Fakultas Pertanian Universitas Jember

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
DekanIr. Sigit Soeparjono, MS., Ph.D.
JurusanAgronomi, Ilmu Tanah, Sosial Ekonomi Pertanian (Agribisni), dan Ilmu Hama Penyakit Tanaman
Didirikan9 November 1964
WarnaKuning dan hijau

Fakultas Pertanian Universitas Jember atau Faperta Unej adalah fakultas yang didirikan bersamaan dengan berdirinya Universitas Jember. Fakultas ini menjadi salah satu fakultas tertua di Universitas Jember.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Dari berdirinya sampai dengan tahun 1997, Fakultas Pertanian mengelola enam jurusan, yakni Budidaya Pertanian/Agronomi, Sosial-Ekonomi Pertanian/Agribisnis, Tanah, Hama Penyakit Tanaman, dan Teknologi Pertanian.

Pada perkembangan selanjutnya, pada 22 Agustus 1997 berdasarkan keputusan Kemendikbud No. 205/O/1997, Jurusan Teknologi Pertanian berubah status menjadi Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) yang kini kampusnya berada tepat di depan Agrotechno Park (kebun percobaan milik Faperta).

Kemudian mengikuti SK Dirjen Dikti No. 163/DIKTI/KEP/2007 tertanggal 29 November 2007 tentang "Penataan dan Kodifikasi Program Studi pada Peguruan Tinggi", maka semua perguruan tinggi di bidang pertanian hanya dapat menyelenggarakan pendidikan atau mengelola pendidikan dua program studi (PS), Agroteknologi/Agroekoteknologi dan Agribisnis. PS Agroteknologi membidangi tiga jurusan lama (Tanah, Agronomi, dan IHPT). Sementara PS Agribisnis tetap mencakup sosial ekonomi pertanian.

Hingga tahun akademik 2011/12 Faperta Unej masih menyelenggarakan dua program studi tersebut dan sampai dengan Maret 2011, sudah meluluskan 4366 civitas akademikanya.

Pimpinan Fakultas[sunting | sunting sumber]

  • Dekan: Ir. Sigit Soeparjono, MS., Ph.D.

Fasilitas Pendidikan dan Fasilitas Laboratorium[sunting | sunting sumber]

Menyelenggarakan enam program studi reguler (termasuk program beasiswa unggulan). Pola pendidikan sarjana strata satu (S1) ditempuh dalam waktu paling lambat 14 semester dan dapat ditempuh kurang dari delapan semester. Oleh karena itu Faperta menyediakan layanan penunjang/fasilitas yang terdiri atas ruang kuliah, laboratorium, studio, ruang baca, ruang seminar, ruang komputer, rumah kaca, kebun percobaan, radio pendidikan, dan unit layanan komputasi.

Jurusan Budidaya Pertanian[sunting | sunting sumber]

  • PS Agronomi dan Agronomi Konsentrasi Agroindustri Kopi dan Kakao melayani lab (Produksi Tanaman, Fisiologi Tumbuhan, Teknologi Benih, Hortikultura, Kultur Jaringan Tumbuhan, Pemuliaan Tanaman, Biometrika Tanaman, dan Bioteknologi Pertanian).

Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian[sunting | sunting sumber]

  • PS Agribisnis melayani lab (Ekonomi Pertanian, Komunikasi dan Penyuluhan Pertanian, Manajemen Agribisnis (MA), Sosiologi Pertanian, dan Koperasi Kelembagaan).

Jurusan Tanah[sunting | sunting sumber]

  • PS Ilmu Tanah melayani lab (Kesuburan Tanah, Fisika Konservasi Tanah, Genesis dan Klasifikasi Tanah, Biologi Tanah, Sumberdaya Lahan, serta Klimatologi).

Jurusan Hama dan Penyakit Tanaman[sunting | sunting sumber]

  • PS IHPT melayani lab (Hama Tumbuhan, Penyakit Tumbuhan, Perlindungan Tanaman, Pengendalian Hayati, Virologi Tumbuhan, dan Nematologi).