Fatin Shidqia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Fatin shidqia)
Langsung ke: navigasi, cari
Fatin Shidqia Lubis
Fatin Shidqia
Latar belakang
Nama lahir Fatin Shidqia Lubis
Lahir 30 Juli 1996 (umur 18)
Jakarta,  Indonesia
Tempat tinggal Jakarta
Kota Alamat Tinggal Jakarta
Tempat Kota Jakarta
Kota Asal Jakarta
Tempat tinggal Jakarta
Tanggal aktif 2013-sekarang
Jenis Musik Pop
Perusahan Rakaman Sony Music Entertainment Indonesia
Pekerjaan Penyanyi
Instrumen Vokal
Tahun aktif 2013-sekarang
Perusahaan rekaman Sony Music Entertainment Indonesia
Orang tua Bahari Lubis (Bapak)
Nurseha (Ibu)
Agama Islam

Fatin Shidqia Lubis (lahir di Jakarta, 30 Juli 1996; umur 18 tahun),[1] atau yang lebih dikenal dengan Fatin Shidqia atau Fatin adalah seorang penyanyi berkebangsaan Indonesia. Ia merupakan juara ajang pencarian bakat X Factor Indonesia musim pertama.[2] Setelah menjuarai ajang tersebut, Fatin mengeluarkan debut single "Aku Memilih Setia" yang langsung menempati posisi 1 di chart iTunes Indonesia.[3]

Karier[sunting | sunting sumber]

2012–2013: X Factor Indonesia[sunting | sunting sumber]

Fatin mengikuti audisi musim pertama dari X Factor Indonesia dengan membawakan lagu Bruno Mars yang berjudul "Grenade". Kala itu dia masih memakai seragam OSIS sekolah karena dia sebelumnya izin sekolah untuk mengikuti audisi ini. Dia pun memakai sweater berwarna abu-abu bergaris-garis. Hal ini karena dia sedang dalam kondisi sakit ketika melantukan lagu "Grenade". Tepuk tangan meriah ia dapatkan dari keempat juri dan para penonton. Rossa mengatakan bahwa suara fatin sangat bagus. Ahmad mengatakan bahwa ia sangat suka suara Fatin. Sementara itu Mulan mengatakan bahwa suara Fatin "bahaya". Keempat juri memberikan 4 Yes. Ia pun berhak maju ke tahap bootcamp 1.

Di tahap tersebut Fatin menyanyikan lagu "Rindu" secara bersama teman grupnya yakni Mersya Veronica (19), Alifia Yeri (22), Yemima Novalia (19), dan Bella (19). Saat menyanyikan lagu asal Agnes Monica itu, Fatin sempat salah lirik. Hal ini karena ia merasa gugup.

Babak selanjutnya, yakni Bootcamp 2 (Dance Challenge) yang menguji peserta X Factor harus menari bersama-sama. Sayangnya Fatin dinyatakan tidak lolos pada Dance Challenge ini sehingga juri memberikan Mini Challenge yaitu menyanyi secara acapela (tanpa iringan musik), pada waktu ini Fatin menyanyikan lagu "Paris Oh La La". Dia akhirnya dinyatakan lolos yang membawanya dia untuk tampil di babak selanjutnya yakni Bootcamp 3.

Pada tahap Bootcamp 3 ini, Fatin membawakan lagu Foster The People yang berjudul "Pumped Up Kick". Meskipun sempat lupa lirik, namun Fatin tetap mendapatkan pujian, hal ini karena suaranya yang benar-benar khas.

Fatin pun lanjut ke babak selanjutnya yakni Judges Home Visit. Dihadapan juri Rossa dan Maia, ia melantukan lagu "Cintakan Membawamu Kembali" karya Dewa 19. Sayang lagu ini tidak pas dengan karakter Fatin sehingga wajar jika Maia mengatakan bahwa Fatin tidak menyanyikan lagu ini dengan rasa indah. Namun Rossa masih percaya dengan kemampuam karakter vokal Fatin. Iapun meloloskannya hingga akhirnya ia melanjutkan ke babak berikutnya yakni Showcase, ia tampil dengan ke12 kontestan lainnya secara live dihadapan 4 juri (Ahmad Dhani, Rossa, Anggun, dan Beby Romeo) dan ribuan penonton. Fatin saat itu menyanyikan lagu dari Rihanna yang berjudul "Diamond".

Fatin pun melanjutkan ke tahap Gala Show pertamanya. Ia melantunkan lagu dari Adele "Rumour Has It". Kemudian Fatin lolos dan melangkah ke babak selanjutnya yakni Gala Show 2 yang bertemakan "Song from mentor" di saat menyanyikan lagu "Pudar". Ia mulai beradaptasi menyanyi dengan menari bersama penari lainnya. Fatin dinyatakan lolos dan berhak lanjut ke babak berikutnya.

Babak ini (Gala Show 3) bertemakan "My Favourite Song". Fatin menyanyikan lagu "Girl On Fire" asal penyanyi Alicia Keys sambil menge-rap. Disini karakter serak Fatin muncul. Ia dinyatakan lolos. Pada Gala Show selanjutnya, Fatin tampil nge-Rock dengan menyanyikan lagu "Don't Speak" diapun Lolos ke Gala Show 5.Pada Gala Show 5 ini, Fatin menyanyikan lagu slow dari Maudy Ayunda yang berjudul "Perahu Kertas". Fatin melangkah ke babak selanjutnya, Gala Show 6 yang mengambil tema "My Inspiration Song". Fatin memilih lagu Bruno Mars yang berjudul It Will Rain. Ia lolos dan berhak melanjutkan ke Gala Show 7 maka ia membawakan lagu Duffy yang berjudul "Mercy". Di sini Fatin mulai bernyanyi sambil berinteraksi dengan penonton. Fatin juga disebut finalis yang sering lupa, sudah banyak yang waktu Gala Show dia lupa lirik.

Fatin lanjut hingga Grand Final dan menyanyikan "Katakan Tidak" dengan Afgansyah Reza,"Stay",dan Lagu Kemenangannya "Aku Memilih Setia" yang langsung menjadi Top Songs di Chart iTunes Indonesia.

Pada 25 Mei 2013, Fatin dinyatakan sebagai pemenang X Factor Indonesia musim pertama.

Penampilan di X Factor Indonesia[sunting | sunting sumber]

Acara Tema Lagu Penyanyi Asli Urutan Tampil Hasil
Audisi Pilihan Peserta "Grenade" Bruno Mars N/A Lolos ke tahap bootcamp
Bootcamp 1 Penampilan Grup "Rindu" Agnes Monica N/A Lolos ke tahap bootcamp 2
Bootcamp 2 Stage Act N/A N/A N/A Lolos ke tahap bootcamp 3
Mini Challenge (Bernyanyi secara Akapella) "Paris (Ooh La La)" Grace Potter and the Nocturnals N/A
Bootcamp 3 Penampilan Solo "Pumped Up Kicks" Foster the People N/A Lolos ke tahap judges' home visit
Judges' home visit Pilihan Peserta "Cinta Kan Membawamu Kembali" Dewa 19 N/A Lolos ke tahap Showcase & Live Show
Showcase Free choice "Diamonds" Rihanna 8 N/A
Live show 1 Mentor's choice "Rumour Has It" Adele 4 Aman
Live show 2 Songs from my mentor "Pudar" Rossa 12 Aman
Live show 3 My favorite song "Girl on Fire" Alicia Keys 7 Aman
Live show 4 Songs from 90's "Don't Speak" No Doubt 8 Aman
Live show 5 Indonesia's mega hits "Perahu Kertas" Maudy Ayunda 6 Aman
Live show 6 My musical inspiration "It Will Rain" Bruno Mars 8 Aman
Live show 7 Hits Of the Century "Mercy" Duffy 6 Aman
Live Show 8 East meets west "Arti Hadirmu" Audy Item 2 Aman
"These Words" Natasha Bedingfield 8
Live Show 9 Music of the women of Indonesia "Jalan Cinta" Sherina Munaf 5 Aman1
"Logika" dengan Vina Panduwinata Vina Panduwinata 10
Live Show 10 Movie Soundtrack "Pelan - Pelan Saja" Kotak 4 Aman
"Lovefool" The Cardigans 8
Live Show 11 Tribute to Noah "One Way or Another" One Direction 2 Aman
"Tak Ada Yang Abadi" Noah 6
Road to Grand Final Pilihan penonton "Everything At Once" Lenka 3 Aman1
Duet bersama mentor "Material Girl" dengan Rossa Madonna 6
Pilihan Penonton "Grenade" Bruno Mars 9
Grand Final Duet selebriti "Katakan Tidak" dengan Afgansyah Reza Afgansyah Reza 1 Aman
Tantangan mentor "Stay" Rihanna 4
Lagu kemenangan "Aku Memilih Setia" Fatin Shidqia 7
Duet finalis "Don't Stop Believin'" Journey 9
Hasil Pertunjukan solo "Well, Well, Well" Duffy 1 Pemenang
Duet bersama finalis tereliminasi "Good Time " dengan Mikha Angelo Owl City dan Carly Rae Jepsen 3
Lagu kemenangan "Aku Memilih Setia" Fatin Shidqia 5

^1Tidak ada eliminasi di minggu tersebut.

2013-sekarang: Setelah X Factor Indonesia dan Debut Album "For You"[sunting | sunting sumber]

Setelah memenangkan X Factor Indonesia musim pertama, Fatin meluncurkan single perdananya yang berjudul "Aku Memilih Setia". Video Klip single perdananya tersebut pertama kali ditayangkan pada acara Konser Super X. [4] Fatin juga banyak menjadi bintang tamu di berbagai acara seperti pada tanggal 27 Mei 2013 tampil di Indonesian Movie Awards bersama rekannya di X Factor Indonesia musim pertama Shena Malsiana dan Alex Rudiart Hutajulu. Di acara ini, Fatin membawakan lagu "Ada Apa Dengan Cinta? milik Melly Goeslaw[5] Pada tanggal 14 Juni 2013 tampil di Indonesia Kids Choice Awards 2013 bersama Mikha Angelo.[6] Pada tanggal 5 Juli Fatin juga tampil di acara Satu Jam Lebih Dekat di TvOne. Disini, Fatin banyak bercerita mengenai kehidupannya sebelum mengikuti X Factor Indonesia. Di acara ini Fatin membawakan lagunya sendiri "Aku Memilih Setia" dan "Grenade" dari Bruno Mars[7] Setelah single perdananya,Fatin mengeluarkan single keduanya yang berjudul "KekasihMu". Lagu ini dirilis bersamaan dengan terpilihnya Fatin sebagai Brand Ambasador Rabbani di acara tersebut.[8] Pada 7 November 2013, Fatin merilis single ketiganya yang berjudul "Dia Dia Dia". Perilisan single ini bersamaan dengan musik video di YouTube. Musik video untuk single ini, Fatin syuting di kota Paris,Perancis dan Vienna,Austria bersamaan dengan syuting film 99 Cahaya di Langit Eropa.[9] Pada tahun ini, Fatin juga mendapatkan penghargaan dari Tabloid Bintang sebagai Bintang Paling Berkilau 2013 bersama beberapa artis lainnya.[10] Pada 11 November 2013, Fatin merilis album pertamanya yang berjudul For You dibawah naungan Sony Music Indonesia. Album ini hanya dijual di gerai KFC di seluruh Indonesia.[11] Di album ini Fatin banyak bekerja sama dengan musisi asing seperti Gustav Efraimsson yang merupakan penulis lagu dan produser musik berkebangsaan Swedia.[12] dan merupakan produser musik yang pernah bekerja sama dengan NKOTBSB (New Kids On The Block & Backstreet Boys) dan Hayden Bell seorang produser musik berkebangsaan Australia[13]. Di album perdana ini,beberapa lagu Fatin untuk penyelesaian akhirnya dilakukan di studio di Swedia oleh Hayden Bell. Pada 22 November 2013, Fatin merilis musik video terbarunya di YouTube yang berjudul "Cahaya Di Langit Itu". Lagu ini juga menjadi soundtrack film 99 Cahaya Di Langit Eropa yang juga merupakan film perdana Fatin dan akan tayang pada 5 Desember 2013.[14] Pada tahun ini juga, Fatin berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Rising Star of the Year pada ajang Yahoo! OMG Awards 2013.[15] dan masuk nominasi di World Music Awards untuk kategori Worlds Best Female Artist.[16] Fatin juga berhasil menduduki puncak polling di situs TheTopTens.com pada kategori 'Best Female Singer in Asia' dan 'Best Indonesian Female Pop Soloist'. Situs TheTopTens merupakan situs yang memuat list sepuluh teratas yang kemudian di-vote oleh pengunjung yang tersebar di seluruh dunia.[17][18] dan masuk di nominasi HAI Reader's Poll Music Awards 2013 untuk kategori 'The Best Fresh Meat' dan 'The Best Female'. Penghargaan ini merupakan penghargaan tahunan yang diadakan oleh majalah HAI.[19]

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album Studio[sunting | sunting sumber]

Daftar album studio, dengan posisi chart
Judul Detail album Posisi Chart Sertifikasi
INA[20]
For You 1 Indonesia: 7x Platinum[22]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film
Tahun Judul Peran Catatan
2013 99 Cahaya di Langit Eropa Part 1 Special Appearance Movie Soundtrack
2014 99 Cahaya di Langit Eropa Part 2 Special Appearance Movie Soundtrack

Penghargaan dan Nominasi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Fatin Shidqia Profile on xfactorindonesia.com". 
  2. ^ "Fatin Shidqia Lubis Juara X Factor Indonesia". 
  3. ^ Adriyanto Prasetyo (17 May 2013). "Aku Memilih Setia - Single Pertama Fatin langsung rajai Chart iTunes". galaunews Interaktif. Diakses 18 November 2013. 
  4. ^ "Heboh Fatin Jadi Trending Topic di Twitter". 
  5. ^ "Fatin Tampil Penuh Pesona di Indonesian Movie Awards". 
  6. ^ "Tampil di Indonesia Kid's Choice Awards 2013, Fatin Diteriaki Fatinistic". 
  7. ^ "Satu Jam Lebih Dekat Bersama Fatin Shidqia di TvOne". 
  8. ^ "Fatin Andalkan Single Religi KekasihMu". 
  9. ^ "Fatin Shidqia rilis Dia Dia Dia Dengan Suasana Eropa". Okezone. 7 November 2013. Diakses 18 November 2013. 
  10. ^ "Bintang Paling Berkilau 2013 : Fatin Shidqia Lubis". Tabloid Bintang. 10 November 2013. Diakses 18 November 2013. 
  11. ^ "Fatin Shidqia Rilis Debut Albumnya For You". Kapanlagi.com. 11 November 2013. Diakses 18 November 2013. 
  12. ^ "Album Fatin Shidqia Melibatkan Produser NKOTBSB". Okezone. 11 November 2013. Diakses 18 November 2013. 
  13. ^ "Bawakan Lagu Karya Komposer Ini, Fatin Shidqia Setara Dengan Penyanyi Dunia". Tribun News. 20 November 2013. Diakses 26 November 2013. 
  14. ^ "Fatin Rilis Cahaya Di Langit Itu Untuk Ost 99 Cahaya Di Langit Eropa". Kapanlagi.com. 23 November 2013. Diakses 26 November 2013. 
  15. ^ "Daftar Pemenang Yahoo OMG Awards 2013". Yahoo Indonesia. 2013-11-16. Diakses 2013-11-18. 
  16. ^ "Daftar Pemenang World Music Awards 2014". 2014-05-29. Diakses 2014-05-29. 
  17. ^ "Best Female Singer in Asia". TheTopTens.com. Diakses 5 Desember 2013. 
  18. ^ "Best Indonesian Female Pop Soloist". TheTopTens.com. Diakses 5 Desember 2013. 
  19. ^ "Nomination HAI Reader's Poll Music Awards 2013". HAI. Diakses 5 December 2013. 
  20. ^ "Discography Fatin For You". Facebook. Diakses 2013-11-18. 
  21. ^ "Fatin Shidqia Akan Rilis Album Perdananya 11 November Mendatang". Tabloid Bintang. 2013-10-31. Diakses 2013-11-21. 
  22. ^ "3 Minggu Rilis Album Fatin For You Raih 7x Platinum". Diakses 2013-12-9. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]