Fenomena terkait serangan 11 September

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Fenomena terkait serangan 11 September 2001 adalah pembicaraan yang mulai beredar setelah serangan terjadi. Peristiwa dramatis ini dibicarakan banyak orang dengan rasa ketidakpastian, dan apa yang sebelumnya tampak tak terbayangkan bagi banyak orang telah menjadi kenyataan. Dalam lingkup ini, banyak desas-desus liar mulai menyebar. Selain itu, banyak orang mencari makna dalam serangan kekerasan yang tampaknya tidak berarti.

Asap setan[sunting | sunting sumber]

Beberapa foto yang beredar di seluruh Internet dalam beberapa hari setelah tragedi ditampilkan bahwa asap mengepul dari Menara Kembar yang menyerupai wajah setan. Ini telah dikonfirmasi oleh AP bahwa setidaknya salah satu dari foto-foto ini adalah otentik.[1][2]

Gambar-gambar tentu tampaknya asli, tetapi kebanyakan orang melihat ini sebagai contoh pareidolia.

Makhluk terbang misterius[sunting | sunting sumber]

Pada saat runtuhnya menara kembar tersebut, satu makhluk misterius tertangkap kamera sedang terbang di sekitar gedung tersebut.[3] Steve Moran, seorang penduduk New York berkata:

Aku tinggal di New York dan ketika aku mendengar menara kembar diserang, aku segera bergegas ke lokasi untuk mengambil foto. Pertama-tama, aku mengambil gambar para pekerja medis yang sedang memberikan pertolongan. Lalu aku mengambil foto di sekitar lokasi kearah selatan di jalan Greenwich. Ketika aku pulang, aku menyadari ada suatu objek yang tertangkap kameraku.

Sepertinya seorang malaikat sedang melayang di atas puing-puing pecahan gedung WTC. Tidak mungkin itu seekor merpati atau bangau karena ukurannya yang besar. Lagipula, kami tidak memiliki burung pelikan atau burung bangkai di New York.

Steve juga memperlihatkan foto lainnya yang mengambil gambar di lokasi yang sama, namun tidak terlihat adanya objek tersebut. Hal ini mengindikasikan bahwa makhluk tersebut adalah objek yang bergerak. Steve menggunakan Kamera digital Kodak DC 4800, dan ia percaya makhluk itu adalah malaikat penolong ataupun malaikat maut.

Para peneliti yang mulanya meragukan foto tersebut kemudian melakukan penelitian terhadap foto atau rekaman peristiwa WTC, dan yang mengejutkan mereka menemukan objek bergerak serupa dari rekaman video CNN. Dengan menggunakan rasio 8:1 dan membandingkannya dengan lebar menara WTC (250 kaki), maka objek bergerak itu seukuran seekor Pterodactyl. Sebagian mengatakan bahwa makhluk itu lebih menyerupai Mothman dibanding Pterodactyl. Namun Mothman belum pernah terlihat di New York sebelumnya. Dibanding dengan dugaan Steve bahwa objek itu adalah malaikat, para peneliti lebih mempercayai teori bahwa objek itu adalah seekor Pterodactyl.

Origami uang kertas Dollar[sunting | sunting sumber]

Setelah peristiwa 11 September terjadi, di internet beredar sebuah cerita menarik tentang uang kertas Dollar Amerika yang dipercayai telah meramalkan peristiwa tersebut. Para pemercaya teori konspirasi beralasan bahwa uang kertas Dolar Amerika didesain oleh para anggota Freemansory dan iluminati yang merupakan sebuah perkumpulan rahasia yang dianggap paling bertanggung jawab dalam banyak peristiwa di dunia ini. Organisasi ini bertujuan menciptakan sebuah tatanan dunia baru.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]