Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Brawijaya
Nama sebelumnya
Perguruan Tinggi Ekonomi Malang (PTEM)
JenisPerguruan Tinggi Negeri Badan Hukum
Didirikan27 Juni 1957
DekanAbdul Ghofar, S.E., M.Si., M.Acc., DBA., Ak.
Lokasi, ,
KampusUrban
AlamatJl. MT. Haryono 165, Malang 65145
WarnaKuning   [1]
Nama julukanFEB
Situs webhttp://feb.ub.ac.id/
Informasi Umum
JenjangS1, S2, S3
Jalur MasukSNMPTN, SBMPTN, SPMK, SAP, SPKPD
Program Studi
  • Sarjana Ekonomi Pembangunan
  • Sarjana Manajemen
  • Sarjana Akuntansi
  • Sarjana Ekonomi Islam
  • Sarjana Ekonomi Keuangan Perbankan
  • Sarjana Kewirausahaan
  • Magister Ilmu Ekonomi
  • Magister Manajemen
  • Magister Akuntansi
  • Doktor Ilmu Ekonomi
  • Doktor Ilmu Manajemen
  • Doktor Ilmu Akuntansi
  • Program Pendidikan Internasional
  • Program Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk)
  • Joint Program PPAk dan S2 Akuntansi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya atau disingkat FEB UB didirikan pada 27 Juni 1957 dan diberi nama Perguruan Tinggi Ekonomi (PTEM). Sebuah salah satu universitas tertua di Indonesia, FEB UB telah mengalami banyak transformasi kelembagaan, yang mengedepankan profesionalisme, integritas dan bertujuan untuk menciptakan lulusan terbaik yang mampu bersaing di era globalisasi.

FEB UB memiliki visi menjadi lembaga pendidikan bertaraf internasional di bidang ekonomi dan bisnis yang berjiwa wirausaha dan berkesadaran ketuhanan, kemanusiaan, dan lingkungan.

Dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN yang akan datang (AEC) 2015, Februari harus dapat berpartisipasi dan berkompetisi dalam menciptakan lebih segar lulusan dan layanan. Setelah realisasi target tersebut, FEB UB telah melalui berbagai kegiatan dan kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi dari seluruh dunia dan juga telah mencapai akreditasi dari lokal (tingkat A, Badan Akreditasi Nasional) maupun internasional (ABEST21 dan AACSB).

Dalam melaksanakan tujuan “tri dharma” pendidikan tinggi (pendidikan dan pembelajaran, penelitian dan pengembangan sama pelayanan masyarakat) FEB UB selalu mendukung setiap upaya perbaikan dan perwujudan kegiatan inovatif yang areaimed ketentuan poin dharma thetri. Semua ini disusun dalam Rencana Strategis FEB UB untuk 2011-2021, di mana peningkatan FEB UB dimaksudkan untuk mampu menghadapi persaingan global di tingkat internasional, dan itu semua dimulai dengan memperkuat dan kekuatan tata kelola yang baik berdasarkan pemahaman kearifan lokal dan nilai bersama yang memungkinkan untuk meningkatkan semangat perbaikan diri.

Pengajaran dan pembelajaran di FEB UB didukung oleh kualitas dan kuantitas kuliah, sebagian besar dari mereka yang lulus dari berbagai perguruan tinggi luar biasa (dalam dan luar negeri). Selain itu, ada beberapa fasilitas pendukung untuk kegiatan belajar mengajar dan mengutamakan perbaikan dan renovasi fasilitas, seperti perpustakaan dan ruang baca, laboratorium komputer dan perangkat yang mendukung dalam setiap kelas.

Terakhir, FEB UB akan selalu mentransformasikan dirinya menjadi lembaga pendidikan yang lebih baik dan lebih baik, menciptakan lulusan terbaik yang mampu menghadapi persaingan global dan juga membawa kontribusi positif kepada masyarakat. Transformasi ini selalu dilakukan dalam perbaikan aspek internal, yaitu. pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Dan akhirnya, FEB UB mungkin dapat menciptakan masa depan yang lebih baik bagi siswa dengan memberikan pendidikan yang berkualitas.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Embrio Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya (FEB UB) yang dikenal sekarang ini, bernama Perguruan Tinggi Ekonomi Malang (PTEM). PTEM didirikan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Ekonomi Malang pada 27 Juni 1957 dengan Akta Notaris No. 26 tertanggal 15 Agustus 1957.

PTEM didirikan dengan tujuan untuk memajukan dan memperkembangkan ilmu pengetahuan pada umumnya dan ilmu ekonomi pada khususnya, serta membentukmanusia susila yang cakap dan bertanggung jawab serta mempersiapkan tunas- tunas muda guna menjadi ahli-ahli ekonomi yang berguna bagi nusa dan bangsa. Yayasan PTEM dipimpin oleh Mayor Polak yang ketika itu menjabat sebagai Ketua Jurusan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Airlangga (Unair) yang ada di Malang. Dosen pengajar berasal dari APDN dan FKIP Unair. Sedangkan kampus tempat kuliah berpencaran dan tersebar di Jl. Ijen dan Jl. Guntur, SMA Tugu, Balai Kota Malang, SPMA Tanjung, Gedung PAAKRI (Jl. Pahlawan Trip), dan sebagainya.

Sejak 3 Oktober 1961, PTEM meleburkan diri menjadi bagian dari Universitas Brawijaya dan disebut Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya (FEUB). Nama Universitas Brawijaya diberikan oleh Presiden Soekarno melalui kawat Presiden Republik Indonesia No. 258/K/1961 tertanggal 11 Juli 1961. Sebelum kawat Presiden tersebut, Universitas Brawijaya bernama Universitas Kotapraja Malang. Pada 5 Januari 1963 dengan Surat Keputusan Menteri PTIP No. 1 Tahun 1963, Universitas Brawijaya diresmikan sebagai salah satu universitas negeri di Indonesia.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Permenristekdikti Nomor 58 Tahun 2018 tentang Statuta Universitas Brawijaya