Fernand Khnopff

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Fernand Khnopff
LahirFernand Edmond Jean Marie Khnopff
12 September 1858 (1858-09-12)
Grembergen, East Flanders, Belgia
Meninggal12 November 1921(1921-11-12) (umur 63)
Brussels, Brabant, Belgia
KebangsaanBelgia
PendidikanXavier Mellery
Académie Royal des Beaux-Arts, Brussels
Académie Julian, Paris
Dikenal atasPelukis, pematung, desainer
Karya terkenalDes Caresses
Gerakan politikSymbolism
PenghargaanLégion d'Honneur

Fernand Edmond Jean Marie Khnopff (12 September 1858 – 12 November 1921) adalah seorang pelukis beraliran simbolis berkebangsaan Belgia.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

"Potret dari Marguerite Khnopff" (1887), by Fernand Khnopff

Fernand Khnopff lahir dari keluarga kaya yang merupakan bagian dari borjuasi tinggi selama beberapa generasi. Nenek moyang Khnopff telah tinggal di daerah Vossenhoek di Grembergen Flanders sejak awal abad ke-17 tetapi merupakan keturunan Austria dan Portugis. Sebagian besar anggota laki-laki dari keluarganya pernah menjadi pengacara atau hakim, dan Fernand muda ditakdirkan untuk karir yuridis. Di masa kecilnya (1859–1864), ia tinggal di Bruges di mana ayahnya ditunjuk sebagai Pengganti Du Procureur Du Roi. Kenangan masa kecilnya tentang kota abad pertengahan Bruges akan memainkan peran penting dalam karyanya nanti. Pada tahun 1864, keluarga itu pindah ke Brussel. Di masa kecilnya Khnopff menghabiskan sebagian liburan musim panasnya di dusun Tillet[1] tidak begitu jauh dari Bastogne di Provinsi Luksemburg di mana kakek nenek dari pihak ibu memiliki sebuah perkebunan. Dia melukis beberapa pemandangan desa ini.[2]

Untuk menyenangkan orang tuanya, ia pergi ke sekolah hukum di Free University of Brussels (sekarang dibagi menjadi Université Libre de Bruxelles dan Vrije Universiteit Brussel) ketika dia berusia 18 tahun. Selama periode ini, ia mengembangkan hasrat untuk sastra, menemukan karya-karya Baudelaire, Flaubert, Leconte de Lisle dan sebagian besar penulis Prancis lainnya. Dengan adiknya Georges Khnopff – juga seorang amatir musik kontemporer dan puisi – ia mulai sering mengunjungi Jeune Belgique ("Young Belgium"), sekelompok penulis muda termasuk Max Waller, Georges Rodenbach, Iwan Gilkin, dan Emile Verhaeren.

Khnopff meninggalkan Universitas karena kurangnya minat dalam studi hukumnya dan mulai sering mengunjungi studio Xavier Mellery, yang membuatnya akrab dengan seni lukis. Pada tanggal 25 Oktober 1876, ia mendaftar ke Cours De Dessin Après Nature ("kursus menggambar setelah alam") di Académie Royale des Beaux-Arts. Di Académie, rekan mahasiswanya yang paling terkenal adalah James Ensor, yang sejak awal tidak disukainya. Antara tahun 1877 dan 1880, Khnopff melakukan beberapa perjalanan ke Paris di mana ia menemukan karya Delacroix, Ingres, Moreau dan Stevens. Di Paris Pameran Dunia tahun 1878 ia berkenalan dengan karya Millais dan Burne-Jones. Selama tahun terakhirnya di Académie pada tahun 1878–1879 ia mengabaikan kelasnya di Brussel dan tinggal sebentar di Passy, di mana ia mengunjungi Cours Libres Jules Joseph Lefebvre di Académie Julian.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Since 1977 is Tillet part of the Sainte-Ode commune.
  2. ^ Emile Pirard. Fernand Khnopff (1858–1921) à Fosset, Ménil, Sprimont, Hérompont. Tapuscrit, 105pp A4. Tillet 2012.