Dapra

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Fender (perkapalan))
Dapra
Dapra

Dalam perkapalan, dapra[1] adalah peredam yang digunakan untuk meredam benturan yang terjadi pada saat kapal akan merapat ke dermaga atau pada saat kapal yang sedang ditambatkan tergoyang oleh gelombang atau arus yang terjadi di pelabuhan. Untuk mampu melakukan peredaman, dapra biasanya memiliki daya serap energi yang tinggi dan gaya reaksi yang rendah.[2] Dapra umumnya terbuat dari karet, busa elastomer, atau plastik. Jenis dapra yang digunakan tergantung pada banyak variabel, antara lain ukuran dan berat kapal, stand-off maksimum yang diizinkan, struktur kapal, variasi pasang-surut, dan kondisi tempat tertentu lainnya. Ukuran dapra berdasarkan pada energi kapal saat berlabuh yang berhubungan dengan ketepatan kecepatan berlabuh.

Yacht dan kapal pendukung biasanya memiliki fender yang dapat dipindahkan yang ditempatkan di antara kapal dan dermaga saat kapal merapat. Dermaga dan bangunan di atas air lainnya, seperti pintu masuk kanal dan dasar jembatan, memiliki fender permanen yang ditempatkan untuk mencegah kerusakan akibat benturan kapal. Ban-ban bekas sering digunakan sebagai fender di beberapa tempat.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Stevens, Alan M.; Tellings, A. Ed Schmidgall (2004). A Comprehensive Indonesian-English Dictionary (dalam bahasa Inggris). Ohio University Press. ISBN 978-0-8214-1584-9. 
  2. ^ "Rubber Fenders: Types & Things to Note". Max Group. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-05-20. Diakses tanggal 2014-06-13. The fenders’ quality in terms of high energy absorption and low reaction force, as well as a reasonable structure that provides a long life span 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]