Felis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Felis

Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasMammalia
OrdoCarnivora
FamiliFelidae
GenusFelis
Linnaeus, 1758
Species
Distribusi

Felis range

Felis adalah genus kucing dalam famili Felidae, termasuk kucing domestik dan kucing liar.[1] Spesies liar tersebar secara luas di seluruh Eropa, Asia Selatan dan Tengah, juga Afrika; kucing domestik telah diperkenalkan di seluruh dunia.

Anggota genus Felis semuanya kucing kecil, dengan kemiripan yang banyak atau kurang dengan kucing domestik. Spesies terkecil adalah kucing pasir, yang panjangnya mungkin kurang dari 40 cm, sedangkan yang terbesar adalah kucing hutan, yang dapat mencapai 94 cm.Mereka mendiami berbagai habitat yang berbeda, dari rawa sampai gurun, dan umumnya memakan tikus kecil, mereka juga memakan burung dan dan hewan kecil lainnya, tergantung pada lingkungan lokal mereka.

Penelitian genetik menunjukkan bahwa genus Felis pertama kali berevolusi sekitar delapan sampai sepuluh juta tahun lalu, mungkin di wilayah Mediterania.[2]

Spesies[sunting | sunting sumber]

Genus Felis saat ini dianggap terdiri dari enam spesies hidup, meskipun kucing domestik dan kucing gunung Cina kadang-kadang dianggap subspesies F. silvestris.

Taksonomi[sunting | sunting sumber]

Felis pernah mengandung sebagian besar kucing kecil, dan pada suatu waktu berisi jumlah spesies yang sangat besar. Pada tahun 1951, ahli zoologi Reginald Innes Pocock mengidentifikasi empat takson sebelumnya digambarkan sebagai spesies terpisah dan benar-benar menjadi subspesies dari Felis silvestris, sehingga sangat mengurangi ukuran genus.[4] Sekarang beberapa subspesies ini diakui sebagai berbeda, sedangkan mayoritas spesies kucing kecil telah dipisahkan ke dalam genus mereka sendiri, seperti Leopardus dan Puma.

Kucing Pallas memiliki sejarah taksonomi sangat rumit. Genus yang lebih besar kemudian dibagi menjadi genera yang lebih kecil, sehingga Kucing Pallas sedang direklasifikasi sebagai satu-satunya anggota genus Otocolobus. Namun, selama akhir abad 20 adalah Kucing Pallas dianggap terkait erat dengan spesies yang tersisa dari genus Felis dan diklasifikasikan demikian. Akhirnya, penelitian terbaru telah menunjukkan Kucing Pallas untuk menjadi erat terkait dengan kedua Felis dan Prionailurus. Sebagai hasilnya, genus Otocolobus telah dibangkitkan dan Kucing Pallas telah direklasifikasi (lagi).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Parker, Sybil, P (1984). McGraw-Hill Dictionary of Biology. McGraw-Hill Company. 
  2. ^ Pecon-Slattery, J. and O'Brien, S.J. (1998). "Patterns of Y and X chromosome DNA sequence divergence during the Felidae radiation". Genetics 148 (3): 1245–1255. PMC 1460026. PMID 9539439.
  3. ^ ^ http://www.bucknell.edu/msw3/browse.asp?s=y&id=14000029 Diarsipkan 2012-08-10 di Wayback Machine.
  4. ^ Sunquist, Mel; Sunquist, Fiona (2002). Wild cats of the World. Chicago: University of Chicago Press. p. 84. ISBN 0-226-77999-8.