Federasi Mahasiswa Kristen se-Dunia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Federasi Mahasiswa Kristen se-Dunia juga dikenal dalam bahasa Inggris sebagai World Student Christian Federation (WSCF). Organisasi ini adalah sebuah federasi yang terdiri dari Gerakan Mahasiswa Kristen nasional dari berbagai negara, yang merupakan badan pemuda dan mahasiswa dari gerakan ekumenis sedunia. Anggota Federasi ini terdiri dari mahasiswa dari berbagai denominasi: Protestan, Katolik dan Ortodoks.

Tujuan mula-mulanya adalah "penginjilan dunia dalam generasi ini" dan setelah beberapa lama tujuannya telah berkembang menjadi mempersiapkan pemimpin-pemimpin untuk gerakan ekumenis dan (setelah perpecahan dengan gerakan mahasiswa dari evangelikal, gerakan Kristen kiri serta gerakan-gerakan sosial lainnya.

WSCF dan gerakan mahasiswa Kristen (GMK) memberikan konteks bagi pemuda-pemudi Kristen dari berbagai gereja dan negara untuk bertemu. Semboyan WSCF adalah 'Ut Omnes Unum Sint - Agar mereka semua menjadi satu' (Yohanes 17:21).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

WSCF dibentuk pada suatu pertemuan mahasiswa dari 10 negara Amerika Utara dan Eropa pada 1895 di Vadstena Castle, Swedia. Para tokoh pendirinya termasuk John R. Mott (Amerika Serikat) dan Karl Fries (Swedia).

WSCF adalah organisasi mahasiswa internasional pertama. Bersama-sama dengan YMCA dan YWCA organisasi ini adalah gerakan pemuda tertua yang masih bertahan. WSCF resmi dikenal dalam bahasa Prancis sebagai FUACEFédération Universelle des Associations Chrétiennes d'Étudiants dan dalam bahasa Spanyol sebagai FUMECFederacion Universal de Movimientos Estudiantiles Cristianos.

WSCF mempunyai sejarah yang kompleks, dengan fluktuaasi keanggotaan, pengaruh dan aktivitasnya yang penting karena gerakan ini telah mengalami pasang naik dan turunnya gerakan ekumenis, gelombang gerakan mahasiswa pada 1960-an, pergeseran kekuatan pada pertengahan abad ke-20 dari liberal ke Kekristenan evangelikal, tekanan untuk mempertahankan kesatuan di seluruh spektrum Kekristenan dan ketegangan antara fokus studi teologi dan fokusnya pada aktivisme sosial.

Para pemimpin WSCF di masa lampau mencakup:

Jurnal teologi WSCF, Student World diterbitkan pada 1908. Pada 2004 jurnal ini dihidupkan kembali setelah selama beberapa tahun sempat macet dan kini diterbitkan pula secara online.

Struktur dan aktivitas[sunting | sunting sumber]

Pada tingkat global[sunting | sunting sumber]

Sidang Raya (SR) adalah badan pengambilan keputusan tertinggi Federasi ini. Sidang Raya diadakan sekitar empat tahun sekali. Persidangan yang paling mutakhir diadakan di: Chiang Mai, Thailand 2004, Beirut, Lebanon 1999 dan Yamosoukro, Pantai Gading 1995. SR dihadiri oleh utusan-utusan dari semua gerakan yang terafiliasi dan berkaitan. SR meninjau kegiatan selama empat tahun terakhir, menyusun rencana untuk empat tahun berikutnya dan memilih Komite Eksekutif, Ketua, para Wakil Ketua, Bendahara dan Sekretaris Jenderal. Sidang Raya yang akan datang direncanakan diadakan di Montreal, Kanada, 2008.

Komite Eksekutif dan stafnya (Sekretaris Jenderal dan para Sekretaris Regional) mengkoordinasi kegiatan-keigatan Federasi di antara Sidang-Sidang Raya. Sejak 2004, Komite Eksekutif telah bertemu di Chiang Mai, Thailand 2004 dan Porto Alegre, Brasil 2006. Para pejabat untuk masa kerja 2004-2008 adalah: Ketua: Dr. Kenneth Guest (Amerika Serikat), Wakil Ketua: Adèle Djomo Ngomedje (Kamerun), Udan Fernando (Sri Lanka), Dr. Eilidh Whiteford (Skotlandia), Bendahara: Youhanna Kamal Shawky (Mesir). Sekretaris Jenderal saat ini dijabat oleh Michael Wallace Aotearoa/Selandia Baru). Komite Eksekutif terdiri atas para pejabat dan dua perwakilan dari enam wilayah. Para wakil regional untuk 2004-2008 adalah: Afrika- Abraham Chikasa (Zambia), Hermione Kingbo (Senegal) Asia-Pasifik- Michael Perkins (Aotearoa/ Selandia Baru), Nina Nayoan (Indonesia), Eropa- Morten Srubbletrang (Denmark), Ingjerd Jossang (Norwegia), Amerika Latin dan Karibia- Yarkus Gandara (Chili), Gabriela Miranda (Meksiko), Timur Tengah- Carla Khijo (Lebanon), Dr. Faisal Fouad (Mesir), Amerika Utara- Joelle Morgan (Kanada), Brandon Johnson (Amerika Serikat).

Sekretariat Jenderal berada di Kantor Antar-Regional (KAR) di Jenewa, Swiss. KAR terletak di Pusat Ekumenis yang juga merupakan kantor Dewan Gereja-gereja se-Dunia, Aliansi Gereja-gereja Reformasi se-Dunia, Federasi Lutheran se-Dunia, Aliansi Advokasi Ekumenis, Konferensi Gereja-gereja Eropa, Ecumenical News International, Aksi Gereja-gereja Bersama Internstional, dan banyak organisasi lainnya.

KAR mengorganisir Sidang Raya dan Komite Eksekutif. Staf KAR adalah sekretariat untuk dana abadi Federasi, yaitu The Centennial Fund. KAR mengatur administrasi pendapatan gaji dan pencarian dana Federasi serta mengkoordinasikan program-program Federasi di tingkat global. KAR juga mengatur administrasi Program Bantuan Ekumenis, Hari Doa Mahasiswa Sedunia, menerbitkan Berita Federasi, memelihara hubungan dengan gerakan-gerakan nasional dan dengan sejumlah Sahabat Senior, serta mengorganisir perwakilan Federasi dalam rapat-rapat PBB, UNESCO, Dewan Gereja-gereja se-Dunia dan organisasi-organisasi lainnya. Federasi juga mempekerjakan seorang Koordinator untuk Urusan Perempuan Antar-Regional, yang saat ini dijabat oleh Sunita Suna (India). Ia berbasis di Nairobi.

Region WSCF[sunting | sunting sumber]

Sejak 1968 Federasi mengikutsertakan enam komite regional dalam strukturnya. Masing-masing wilayah mempunyai seorang sekretaris regional, pejabat dan sebuah komite yang terdiri dari para wakil dari gerakan nasional di wilayah tersebut. Masing-masing wilayah mempunyai program dan penerbitannya sendiri. Wilayah mencalonkan mahasiswa-mahasiswa untuk ikut serta dalam program-program Federasi di tingkat global dan kegiatan-kegiatan lainnya. Masing-masing wilayah mempunyai dua perwakilan dalam Komite Eksekutif FEderasi di tingkat global.

Keenam wilayah tersebut adalah Afrika, Asia-Pasifik, Eropa, Amerika Latin dan Karibia, Timur Tengah, an Amerika Utara. Kantor-kantor regional terletak di Nairobi, Hong Kong, Budapest, Buenos Aires, Beirut dan Toronto.

Lihat www.wscfglobal.org untuk informasi regional.

Gerakan Mahasiswa Kristen Nasional[sunting | sunting sumber]

Di setiap negara, Gerakan Mahasiswa Kristen (GMK) mewakili gerakan ekumenis yang bekerja di kalangan mahasiswa.

GMK memiliki ikatan yang erat dengan badan-badan ekumenis tempat mereka berada (seperti misalnya Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia dan Dewan Gereja-gereja Asia) hingga Dewan Gereja-gereja se-Dunia. Ada kalanya terjadi konflik dengan kelompok-kelompok Kristen evangelikal, seperti misalnya yang terkait dengan organisasi paragereja Persekutuan Mahasiswa Evangelikal Internasional.

Sementara GMK nasional dapat berbeda-beda sekali, pada umumnya mereka cenderung mengembangkan pandangan-pandangan sosial dan keagamaan yang liberal dan progresif. GMK biasanya dihubungkan dengan Kristen kiri dan isu-isu seperti:

Lihat di bawah untuk daftar sebagian negara-negara yang memiliki gerakan mahasiswa Kristen nasional.

Wilayah[sunting | sunting sumber]

Sejak 1968 sekitar 90 kelompok nasional dikelompokkan ke dalam enam struktur regional. Wilayah-wilayah ini memilih anggota-anggotanya ke Komisi Eksekutif (Executive Committee - ExCo) untuk mengurus WSCF dan aktivitas-aktivitasnya dikoordinasi oleh Kantor Inter-regional (IRO) yang berlokasi di Jenewa.

Keenam wilayah itu adalah :

Kelompok-kelompok nasional yang berafilias dengan WSCF[sunting | sunting sumber]

Organisasi-organisasi serupa dan terkait[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]