Familiaris Consortio

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Familiaris Consortio (Bahasa Latin yang arti bebasnya adalah "tentang persekutuan keluarga", penjelasannya adalah Mengenai Keluarga Kristiani di Dunia Modern) adalah sebuah khotbah apostolik paska-Sinode yang ditulis oleh Paus Yohanes Paulus II dan diumumkan secara resmi pada tanggal 22 November 1981. Dokumen ini menjelaskan posisi resmi Gereja Katolik Roma mengenai arti dan peran pernikahan dan keluarga, dan menjabarkan tantangan-tantangan dalam merealisasikan tujuan mulia tersebut.

Di antara berbagai pengamatan, dokumen ini menyatakan kembali penentangan Gereja terhadap kontrasepsi buatan seperti yang dinyatakan di dalam Humanae Vitae, dan (secara singkat) menyebutkan penentangannya pada aborsi. Dokumen ini juga membahas kewajiban dan harapan keluarga atas pendidikan anak-anaknya, kemudian diteruskan dengan penjelasan akan harapan keluarga terhadap masyarakat luas, termasuk di antaranya pelayanan kepada kaum papa.

Bagian terakhir (dan terpanjang) dari dokumen ini menjelaskan harapan keluarga yang lebih secara langsung melibatkan agama dalam kehidupan harian, menghubungkannya dengan beberapa sakramen Katolik, terutama Sakramen Pernikahan, dan secara lantang mendorong dilakukannya praktik doa bersama keluarga. Secara khusus, bagian dokumen ini menyatakan kembali harapan akan persatuan Katolik yang langgeng bagi semua anggota gereja yang ingin menikah. Dokumen ini menolak konsep bisa diterimanya bentuk-bentuk pernikahan lainnya, termasuk di antaranya "perkawinan coba-coba", pernikahan yang hanya diresmikan secara sipil, dan perkawinan-perkawinan tanpa ikatan yang disahkan secara publik.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]