Farid Prawiranegara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Infobox orangFarid Prawiranegara
Biografi
Data pribadi
Kelompok etnikOrang Minangkabau
PendidikanUniversitas Indonesia
Kegiatan
Pekerjaanpolitikus

Farid Prawiranegara (lahir pada 1948 — meninggal di Jakarta, 21 Agustus 2014 pada umur 66 tahun)[1] adalah seorang politisi Indonesia.

Ia termasuk salah satu tokoh pendiri Partai Bulan Bintang (PBB) bersama tokoh lainnya, yaitu Yusril Ihza Mahendra, Fadli Zon, M.S. Kaban dan Hartono Mardjono.

Karena beberapa sebab, akhirnya Farid keluar dari PBB dan pindah ke Partai Demokrat. Ia menjadi anggota Dewan Pembina Partai Demokrat periode tahun 2010 sampai 2015

Ia juga pernah mendaftar menjadi calon anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pada tahun 2012. Keikutsertaan Farid menjadi calon anggota BPK menimbulkan kontroversi, karena banyak pihak menganggap Farid adalah orang titipan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Farid Prawiranegara adalah putra dari Sjafruddin Prawiranegara, seorang Pahlawan Nasional dan Presiden/Ketua PDRI pada tahun 1948-1949 pada masa Agresi Militer Belanda II. Sedangkan ibunya bernama T. Halimah Syehabuddin Prawiranegara.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Farid Prawiranegara Berpulang". detikcom. Detik.com. 21 Agustus 2014. Diakses tanggal 12 Desember 2018. [pranala nonaktif permanen]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]