Fearless

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Fearless
Fearless film.jpg
plakat bioskop Fearless
Sutradara Ronny Yu
Produser William Kong
Penulis Ronny Yu
Pemeran Jet Li
Nakamura Shido
Collin Chou
Betty Sun
Distributor UIP (Eropa)
Rogue Pictures (AS)
Tanggal rilis Bendera Republik Rakyat Tiongkok Bendera Republik Tiongkok Bendera Hong Kong 26 Januari 2006
Bendera Jepang 18 Maret 2006
Bendera Korea Selatan 23 Maret 2006
Bendera Britania Raya 23 Juni 2006
Bendera Australia 24 Agustus 2006
Bendera Amerika Serikat 22 September 2006
Durasi 105 menit
140 menit (Potongan Sutradara)
Bahasa Mandarin
Bahasa Kanton
Bahasa Jepang
Bahasa Inggris
Bahasa Finlandia


Fearless, sebuah film yang dalam bahasa Tionghoa dikenal dengan judul Huo Yuanjia (Tionghoa: 霍元甲; pinyin: Huò Yuánjiǎ) dibuat pada tahun 2006 dan disutradarai oleh Ronny Yu dan dibintangi oleh Jet Li. Secara garis besar, film ini dibuat berdasaran riwayat hidup Huo Yuanjia, seorang pendekar bela-diri suku Tionghoa legendaris yang berani menantang petarung asing di tempat pertandingan umum di depan ratusan penonton. Sewaktu Imperialisme dan manipulasi Jepang sedang mengikis dan menghanyutkan negeri, ia berusaha keras mengembalikan rasa kebanggaan dan nasionalisme kepada bangsa Tionghoa. Saat diwawancarai, Jet Li menyatakan bahwa film ini adalah syair kepahlawanan seni bela-diri wushunya yang teranyar dan mungkin yang terakhir. Hal ini juga disoroti dalam promosi film Fearless yang ditayangkan di televisi serta dalam bentuk publisitas yang lain. Film Fearless ditayangkan di bioskop pada tanggal 23 Juni, 2006 di Inggris Raya, dan pada tanggal 22 September, 2006 di Amerika Serikat. Film Fearless juga diputar di bioskop di seluruh Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

  • Semboyan film: "Fate made him a warrior, courage made him a hero" (Bahasa Indonesia: "Takdir menjadikannya seorang pejuang, keberanian menjadikannya seorang pahlawan"

Tokoh-tokoh[sunting | sunting sumber]

Nota: Nama Tionghoa ditulis dengan urutan: i) marga (nama keluarga) terlebih dahulu ii) lalu diikuti dengan nama lainnya.

  • Huo Yuanjia (霍元甲; Hanyu Pinyin: Huò Yuánjiǎ) – Tokoh utama, seorang pejuang yang berbakat.
  • Nong Jinsun – Teman Huo dari kecil yang membiayai petualangan si Huo di dunia pertandingan.
  • Yueci ("Bulan" dalam versi film AS) – Seorang gadis petani yang merawat dan membantu si Huo hingga kembali sehat.
  • Hercules O'Brien - Juara Amerika berotot yang menantang si Huo.
  • Anno Tanaka (田中安野 Tanaka An'no?) – Penantang Jepang yang melawan Huo.

Para Pemain[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Versi Alternatif[sunting | sunting sumber]

Versi asli film Fearless memiliki durasi sepanjang kurang-lebih 140 menit, namun sesuai dengan kebutuhan pasar, film ini diredaksi dan dipotong sampai 105 menit. Adegan-adegan dengan Michelle Yeoh serta sebuah adegan pertandingan antara Jet Li dengan seorang petinju Thailand (dimainkan oleh Somluck Kamsing) juga dipotong. Edisi istimewa film ini yang dikeluarkan di Thailand pada bulan Maret, tahun 2006 menampilkan kembali adegan-adegan yang mengutamakan Somluck (tetapi bukan yang menampilkan Michelle Yeoh). Dengan itu, durasi baru edisi film itu diperpanjang hingga kurang-lebih 110 menit. Pada bulan Januari tahun 2007, Edisi "Potongan Sutradara" (Director's Cut) Ronny Yu yang aslinya berdurasi 140 menit dikeluarkan dalam bentuk DVD yang hanya dirilis di Hong Kong. Edisi inilah merupakan versi lengkap film Fearless, dan memasukkan semua adegan dengan Michelle Yeoh serta pertandingan antara Jet Li dan Somluck Kamsing.

Judul lain[sunting | sunting sumber]

  • Beberapa promosi, antara lain yang di televisi dan ditayangkan dalam Teater AMC mengiklankan film ini dengan judul Jet Li's Fearless (Keberanian Jet Li).
  • Di Jepang, film ini dikenal dengan judul Spirit (Semangat Berjuang).

Persengketaan[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Februari 2006, cicik laki-laki Huo Yuanjia menuntut para pembuat film Fearless untuk minta maaf karena ia merasa penampilan riwayat hidup Huo yuanjia dalam alur cerita Fearless kurang tepat. Di dalam film, Huo tidak mempunyai anak sendiri sebab anaknya yang semata-wayang telah dibunuh. Dalam hidup nyata, Huo sebetulnya mempunyai tujuh cucu laki-laki dan 11 cicit laki-laki. Permintaan maaf tidak ditawarkan, dan keluhan cicit Huo tersebut diabaikan saja karena kemungkinan kasus di pengadilan akan dimenangkannya sangat kecil. Hal ini disebabkan karena para produser tidak pernah menyatakan bahwa film itu akurat secara bersejarah. [1]

Musik Soundtrack[sunting | sunting sumber]

Bintang dunia musik pop Asia dan aktor terkemuka Jay Chou mengarang dan menyanyi lagu tema film ini yang diberi judul "Huo Yuanjia". Dalam lagu tersebut Jay Chou bernyanyi dengan suara sopran di beberapa bagian. Walaupun lagu "Huo yuanjia" telah mengetop pada Chinese download charts, namun lagu tersebut dikecam keras oleh para pengritik karena dianggap terlalu repetitif dan kadang-kadang kurang jelas pengucapan liriknya. Marga Tionghoa "Huo" diulangi sejumlah 128 kali dalam lagu ini.

Musik soundtrack Fearless dikarang oleh Shigeru Umebayashi.

Penjualan Tiket[sunting | sunting sumber]

Pertunjukan perdana Fearless diadakan di Hong Kong pada tanggal 26 Januari, 2006. Saat menjelang pemutaran yang terakhir di Hong Kong, Fearless mendapat keuntungan kotor yang luar biasa sebesar $30,201,600 HKD .[1]

Pada tanggal 22 September, 2006, Fearless ditayangkan di 1,806 bioskop di seluruh Amerika Utara dengan judul Jet Li's Fearless (Keberanian Jet Li). Pada akhir-pekan pembukaan, jumlah penjualan tiket Fearless hanya kalah dengan sekuel film Jackass, mendapatkan bruto sebesar $10,590,244 dolar Amerika ($5,863 pada setiap sesi penayangan). Fearless merupakan film Jet Li yang ketujuh untuk mendapat keuntungan kotor yang melebihi $10 juta secara berturut-turut.[2] Pada akhir masa penayangan Fearless di Amerika Utara, film itu mendapat bruto sejumlah $24,633,730 (dolar Amerika).[3]

Keuntungan kotor total film Fearless yang mendunia kini telah mencapai $67,129,516 USD.[4]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]