Felix Wankel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Felix Wankel
Lahir 13 Agustus 1902
Lahr, Jerman
Meninggal 9 Oktober 1988 (umur 86)
Heidelberg, Jerman
Kewarganegaraan German
Pendidikan German
Pasangan Emma "Mi" Kirn
Anak -
Orang tua Gerty Wankel dan Rudolf Wankel

Felix Heinrich Wankel (13 Agustus 1902- 9 Oktober 1988) adalah seorang insinyur teknik mesin dari Jerman sekaligus penemu dari Mesin wankel. Ia merupakan satu-satunya insinyur pembuat msin pembakaran dalam pada abad ke 20 yang hasil temuannya bisa diproduksi secara massal.

Awal kehidupan[sunting | sunting sumber]

Wankel lahir di Lahr, Jerman. Ia adalah anak tunggal dari Gerty Wankel dan Rudolf Wankel. Ayahnya meninggal di Perang Dunia I. Kemudian, seluruh keluarganya pindah ke Heidelberg. Ia sekolah SMA di Donaueschingen, Heidelberg, dan Weinheim, tapi keluar tahun 1921. Lalu ia bekerja sebagai di Carl Winter Press di Heidelberg. Resesi ekonomi menyebabkan ia kehilangan pekerjaannya tahun 1926.

Sejak kecil, ia telah diberi anugerah kecerdasan spasial, dan akhirnya tertarik dalam dunia mesin, khususnya mesin pembakaran dalam. Setelah ibunya menjanda, Wankel tidak dapat melanjutkan ke universitas, meskipun begitu ia belajar otodidak mengenai keteknikan. Wankel akhirnya menciptakan mesin Wankel tahun 1924 dan membuka toko di Heidelberg untuk mengembangkannya. Patennya untuk mesin Wankel diperolehnya pada tahun 1929.