Fast & Furious 6

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Fast Six)
Langsung ke: navigasi, cari
Fast & Furious 6
FastandFurious6-teaserposter.jpg
Poster film
Sutradara Justin Lin
Produser
Penulis Chris Morgan
Berdasarkan Tokoh 
karya Gary Scott Thompson
Pemeran
Musik Lucas Vidal[2]
Sinematografi Stephen F. Windon
Penyunting
Studio
Distributor Universal Pictures
Tanggal rilis
Durasi 130 menit[3]
Negara  Amerika Serikat
 Spanyol
 Britania Raya
 Hong Kong
Bahasa Inggris
Anggaran $160.000.000
Pendapatan kotor $788.679.850
Didahului oleh Fast Five
Diikuti oleh Fast & Furious 7

Fast & Furious 6 (disebut juga Fast Six atau Furious Six)[4] adalah film laga tahun 2013 yang ditulis oleh Chris Morgan dan disutradarai Justin Lin. Ini adalah film keenam dalam seri film Fast and the Furious. Film ini dibintangi Vin Diesel, Paul Walker, Dwayne Johnson, Michelle Rodriguez, Jordana Brewster, Tyrese Gibson, Chris Bridges, Sung Kang, Luke Evans, Gina Carano, dan John Ortiz. Fast & Furious 6 mengisahkan sebuah kelompok kriminal profesional yang pimpinan Dominic Toretto (Diesel) yang pensiun pasca-perampokan mereka di Fast Five (2011), tetapi masih buron. Agen U.S. Diplomatic Security Service (DSS) Luke Hobbs (Johnson) berjanji menghapus catatan kriminal mereka dan mengizinkan mereka pulang jika mau membantunya memburu sebuah organisasi pembunuh bayaran profesional yang dipimpin Owen Shaw (Evans) dan wakilnya, Letty Ortiz (Rodriguez).

Per Februari 2010, Fast & Furious 6 sedang dikembangkan sebagai film pertama dalam seri ini yang tidak lagi bertemakan balap mobil sebagaimana film-film sebelumnya. Pra-produksinya dimulai pada April 2011 dan fotografi utamanya dilakukan di London, Inggris, bulan Juli 2012. Lokasi syutingnya meliputi Kepulauan Canary, Glasgow, dan Los Angeles. Film ini pertama dirilis di Britania Raya tanggal 17 Mei 2013 dan seluruh dunia tanggal 24 Mei 2013.

Alur[sunting | sunting sumber]

Setelah perampokan di Rio, Dominic Toretto dan timnya menyebar ke seluruh dunia: Dominic tinggal bersama Elena; adiknya Mia dan Brian O'Conner dikaruniai seorang putra, Jack; Gisele dan Hang pindah ke Tokyo, dan Roman dan Tej hidup mewah.

Agen Diplomatic Security Service (DSS) Luke Hobbs dan rekannya Riley menyelidiki serangan ke konvoi militer Rusia dan meyakini mantan anggota United Kingdom Special Forces Owen Shaw dan krunya sebagai pelakunya. Hobbs melacak Dominic dan meminta bantuannya untuk menangkap Shaw; Dominic setuju setelah Hobbs memperlihatkan foto mantan kekasih Dominic, Letty Ortiz, yang ia duga sudah mati. Dominic mengumpulkan teman-temannya dan mereka menerima misi ini dengan syarat catatan kriminal mereka diputihkan dan mereka diizinkan pulang ke Amerika Serikat; Mia dan Elena tinggal bersama Jack.

Tim dipancing ke tempat persembunyian Shaw di London oleh salah satu tangan kanannya. Mereka dan kepolisian ternyata dijebak, sementara rekan-rekan Shaw melakukan perampokan di tempat lain. Shaw kabur dengan mobil, meledakkan tempat persembunyiannya, dan membuat polisi tidak berkutik. Dominic, Brian, Tej, Han, Gisele, Hobbs, dan Riley mengejarnya. Letty datang membantu Shaw dan menembak Dominic sebelum kabur. Di markas mereka, Hobbs memberitahu tim Dominic bahwa Shaw mencuri komponen untuk merakit alat Nightshade yang dapat memadamkan listrik satu negara; ia berusaha menjualnya ke penawar tertinggi. Sementara itu, upaya Shaw untuk mengetahui tim lawannya mengungkapkan fakta hubungan Letty dengan Dominic, namun Letty diketahui menderita amnesia.

Roman, Han, Gisele, dan Riley menyelidiki anak buah Shaw dan mengetahui hubungan Shaw dengan Arturo Braga, bos narkoba yang ditahan Brian. Brian pulang ke Amerika Serikat sebagai tahanan agar bisa bertemu Braga. Braga mengatakan bahwa Brian bisa menemui Shaw jika Shaw sendiri ingin menemuinya. Ia juga mengungkapkan bagaimana Letty selamat dari ledakan yang diduga menewaskannya. Shaw hendak membunuhnya, tetapi setelah tahu Letty hilang ingatan, ia merekrutnya. Dibantu mantan rekan di FBI, Brian bebas dari penjara. Di London, Dominic bertarung melawan Letty dalam ajang balap jalanan. Setelah itu, keduanya berbicara dan Dominic mengembalikan kalungnya. Setelah Letty pergi, Shaw tiba dan menawarkan agar Dominic dan timnya bebas pergi, namun Dominic menolak pergi tanpa Letty.

Tej melacak serangan Shaw selanjutnya ke sebuah pangkalan militer NATO di Spanyol. Shaw dan timnya menyerang konvoi militer yang mengangkut cip komputer untuk menyelesaikan perakitan Nightshade-nya. Dominic dan timnya datang menyerobot mereka, sedangkan Shaw, dibantu Letty dan Jah, mengendarai tank dan mulai menggilas mobil di jalan. Roman berusaha mengikatkan mobilnya dengan tank, lalu didorong Brian keluar jembatan, sehingga tanknya terbalik. Letty terlempar dari tank dan Dominic berusaha menyelamatkannya. Shaw dan timnya berhasil ditangkap, namun ia mengungkapkan bahwa orang-orangnya sudah menculik Mia. Mereka terpaksa membebaskan Shaw, dan Riley (ternyata anak buah Shaw) pergi bersama mereka; Letty memutuskan untuk tetap bersama Dom. Shaw dan timnya menaiki pesawat kargo saat masih berjalan di landasan sambil dikejar Dominic dan timnya. Dominic, Letty, Brian, dan Hobbs menaiki pesawat; Brian menyelamatkan Mia dan mereka keluar pesawat menggunakan mobil. Pesawat berusaha lepas landas tetapi tertahan oleh kabel yang terikat dengan kendaraan yang dikemudikan Han, Gisele, Roman, Tej, Brian, dan Mia. Gisele mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan Han. Letty membunuh Riley dan ia dan Hobbs lompat ke mobil di bawahnya. Dominic mengejar Shaw dan cip komputer yang dipegangnya. Shaw terlempar dari pesawat, sedangkan pesawat itu sendiri jatuh. Dom mengendarai mobil yang tersisa melintasi hidung pesawat dan bertemu teman-temannya. Cip tersebut dikembalikan ke Hobbs sebagai jaminan pengampunan mereka.

Setelah itu, Dominic dan timnya pulang ke Amerika Serikat. Hobbs dan Elena datang untuk mengkonfirmasi bahwa mereka bebas dari tuduhan kriminal apapun. Sebelum Dominic dan timnya makan siang, ia bertanya apakah Letty merasa kenal dengan suasana saat ini; Letty menjawab tidak, tetapi ia merasa sudah di rumah.

Di adegan akhir kredit, saat Han dikejar-kejar di Tokyo, ia ditabrak mobil asing, sehingga mobilnya meledak dan menewaskannya. Pengemudi mobil asing tersebut menyingkir dari lokasi kejadian dan meninggalkan pesan ancaman untuk Dominic.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Musik[sunting | sunting sumber]

Lucas Vidal menggubah musik Fast & Furious 6.[2] Album lagunya dirilis oleh Def Jam Recordings tanggal 21 Mei 2013. Isinya lagu-lagu elektronik dan hip hop, termasuk karya deadmau5, Ludacris, dan lain-lain.[17]

No. Judul Artis Durasi
1. "We Own It (Fast & Furious)"   2 Chainz & Wiz Khalifa  
2. "Ball"   T.I. feat. Lil Wayne  
3. "Con Locura"   Sua feat. Jiggy Drama  
4. "HK Superstar"   MC Jin feat. Daniel Wu  
5. "Failbait"   deadmau5 feat. Cypress Hill  
6. "Bada Bing"   Benny Banks  
7. "Burst (Bart B More Remix)"   Peaches  
8. "Mister Chicken"   Deluxe  
9. "Roll It Up"   The Crystal Method  
10. "Here We Go / Quasare (Hybrid Remix)"   Hard Rock Sofa & Swanky Tunes  
11. "Bandoleros"   Don Omar feat. Tego Calderon  
12. "Rest of My Life"   Ludacris feat. Usher dan David Guetta  

Sekuel[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 16 April 2013, Diesel mengumumkan bahwa sekuelnya akan dirilis pada 11 Juli 2014. Produksinya dimulai Agustus 2013.[18] Bulan Mei 2013, Diesel menyebutkan bahwa sekuel tersebut bertempat di Tokyo dan Timur Tengah.[19]

References[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f Sneider, Jeff (July 27, 2012). "'Raid' actor joins 'Fast and Furious 6'". Variety (Reed Business Information). Diarsipkan dari aslinya pada tanggal April 25, 2013. Diakses July 28, 2012. 
  2. ^ a b "Lucas Vidal Takes Over ‘Fast & Furious’ Series". Film Music Reporter. April 18, 2013. Diarsipkan dari aslinya pada tanggal April 18, 2013. Diakses April 18, 2013. 
  3. ^ "Fast & Furious 6". bbfc.co.uk. British Board of Film Classification. May 3, 2013. Diarsipkan dari aslinya pada tanggal May 4, 2013. Diakses May 4, 2013. 
  4. ^ Lussier, Germain (May 14, 2013). "Justin Lin Explains Using the ‘Furious 6′ Title Card in ‘Fast and Furious 6′". /Film. Diarsipkan dari aslinya pada tanggal May 14, 2013. Diakses May 14, 2013. 
  5. ^ "'Fast Five' Will Transition Franchise From Street Racing To Future Full Of Heist Action". Deadline.com. PMC. April 25, 2011. Diarsipkan dari aslinya pada tanggal July 5, 2011. Diakses March 7, 2011. 
  6. ^ Sneider, Jeff (May 1, 2012). "Michelle Rodriguez returns for 'Machete Kills'". Variety (Reed Business Information). Diarsipkan dari aslinya pada tanggal May 2, 2012. Diakses May 1, 2012. 
  7. ^ Hamilton, Shanelle (September 7, 2012). "Ludacris & Tyrese Gibson Party At London Restaurant Nobu". Tale Tela. Diarsipkan dari aslinya pada tanggal September 15, 2012. Diakses September 9, 2012. 
  8. ^ Yamato, Jen (August 21, 2012). "Fast & Furious Six First Look: Vin Diesel And Paul Walker On The Sequel Set". Movieline. Diarsipkan dari aslinya pada tanggal September 15, 2012. Diakses September 15, 2012. 
  9. ^ Brown, John (May 1, 2012). "BREAKING: LUKE EVANS OFFERED VILLAIN ROLE IN FAST SIX". Twitch Film. Diarsipkan dari aslinya pada tanggal May 2, 2012. Diakses May 1, 2012. 
  10. ^ Mottram, James (May 13, 2013). "Fast & Furious 6". Total Film. Future plc. Diarsipkan dari aslinya pada tanggal May 14, 2013. Diakses May 14, 2013. 
  11. ^ a b Williams, Owen (May 2013). "Fast And Furious 6". Empire. Bauer Media Group. Diarsipkan dari aslinya pada tanggal May 14, 2013. Diakses May 14, 2013. 
  12. ^ "Gal Gadot and Dwayne Johnson Strike a Pose on the Fast & Furious 6 Set". ComingSoon.net. CraveOnline. August 21, 2012. Diarsipkan dari aslinya pada tanggal February 6, 2013. Diakses August 22, 2012. 
  13. ^ Jagernauth, Kevin (July 27, 2012). "Model Clara Paget Gets Sidekick Role In 'Fast & Furious 6'". The Playlist. Diakses August 14, 2012. 
  14. ^ Eisenberg, Eric (February 1, 2013). "Fast & Furious 6 Gets An Official Plot Synopsis". Cinema Blend. Diarsipkan dari aslinya pada tanggal February 1, 2013. Diakses February 1, 2013. 
  15. ^ Reynolds, Simon (February 27, 2013). "Rita Ora talks 'Fast & Furious 6': 'I'm London's head girl racer'". Digital Spy. Hearst Corporation. Diarsipkan dari aslinya pada tanggal March 2, 2013. Diakses March 2, 2013. 
  16. ^ McCarthy, Todd (May 13, 2013). "Fast & Furious 6: Film Review". The Hollywood Reporter. Prometheus Global Media. Diarsipkan dari aslinya pada tanggal May 14, 2013. Diakses May 14, 2013. 
  17. ^ "‘Fast & Furious 6′ Soundtrack Details". Film Music Reporter. April 20, 2013. Diakses April 24, 2013. 
  18. ^ "‘Fast And Furious 7′ Gets July 11, 2014 Release Date". Deadline.com. PMC. April 16, 2013. Diarsipkan dari aslinya pada tanggal July 5, 2011. Diakses April 16, 2013. 
  19. ^ Reynolds, Simon; Rawson-Jones, Ben (May 16, 2013). "Vin Diesel: 'Fast & Furious 7 heading to Tokyo, Middle East'". Digital Spy. Hearst Corporation. Diarsipkan dari aslinya pada tanggal May 16, 2013. Diakses May 16, 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]