesia yang dapat dinikmati. Tiket dapat diperoleh di Blitz Megaplex Pacific Place mulai tgl 9 April 2010. Diawali film The Crocodiles dari Jermanakan menandai pembukaan KidsFFest 2010.

elain memutar film anak-anak, festival ini ini juga akan mengadakan workshop terkait dengan film seperti subtitling, movie maker, dan acting. Workshop tersebut hanya akan diikuti oleh anak-anak. Subtitling workshop sendiri sudah berjalan 3 bulan sebelum Kidsfest ini.Hasil dari workshop subtitling ini adalah terjemahan film yang akan diputar. Sebagian besar akan dilakukan oleh anak-anak. Mereka juga diajarkan untuk tidak membeli bajakan.

Festival yang digelar Kalyana Shira Foundation ini akan memutarkan sekitar 20 film dari 10 negara yaitu dari Denmark, Jepang, Brasil, Norwegia, Swiss, Austria, Lativia, Jerman, dan Belanda, dan Indonesia. Festival ini menggandeng UNICEF sebagai official partner dan Walls Paddle pop juga Video Ezy.Kidsfest memutarkan lima film pendek buatan anak-anak. Saat pemutaran film, penonton anak-anak akan diminta untuk memilih film favorit mereka untuk menjadi Kidsfest Audience Award.[3]

Juri festival yang terdiri dari anak-anak dari sekolah partner seperti High/Scope, Sekolah Cikal, SD PSKS Al-Ikhlas, SMP Islam Al-Iklas, SD Kupu-Kupu akan menilai film The Azemichi Road (Jepang), The Crocodiles (Jerman), Frogs Toads (Belanda), Little Robbers (Austria/Latvia), dan SOS Summer of Suspence (Norwegia).lily Djuhari, perwakilan dari UNICEF, mengatakan festival ini perlu diadakan secara rutin karena tayangan khusus untuk anak-anak sangat jarang di Indonesia. "Film memiliki potensi dalam edukasi. Film adalah salah satu jendela untuk melihat dunia," ujarnya belum lama ini.

Sutradara Nia Dinata mengatakan tayangan televisi kurang mendidik dan tidak memberikan referensi artistik yang cukup, sehingga membatasi kreativitas anak-anak."Aku udah berbusa-busa kalau ngomongin tayangan televisi di Indonesia," ungkap Nia Dinata dalam konferensi pers Kidsfest 2010 baru-baru ini.Kisdfest diadakan atas kerja sama dengan perusahaan yang ingin melaksanakan tanggung jawab sosial mereka. Perusahaan membawa anak-anak untuk diajak menonton bersama di Layar Tancep yang akan diadakan setiap pemutaran film, yaitu 16-18 April dan 23-25 April.Pemutaran khusus Layar Tancep juga akan diadakan pada 2 Mei di Pulogadung, khusus untuk anak-anak kurang mampu[4]

Kids Film Festival 2011[sunting | sunting sumber]

Poster KidsFFest 2011

Yayasan Kalyana Shira kembali menyelenggarakan festival film anak internasional untuk ketiga kalinya di Indonesia. Ditujukan untuk anak dan remaja dari usia 6 – 15 tahun, festival ini akan digelar pada 22, 23, 24, 29, 30 April dan 1 Mei 2011 dengan Paddle Pop sebagai sponsor utama. Pemutaran film KidsFfest akan berlangsung in-door di bioskop Blitzmegaplex dan out-door dalam format Layar Tancep di Lobi Selatan, Lantai Dasar, yang seluruhnya berlangsung di Pacific Place Mall. Mayoritas film diperoleh dari kerjasama dengan berbagai institusi perwakilan negara asing di Jakarta, dari Belanda, Jerman, Norwegia, Denmark, Polandia, dan Swedia. Dan beberapa film dari India, Jepang, dan tentunya dari Indonesia sendiri.

Wawancara KidsFFest 2011

Tim KidsFfest 2011Festival akan dibuka dengan film Kung Fu Kid arahan sutradara Issei Oda dari Jepang yang diproduksi pada tahun 2008. Keadaan Jepang yang sedang tidak stabil pasca tsunami rupanya tidak menyurutkan apresiasi mereka terhadap perfilman anak internasional. Sedangkan The Magic Tree karya Adnrzej Malezka dari Polandia akan menutup festival ini pada tanggal 1 Mei 2011.

Daftar Film yang di putar di KidsFFest 2011

Judul Film Asal Negara Kategori Ref
Kung Fu Kid Jepang Film Pembuka, Kompetisi Film Kung Fu Kids
The Magic Tree Polandia Film Penutup The Magic Tree
Here Comes Lola Jerman Kompetisi Film Here Comes Lola
Magic Feather India Kompetisi Film Magic Feather
Karla and Katerine Denmark Kompetisi Film Karla and Katerine
Tanah Air Beta Indonesia Kompetisi Film Tanah Air Beta
The Crocodiles Strice Back Jerman Program Film The Crocodiles Strice Back
Melodi Indonesia Program Film Melodi
In Orange Belanda Program Film In Orange
The Ten Lives OF TITANIC The Cat Norwegia Program Film The Ten Lives OF TITANIC The Cat
Leaps and Bound Swedia Program Film Leaps and Bound
Short Film Competition Indonesia Program Film Short Film
Pyrata, Kombatei, Elemagica - Film di dukung olehWall's -

KidsFfest melaksanakan Short Film Competition yang mengundang sineas muda usia 12-15 tahun untuk mengirimkan karyanya. Kamu bisa nonton hasil karya terbaik dari Kompetisi Film Pendek ini dan bertemu para sineas muda!

Film-film ini akan diseleksi oleh Tim KidsFfest dan pemenangnya akan ditentukan oleh Dewan Juri Belia KidsFfest.

Pengumuman Pemenang dilaksanakan pada Acara Penutupan KidsFfest tanggal Minggu 1 Mei, jam 17.00 WIB Blitzmegaplex Pacific Place.[5]

Situs Resmi[sunting | sunting sumber]

KidsFFest Official Website

Referensi[sunting | sunting sumber]