Feijoada

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Feijoada Brazil dan tambahan feijoada

Feijoada adalah sup kacang hitam dengan daging sapi atau babi, yang merupakan makanan yang terkenal di Portugis, dan juga Brazil, Angola dan semua koloni Portugis. Di Brazil, feijoada dianggap sebagai makanan nasional.

Asal muasal nama feijoada berasal dari kata feijão, Bahasa Portugis untuk "kacang", dengan diucapkan [feiʒuˈada] atau [feʒuˈada].

Feijoada Brazil[sunting | sunting sumber]

Resep[sunting | sunting sumber]

Bahan utama Feijoada Brazil adalah kacang hitam, dengan berbagai jenis daging babi atau sapi yang diasinkan dan berbagai bagian tubuh babi (telinga, ekor, kaki), rusuk babi yang diasapi, dan setidaknya dua jenis sosis asap dan empal sapi (iga dan lidah).

Sup ini lebih baik dimasak dengan api kecil dan dimasak di panci tanah liat yang tebal. Setelah matang kacang dan potongan daging tertutupi oleh kuah berwarna ungu-kecokelatan. Kuah ini berbau tajam, cukup asin namun tidak pedas, rasanya didominasi oleh kacang hitam dan daging yang direbus.

Lauk[sunting | sunting sumber]

Di Brazil, feijoada di makan bersama nasi, dan ditambahkan collard hijau (couve mineira), tepung singkong yang dibakar (farofa), dan jeruk yang dikupas dan dipotong. Lauk lainnya adalah singkong rebus atau goreng, pisang goreng, dan kulit babi (torresmo). Satu periuk saus cabai merah sebagai saus. Cachaça, caipirinha dan bir adalah minuman yang cocok.