Fairy Tail

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Fairy tail)
Fairy Tail
Volume pertama manga Fairy Tail yang diterbitkan oleh Kodansha pada tanggal 15 Desember 2006 di Jepang, menampilkan Natsu Dragneel, Lucy Heartfilia, dan Happy
フェアリーテイル
(Fearī Teiru)
GenrePetualangan, fantasi[1]
Manga
PengarangHiro Mashima
PenerbitKodansha
Penerbit bahasa Inggris
Penerbit bahasa IndonesiaElex Media Komputindo
MajalahWeekly Shōnen Magazine
Majalah bahasa IndonesiaShonen Magz
DemografiShōnen
Terbit2 Agustus 200626 Juli 2017
Volume63 (Daftar volume)
Seri anime
SutradaraShinji Ishihara
Produser
  • Taihei Yamanishi (#1–48)
  • Tomonori Ochikoshi (#1–226)
  • Yoshikazu Beniya (#1–277)
  • Yōsuke Imai (#49–214)
  • Tetsuya Endō (#215–277)
  • Noritoshi Satō (#227–328)
  • Aya Yoshino (#278–328)
  • Akiko Nabeiwa (#278–328)
SkenarioMasashi Sogo
MusikYasuharu Takanashi
Studio
Pelisensi
Saluran
asli
TXN (TV Tokyo)
Saluran bahasa Inggris
Tayang 12 Oktober 2009 29 September 2019
Episode328[2][3] (Daftar episode)
Video animasi orisinal
Sutradara
  • Shinji Ishihara (#1–6)
  • Tetsuo Amino (#7–9)
Produser
  • Noriaki Matsuki
  • Shinji Horikiri (#1)
  • Ayano Iida (#1–2)
  • Takeshi Ozawa (#1–2)
  • Kensuke Tateishi (#1–2)
  • Ryōichi Ishihara (#2–6)
  • Nakuru Yamatani (#2–6)
  • Hiroshi Tatsukawa (#3–9)
  • Hideharu Gomi (#3–6)
  • Yōhei Itō (#7–9)
  • Yuri Terao (#7–9)
  • Osamu Hashimoto (#7–9)
  • Tomohiro Uchida (#9)
Skenario
  • Masashi Sogo (#1, 5–9)
  • Atsuhiro Tomioka (#4)
  • Hiro Mashima (#6)
MusikYasuharu Takanashi
Studio
  • A-1 Pictures
  • Satelight (#1–6)
Tayang 15 April 2011 (2011-04-15) 18 Desember 2016 (2016-12-18)
Episode9 (Daftar episode)
Manga
Film
 Portal anime dan manga

Fairy Tail (Jepang: フェアリーテイル, Hepburn: Fearī Teiru) adalah sebuah seri manga shōnen Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Hiro Mashima. Manga ini dimuat berseri dalam majalah Weekly Shōnen Magazine sejak bulan Agustus 2006 hingga Juli 2017, dan telah diterbitkan menjadi 63 volume tankōbon oleh Kodansha. Ceritanya mengisahkan tentang Natsu Dragneel, anggota dari guild penyihir[4] populer bernama Fairy Tail, yang bertualang di Earth-land dalam tujuannya untuk mencari seekor naga bernama Igneel.

Manga ini telah diadaptasi menjadi sebuah seri anime yang diproduksi oleh A-1 Pictures, Dentsu Inc., Satelight, Bridge, serta CloverWorks, dan mulai ditayangkan di Jepang sejak tanggal 12 Oktober 2009. Selain itu, A-1 Pictures telah memproduksi sembilan animasi video orisinal dan dua film animasi. Musim pertama berakhir pada tanggal 30 Maret 2013. Musim kedua disiarkan di TV Tokyo sejak tanggal 5 April 2014, dan berakhir pada tanggal 26 Maret 2016. Musim ketiga ditayangkan sejak tanggal 7 Oktober 2018 hingga 29 September 2019, dan terdiri dari 51 episode.[5][6][2][3] Fairy Tail juga menjadi inspirasi dari beberapa manga spin-off, termasuk sebuah sekuel yang berada di bawah pengawasan Mashima, bertajuk Fairy Tail: 100 Years Quest, yang dirilis pada tanggal 25 Juli 2018.

Fairy Tail awalnya diterbitkan dalam bahasa Inggris di Amerika Utara oleh Del Rey Manga, yang mulai menerbitkan volume satuannya sejak tanggal 25 Maret 2008 dan mengakhiri lisensinya ketika volume 12 diterbitkan pada bulan September 2010. Pada bulan Desember 2010, Kodansha USA mengambil alih penerbitan manga ini untuk wilayah Amerika Utara. Saluran televisi asal Asia Tenggara, Animax Asia, menyiarkan versi bahasa Inggris dari seri anime-nya selama tujuh musim sejak tahun 2010 hingga 2015. Manga-nya juga telah dilisensi di Britania Raya oleh Turnaround Publisher Services dan di Australia oleh Penguin Books Australia. Seri anime-nya telah dilisensi oleh Funimation untuk dirilis dalam bahasa Inggris di Amerika Utara. Hingga bulan Februari 2020, Fairy Tail telah terjual sebanyak 72 juta kopi dalam sirkulasi.

Plot[sunting | sunting sumber]

Earth-land merupakan dunia di mana para penyihir[4] dapat bergabung dengan guild (perkumpulan sihir) untuk menerapkan kemampuan sihir mereka demi mendapatkan bayaran atas hasil kerja yang mereka lakukan. Natsu Dragneel, seorang penyihir dragon slayer dari guild Fairy Tail, bertualang di Kerajaan Fiore demi menemukan ayah angkatnya yang hilang, seekor naga bernama Igneel. Dalam perjalanannya, dia berteman dengan penyihir roh bintang bernama Lucy Heartfilia dan mengundangnya untuk bergabung dengan Fairy Tail. Lucy kemudian membentuk kelompok bersama Natsu dan seekor Exceed berbentuk kucing miliknya bernama Happy, dan kelompok ini secara bertahap ketambahan anggota lain dari guild: Gray Fullbuster, seorang penyihir es; Erza Scarlet, seorang ksatria sihir wanita; serta Wendy Marvell dan Carla, duet dragon slayer dan Exceed lainnya. Kelompok mereka memulai berbagai misi secara bersama-sama, termasuk menundukkan para penjahat, mengalahkan guild kegelapan yang ilegal, dan menghadapi para iblis jahat Etherious yang diciptakan oleh penyihir hitam abadi, Zeref.

Setelah melalui berbagai petualangan, Natsu dan teman-temannya bertemu dengan Zeref yang hidup terisolasi di pulau suci milik Fairy Tail, Pulau Tenrō.[7] Pertarungan atas Zeref terjadi antara Fairy Tail dan guild kegelapan Grimoire Heart, dan ini menarik perhatian naga hitam yang jahat, Acnologia. Para penyihir Fairy Tail bertahan dari serangan Acnologia ketika pendiri guild mereka—yang juga kekasih Zeref, Mavis Vermillion, menggunakan mantra sihir Fairy Sphere yang membuat mereka mati suri selama tujuh tahun. Setelah mereka berpartisipasi dalam Turnamen Sihir Akbar dan memenangkannya, Fairy Tail terlibat perang melawan Tartaros, suatu guild kegelapan yang anggotanya merupakan para Etherious yang bertujuan untuk melepaskan segel buku yang dipercaya berisi E.N.D., iblis terkuat ciptaan Zeref. Acnologia kembali muncul untuk memusnahkan kedua guild tersebut, memicu Igneel – yang ternyata menyegel dirinya sendiri di dalam tubuh Natsu – untuk muncul dan bertarung melawan Acnologia. Namun, Acnologia membunuh Igneel di hadapan Natsu yang tidak berdaya, yang akhirnya memutuskan untuk berangkat dalam pelatihan untuk membalaskan dendam Igneel.

Natsu kembali setahun kemudian dan baru mengetahui bahwa master Fairy Tail, Makarov Dreyar, telah mencoba untuk menunda upaya invasi oleh Kekaisaran Alvarez yang dipimpin oleh Zeref. Zeref dan pasukannya menyerang Fiore, dengan niat untuk mendapatkan tubuh Mavis yang diawetkan di bawah aula guild Fairy Tail, yang menjadi sumber kekuatan sihir tak terbatas yang dikenal sebagai Fairy Heart. Saat bertarung melawan Zeref, Zeref mengatakan bahwa Natsu adalah adiknya sekaligus sebagai sosok E.N.D. yang sesungguhnya, yang dibangkitkan Zeref sebagai iblis dengan tujuan agar dapat dibunuh olehnya. Apabila Natsu gagal melakukannya, Zeref akan mengekstraksi Fairy Heart dari Mavis dalam upayanya untuk menulis ulang sejarah masa kini dengan maksud mencegah kekejaman yang telah disebabkan oleh dirinya dan Acnologia. Natsu melumpuhkan Zeref untuk menghentikan perubahan drastis pada sejarah yang akan terjadi, dan Lucy menulis ulang buku E.N.D. untuk membuat Natsu menjadi manusia. Mavis—yang berbagi kutukan keabadian dengan Zeref, membalas cintanya dan memungkinkan mereka untuk mati bersama.

Sementara itu, Fairy Tail dan sekutu mereka mencoba memenjarakan Acnologia dalam celah ruang waktu yang diciptakan oleh Eclipse, gerbang perjalanan waktu buatan Zeref. Namun, Acnologia berhasil keluar dari celah tersebut sementara tubuh manusianya menjebak semua dragon slayer ke dalam dimensi ruang waktu demi mempertahankan kekuatan barunya yang seperti dewa. Setelah Lucy dan para penyihir lainnya di seantero benua melumpuhkan tubuh naga Acnologia di dalam Fairy Sphere, Natsu mengumpulkan sihir dari para dragon slayer lainnya dan menghancurkan tubuh manusia Acnologia, membunuhnya dan membebaskan para dragon slayer dari dimensi tersebut. Setahun berikutnya, Natsu dan kelompoknya berangkat untuk melakukan misi seratus tahun,[8] dan melanjutkan petualangan mereka bersama-sama.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Setelah menyelesaikan karyanya yang sebelumnya, Rave Master, Hiro Mashima menilai ceritanya termasuk sentimental dan terkesan sedih pada saat yang sama, sehingga dia ingin jalan cerita Fairy Tail memiliki nuansa "penuh kesenangan [untuk semua orang]". Inspirasinya untuk manga ini hanyalah duduk di bar dan berpesta dengan teman-temannya—aspek komunitas.[9] Ia selalu menyukai para pesulap dan penyihir, dan membayangkan bagaimana rasanya jika dia dan teman-temannya adalah penyihir.[10] Tetapi manga ini juga menceritakan tentang kisah para pemuda yang menemukan panggilan hidup mereka, seperti pekerjaan.[9] Ia menyatakan bahwa ketika dirinya mencoba untuk mempertimbangkan antara kepentingannya sendiri beserta keinginan para penggemar pada apa yang akan terjadi selanjutnya di Fairy Tail, keinginan para penggemar lebih diutamakan.[9]

Mashima membeberkan jadwal mingguannya untuk membuat bab individu Fairy Tail pada tahun 2008. Naskah dan papan cerita ditulis pada hari Senin, sketsa kasar pada hari berikutnya, kemudian menggambar dan proses penintaan dilakukan sejak hari Rabu hingga Jumat. Waktu di akhir pekan didedikasikan untuk Monster Hunter Orage, seri manga bulanan yang ditulis Mashima pada saat yang sama dengan Fairy Tail. Ia biasanya baru memikirkan cerita untuk bab-bab baru saat mengerjakan bab yang sekarang. Mashima memiliki enam asisten pada tahun 2008 yang bekerja di area seluas 8.000 kaki persegi dengan tujuh meja, serta sofa dan TV untuk permainan video.[10] Pada tahun 2011, dia menyatakan bahwa dirinya bekerja enam hari seminggu, selama 17 jam sehari.[11]

Untuk karakter dari manga ini, Mashima mengambil inspirasi dari orang-orang yang dikenalnya dalam hidupnya. Dalam membangun hubungan ayah-anak antara Natsu dan Igneel, Mashima menyebut kematian ayahnya ketika dirinya masih kecil sebagai salah satu yang mempengaruhinya.[12] Penyakit mual naik kendaraan Natsu terinspirasi pada salah satu temannya, yang jatuh sakit ketika mereka naik taksi bersama. Ketika menamai sang karakter utama, dia berpikir bahwa nama-nama fantasi ala barat akan asing bagi penggemar dan penonton di Jepang, jadi dia menggunakan nama Jepang untuk musim panas, yaitu Natsu.[10] Mashima mendasarkan aspek-aspek lucu dari Fairy Tail dalam kehidupan sehari-hari dan lelucon yang dibuat oleh asistennya.[12]

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Ditulis dan diilustrasikan oleh Hiro Mashima, Fairy Tail dimuat berseri di dalam majalah manga Weekly Shōnen Magazine sejak tanggal 23 Agustus 2006 hingga 26 Juli 2017.[13][14] 545 bab dibundel dan diterbitkan menjadi 63 volume tankōbon oleh Kodansha sejak tanggal 15 Desember 2006 hingga 26 Desember 2017.[15][16] Sebuah halaman khusus di Weekly Shōnen Magazine yang menampilkan cerita crossover antara Fairy Tail dengan Flunk Punk Rumble, dirilis pada tahun 2008. Buku penggemar resmi berjudul Fairy Tail+, dirilis pada tanggal 17 Mei 2010 di Jepang. Cerita crossover bersama seri manga pertama karya Mashima, Rave, diterbitkan pada tahun 2011.[17] Sebuah edisi khusus Weekly Shōnen Magazine, yang diterbitkan pada tanggal 19 Oktober 2013, menampilkan cerita crossover pendek antara Fairy Tail dan Seven Deadly Sins karya Nakaba Suzuki. Kedua mangaka saling menggambar yonkoma (komik empat panel) dari manga milik rekan sejawat masing-masing.[18] Bab cerita crossover antara kedua manga tersebut dimuat dalam edisi gabungan 4/5 untuk majalah ini pada tahun 2014, yang diterbitkan pada tanggal 25 Desember 2013.[19] Sebuah manga berjumlah dua volume bertajuk Fairy Tail S, yang terdiri dari beberapa cerita pendek karya Mashima yang pada awalnya dimuat dalam berbagai majalah manga Jepang selama bertahun-tahun, diterbitkan pada tanggal 16 September 2016.[20][21]

Manga ini telah dilisensi untuk diterbitkan dalam bahasa Inggris di Amerika Utara oleh Del Rey Manga.[22] Del Rey menerbitkan volume pertama Fairy Tail pada tanggal 25 Maret 2008 dan terus berlanjut hingga perilisan volume 12 pada bulan September 2010. Setelah Del Rey Manga berhenti beroperasi,[23] Kodansha USA mengambil alih lisensinya dan mulai menerbitkan volume-volume Fairy Tail sejak bulan Mei 2011.[24] 61 volume telah diterbitkan dalam bahasa Inggris. Kodansha USA mulai menerbitkan manga Fairy Tail versi omnibus yang lebih besar pada bulan November 2015. Bertajuk Fairy Tail: Master's Edition, setiap edisinya terdiri dari lima volume berukuran standar.[25] Mereka menerbitkan volume pertama Fairy Tail S: Tales from Fairy Tail pada tanggal 24 Oktober 2017.[26]

Manga ini juga telah dilisensikan di negara-negara berbahasa Inggris lainnya. Di Britania Raya, Fairy Tail diterbitkan oleh Turnaround Publisher Services.[27] Di Australia dan Selandia Baru, manga ini diterbitkan oleh Penguin Books Australia.[28]

Tujuh seri manga spin-off yang didasarkan dari Fairy Tail telah diterbitkan. Dua manga pertama—Fairy Tail Zero oleh Mashima dan Fairy Tail: Ice Trail oleh Yūsuke Shirato—dirilis bersama dengan peluncuran majalah bulanan bertajuk Monthly Fairy Tail Magazine pada tanggal 17 Juli 2014,[29] dan berakhir pada edisi terakhir dari majalah tersebut yang diterbitkan pada tanggal 17 Juli 2015.[30] Manga ketiga, yang berjudul Fairy Tail Blue Mistral oleh Rui Watanabe, dimuat dalam majalah khusus manga shōjo milik Kodansha, Nakayoshi, sejak tanggal 2 Agustus 2014 hingga 1 Desember 2015,[31] sedangkan yang lainnya, Fairy Girls oleh Boku, dimuat dalam majalah Magazine Special Kodansha sejak tanggal 20 November 2014 hingga 20 Agustus 2015.[32] Kyōta Shibano membuat sebuah manga tiga bagian berjudul Fairy Tail Side Stories, yang diluncurkan pada aplikasi ponsel mingguan gratis Kodansha, Magazine Pocket.[33] Manga tersebut dimulai pada tahun 2015 dan diawali dengan kisah Twin Dragons of Saber Tooth sejak tanggal 30 Juli hingga 4 November,[34] dilanjutkan dengan Rhodonite sejak tanggal 18 November 2015 hingga 30 Maret 2016,[35] dan diakhiri dengan Lightning Gods pada tahun 2016 sejak tanggal 4 Mei hingga 14 September.[36] Pada tanggal 5 April 2018, Mashima menyatakan bahwa dirinya telah "memutuskan untuk membuat sebuah komik spin-off dan manga spin-off lain sebagai sekuel untuk Fairy Tail."[37] Pada tanggal 25 Juli 2018, sebuah manga sekuel berjudul Fairy Tail 100 Years Quest dirilis pada aplikasi Magazine Pocket milik Kodansha, disupervisi oleh Mashima dan diilustrasikan oleh Atsuo Ueda.[38][39] Manga spin-off lainnya, Fairy Tail: Happy Adventure oleh Kenshirō Sakamoto, dirilis pada tanggal 26 Juli dalam aplikasi yang sama.[39] Pada tanggal 27 Juni 2018, Mashima mengumumkan manga spin-off lainnya, dengan judul awal Fairy Tail City Hero, yang ditulis dan digambar oleh Ushio Andō.[40]

Fairy Tail Zero, Ice Trail, Blue Mistral, Fairy Girls, dan ketiga cerita dari seri Side Stories telah dilisensi untuk diterbitkan dalam bahasa Inggris oleh Kodansha USA.[41][42][43][44][45][46][47][48]

Anime[sunting | sunting sumber]

Staf dan pengisi suara Funimation dari anime Fairy Tail pada acara New York Comic Con 2011, dari kiri ke kanan: Todd Haberkorn (Natsu), Cherami Leigh (Lucy), Colleen Clinkenbeard (Erza), Newton Pittman (Gray), dan Tyler Walker (direktur ADR).

A-1 Pictures, Dentsu Entertainment, dan Satelight memproduksi versi adaptasi anime dari manga ini. Anime tersebut, yang juga berjudul Fairy Tail dan disutradarai oleh Shinji Ishihara, ditayangkan perdana di saluran TV Tokyo pada tanggal 12 Oktober 2009.[49] Musim pertama berakhir pada tanggal 30 Maret 2013,[1] dan pemutaran ulang mulai tayang pada tanggal 4 April 2013 dengan nama Fairy Tail Best!.[50] Empat puluh satu volume DVD yang masing-masing berisi empat episode telah dirilis.[51] Saluran televisi asal Asia Tenggara, Animax Asia, menayangkan anime Fairy Tail dalam bahasa Inggris.[52][53] Pada tanggal 18 Januari 2011, distributor anime Inggris Manga Entertainment mengumumkan pada akun Twitter mereka bahwa perusahaan tersebut akan merilis seri anime Fairy Tail dalam format dwibahasa pada akhir tahun.[54] Pada tanggal 21 April 2011, mereka memastikan bahwa volume pertama berisi 12 episode akan dirilis pada bulan Februari 2012;[55] tetapi, mereka kemudian mengumumkan bahwa volume pertamanya akan dirilis pada tanggal 5 Maret 2012.[56] Pada tahun 2011, distributor anime Amerika Utara Funimation Entertainment mengumumkan bahwa mereka telah memperoleh hak atas musim pertama dari seri anime Fairy Tail yang masih berlangsung.[57] Fairy Tail mulai ditayangkan di televisi Amerika Utara sejak tanggal 22 November 2011 di Funimation Channel.[58] Anime tersebut juga dilisensi oleh Madman Entertainment, yang menyiarkannya secara serentak pada plaftorm AnimeLab untuk wilayah Australia dan Wilayah Selandia Baru Melanesia (Fiji, Papua Nugini, Kepulauan Solomon dan Vanuatu), Wilayah Polinesia (Kepulauan Cook, Niue, Samoa, Tonga, dan Tuvalu).[59] Funimation Entertainment mengumumkan bahwa bagian kesembilan akan dirilis dalam format DVD/Blu-ray pada tanggal 25 Maret 2014.[60]

Pada tanggal 4 Maret 2013, Mashima mengumumkan melalui akun Twitter miliknya bahwa seri anime Fairy Tail masih belum berakhir,[50] dan memastikan pada tanggal 11 Juli bahwa anime sekuel berupa musim kedua sudah mendapat lampu hijau.[61] Musim kedua secara resmi dikonfirmasi di Weekly Shonen Magazine pada tanggal 28 Desember 2013 dengan bab edisi khusus.[62][63] Musim kedua diproduksi oleh A-1 Pictures dan Bridge, menampilkan karakter yang didesain oleh Shinji Takeuchi. Para pengisi suara dari musim pertama juga kembali berpartisipasi bersama dengan sutradara Shinji Ishihara dan penulis skenario Masashi Sogo.[62] Situs web resmi untuk musim kedua diluncurkan pada tanggal 7 Januari 2014.[64][65] Musim kedua ditayangkan di TV Tokyo pada tanggal 5 April 2014, dan ditayangkan secara simulcast oleh Funimation Entertainment.[66][67] Musim kedua berakhir tayang pada tanggal 26 Maret 2016.[68] Pada tanggal 22 Maret 2016, Mashima mengumumkan melalui Twitter bahwa musim berikutnya untuk anime Fairy Tail sedang dalam proses pengerjaan.[69] Pada tanggal 20 Juli 2017, Mashima mengumumkan di Twitter bahwa musim terakhir untuk Fairy Tail akan tayang pada tahun 2018.[70] Musim terakhir Fairy Tail ditayangkan sejak tanggal 7 Oktober 2018 hingga 29 September 2019.[5][6][71] A-1 Pictures, CloverWorks, dan Bridge telah dikonfirmasi untuk memproduksi dan menganimasikan musim terakhir ini.[72][73] yang direncanakan untuk tayang sebanyak 51 episode.[2]

Animasi video orisinal[sunting | sunting sumber]

Sembilan animasi video orisinal (OVA) dari Fairy Tail telah diproduksi dan dirilis dalam bentuk DVD oleh A-1 Pictures dan Satelight, masing-masing dibundel dengan sebuah volume tankōbon edisi terbatas dari manga. OVA pertama, "Welcome to Fairy Hills!!",[JP 1] merupakan versi adaptasi dari omake Fairy Tail dengan nama yang sama, dan dirilis bersama dengan volume 26 pada tanggal 15 April 2011. Yang kedua, "Fairy Academy: Yankee-kun and Yankee-chan",[JP 2] juga merupakan adaptasi dari omake dengan nama yang sama, dan dirilis bersama dengan volume 27 pada tanggal 17 Juni 2011.[74] Yang ketiga, "Memory Days"[JP 3] dirilis bersama dengan volume 31 pada tanggal 17 Februari 2012,[75] dan menampilkan cerita asli yang ditulis oleh pencipta manga ini, Hiro Mashima.[76] Yang keempat, "Fairies' Training Camp", dibuat berdasarkan bab ke-261 dari manga, dan dirilis bersama dengan Volume 35 pada tanggal 16 November 2012. Yang kelima, "Exciting Ryuzetsu Land",[JP 4] dibuat berdasarkan bab ke-298 dari manga dan dirilis bersama dengan Volume 38 pada tanggal 17 Juni 2013. OVA yang keenam, berjudul "Fairy Tail x Rave"[JP 5] adalah adaptasi dari omake dengan nama yang sama dan dirilis pada tanggal 16 Agustus 2013, bersama dengan volume 39 dari manga.[77]

Film[sunting | sunting sumber]

Sebuah film anime adaptasi dari Fairy Tail, berjudul Fairy Tail the Movie: Phoenix Priestess, dirilis pada tanggal 18 Agustus 2012.[78] Film tersebut disutradarai oleh Masaya Fujimori, dan skenarionya ditulis oleh Masashi Sogo yang juga staf anime. Hiro Mashima selaku pencipta manga ini, turut terlibat sebagai perencana cerita untuk film dan desainer untuk karakter-karakter tamu yang muncul dalam film.[79] Untuk mempromosikan film, Mashima menggambar manga prolog berjumlah 30 halaman bertajuk "The First Morning",[80] yang dibundel dengan tiket untuk film.[81] DVD-nya dibundel dalam edisi khusus volume 36 dari manga pada tanggal 13 Februari 2013. Isinya termasuk sebuah adaptasi anime "Hajimari no Asa" sebagai sebuah bonus ekstra.[82] Film tersebut ditayangkan di Animax Asia pada tanggal 23 Maret 2013.[83] Funimation juga telah melisensi hak distribusi atas film tersebut di Amerika Utara.[84] Versi berbahasa Inggris mulai tayang di Nan Desu Kan pada tanggal 13 September 2013, dan dirilis dalam bentuk Blu-ray/DVD pada tanggal 10 Desember 2013.[85]

Film anime kedua diumumkan pada tanggal 15 Mei 2015.[86] Pada tanggal 31 Desember 2016, diumumkan bahwa judul resmi dari film tersebut adalah Fairy Tail: Dragon Cry, yang dirilis pada tanggal 6 Mei 2017 di Jepang.[87]

Permainan video[sunting | sunting sumber]

Sebuah permainan video bergenre laga untuk PlayStation Portable, bertajuk Fairy Tail: Portable Guild,[JP 6] diluncurkan di Tokyo Game Show tahun 2009.[88][89] Permainan ini dikembangkan oleh Konami Examu Games inc. dan dirilis pada tanggal 3 Juni 2010. Dua sekuel dari Portable Guild juga telah dirilis untuk PlayStation Portable—yang pertama, bertajuk Portable Guild 2, dirilis pada tanggal 10 Maret 2011; yang kedua, Fairy Tail: Zeref Awakens,[JP 7] dirilis pada tanggal 22 Maret 2012. Dua permainan tarung, Fairy Tail: Fight! Wizard Battle,[JP 8] dan Fairy Tail: Attack! Kardia Cathedral,[JP 9] dirilis untuk Nintendo DS pada tanggal 22 Juli 2010 dan 21 April 2011, secara berurutan.[90] Karakter Natsu dan Lucy juga muncul dalam permainan video crossover berjudul Sunday VS Magazine: Shūketsu! Chōjō Daikessen sebagai karakter yang dapat dimainkan.[91] Pada tahun 2016, permainan peramban web yang dikembangkan oleh GameSamba berjudul Fairy Tail: Hero's Journey diumumkan akan dibuka untuk pengujian beta tertutup.[92] Pada tanggal 5 September 2019, diumumkan bahwa permainan video role-play yang dikembangkan oleh Gust Co. Ltd. dan diterbitkan oleh Koei Tecmo akan dirilis untuk plaftorm PlayStation 4, Nintendo Switch, dan Steam pada tanggal 19 Maret 2020 di seluruh dunia.[93] Perilisan permainan tersebut kemudian ditunda menjadi tanggal 25 June.[94]

Audio[sunting | sunting sumber]

Musik untuk seri anime Fairy Tail diciptakan dan diaransemen oleh Yasuharu Takanashi. Empat CD soundtrack asli telah dirilis, yang berisi musik dari anime: volume soundtrack perdana dirilis pada tanggal 6 Januari 2010,[95] volume kedua pada tanggal 7 Juli 2010,[96] volume soundtrack ketiga pada tanggal 6 Juli 2011,[97] dan volume soundtrack keempat pada tanggal 20 Maret 2013.[98] Beberapa singel lagu karakter juga diproduksi. Singel pertama, menampilkan Tetsuya Kakihara (Natsu) dan Yuichi Nakamura (Gray) dirilis pada tanggal 17 Februari,[99] sedangkan singel kedua, menampilkan Aya Hirano (Lucy) dan Rie Kugimiya (Happy), dirilis pada tanggal 3 Maret 2010.[100] Album lagu karakter lainnya, bertajuk "Eternal Fellows," dirilis pada tanggal 27 April 2011. Dua lagu dari album ini, yang dinyanyikan oleh para pengisi suara dari seri anime, yaitu Tetsuya Kakihara (Natsu) dan Aya Hirano (Lucy), digunakan untuk kedua OVA sebagai lagu tema pembuka dan penutup, secara berurutan. Lagu lain dari volume ini dinyanyikan oleh Yuichi Nakamura (Gray), Sayaka Ohara (Erza), Satomi Satō (Wendy), Wataru Hatano (Gajeel), dan sebuah lagu duet oleh Rie Kugimiya (Happy) dan Yui Horie (Carla).[101]

Sebuah program radio internet mulai mengudara di Stasiun Radio HiBiKi pada tanggal 11 Februari 2012, menampilkan pengisi suara Tetsuya Kakihara (Natsu) dan Mai Nakahara (Juvia) sebagai pembawa acara radio tersebut.[102]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Hingga bulan Februari 2020, manga Fairy Tail telah terjual sebanyak 72 juta kopi dalam sirkulasi.[103] Menurut Oricon, Fairy Tail adalah seri manga terlaris kedelapan di Jepang untuk tahun 2009,[104] terbaik keempat pada tahun 2010 dan 2011,[105][106] terbaik kelima pada tahun 2012,[107] turun ke posisi sembilan pada tahun 2013,[108] turun lagi di posisi ke-17 pada tahun 2014,[109] dan berada di posisi ke-15 untuk tahun 2015.[110] Volume 5 dari manga Fairy Tail menduduki peringkat ketujuh dalam daftar sepuluh manga teratas, dan sekali lagi menempati peringkat ketujuh setelah volume 6 dirilis.[111] Deb Aoki dari About.com menilai Fairy Tail sebagai Manga Shōnen Baru Terbaik tahun 2008.[112] Fairy Tail juga memenangkan Penghargaan Manga Kodansha untuk kategori manga shōnen.[113] Pada Penghargaan Industri untuk Perhimpunan untuk Promosi Animasi Jepang tahun 2009, para penyelenggara Anime Expo menganugerahi Fairy Tail sebagai Manga Komedi Terbaik.[114] Volume 9 dari manga ini juga dinominasikan dalam kategori Pilihan Anak pada Festival Komik Internasional Angoulême tahun 2010.[115]

Ketika mengulas volume pertama, Carl Kimlinger dari Anime News Network merasa Fairy Tail mengikuti pakem standar dari manga shōnen bertema laga, menyebutkan bahwa "campuran humor yang konyol, aksi laga yang menarik, dan adegan yang dapat membuat air mata berlinang dibuat dengan sangat teratur".[116] Carlo Santos, juga dari Anime News Network, setuju dalam ulasannya untuk volume 3; ia memberikan ulasan positif untuk gambar, terutama pada adegan laga, tetapi menilai kurangnya plot cerita dan pengembangan karakter.[117] Pada volume 12 Santos menyebut bahwa bakat Mashima yang sebenarnya terletak pada bagaimana caranya "mengambil aspek yang paling standar dan dapat diprediksi dari genre ini [fantasi], dan entah bagaimana masih bisa mengolahnya menjadi petualangan yang menyenangkan dan memompa semangat".[118]

Kimlinger beserta koleganya, Rebecca Silverman, dan A.E. Sparrow dari IGN merasa bahwa gambar karya Mashima memiliki kemiripan dengan Eiichiro Oda di One Piece.[119] Jika Sparrow menggunakan perbandingan ini sebagai pujian dan mengatakan bahwa gambar karya Mashima punya kualitas tersendiri, Kimlinger mengatakan bahwa fakta ini membuatnya sulit untuk mengapresiasi "kemampuan teknis yang tidak terbantahkan" milik Mashima.[116][120]

Anime[sunting | sunting sumber]

Seri anime-nya juga menerima respon positif dari para kritikus dan penonton. Di Asia Tenggara, Fairy Tail memenangkan penghargaan "Anime Terbaik Tahun Ini" dari Animax Asia pada tahun 2010.[121] Pada tahun 2012, serial anime ini memenangkan penghargaan "Meilleur Anime Japonais" (anime Jepang terbaik) dan penghargaan dub bahasa Prancis terbaik pada Anime & Manga Grand Prix ke-19 di Paris, Prancis.[122]

Saat mengulas volume DVD perdana dari Funimation Entertainment, Carlo Santos dari Anime News Network memuji visual, karakter, dan alih suara bahasa Inggrisnya, begitu pula dengan karakter pendukung melalui pendekatan komedi mereka. Namun, Santos mengkritik musik latar belakang dan animasi CGI dari anime ini.[123] Dalam ulasannya untuk volume 2, Santos juga memuji pengembangan dari jalan cerita "yang lebih substansial," namun juga mengkritik animasi yang tidak konsisten dan material yang tidak ada pada versi manga-nya.[124] Dalam ulasannya untuk volume 3, Santos memuji pengembangan jalan cerita dan animasinya, serta mengatakan volume ini "akhirnya menunjukkan bahwa seri [anime] ini telah memenuhi potensinya."[125] Dalam ulasannya untuk volume 4 dan 6, Santos memuji pola jalan cerita yang memiliki corak tersendiri, meskipun mengatakan bahwa "kejutan-kejutan tertentu dalam cerita [...] menjaga adegan pertarungan agar tidak terlalu membosankan," tetapi menyebut hasilnya "dapat diprediksi".[126][127][127]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ ようこそフェアリーヒルズ!! Yōkoso Fearī Hiruzu
  2. ^ 妖精学園 ヤンキー君とヤンキーちゃん Yōsei Gakuen: Yankī-kun to Yankī-chan
  3. ^ メモリーデイズ Memorī Deizu
  4. ^ ドキドキ・リュウゼツランド Dokidoki Ryuzetsu Rando
  5. ^ フェアリーテイル x レイヴ Fearī Teiru x Reivu
  6. ^ フェアリーテイル ポータブルギルド Fearī Teiru: Pōtaburu Girudo
  7. ^ フェアリーテイル ゼレフ覚醒 Fearī Teiru: Zerefu Kakusei
  8. ^ フェアリーテイル 激闘! 魔道士決戦 Fearī Teiru: Gekitō! Madōshi Kessen
  9. ^ フェアリーテイル 激突! カルディア大聖堂 Fearī Teiru: Gekitotsu! Karudia Daiseidō

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Fairy Tail Anime's TV Run to End on March 30". Anime News Network. 2 Maret 2013. Diakses tanggal 23 Maret 2013. 
  2. ^ a b c Ressler, Karen (10 Desember 2018). "Fairy Tail: Final Season Anime Listed With Planned 51 Episodes". Anime News Network. Diakses tanggal 10 Desember 2018. 
  3. ^ a b Loo, Egan (27 Juli 2019). "Fairy Tail TV Anime Confirmed to End in 328th Episode". Anime News Network. Diakses tanggal 27 Juli 2019. 
  4. ^ a b Menurut Catatan Terjemahan Fairy Tail Volume 2 terbitan Del Rey, Catatan Umum, Penyihir: Jadi terjemahan ini telah mengambil kata tersebut sebagai inspirasi dan menerjemahkan kata madôshi sebagai "penyihir". Namun arti kata madôshi serupa dengan kata-kata Jepang yang telah dipinjam oleh bahasa Inggris, seperti judo (cara hidup lunak) dan kendo (cara hidup sebuah pedang). Madô sendiri merupakan cara hidup sihir, dan madôshi berarti mereka yang mengikuti cara hidup sihir. Jadi meskipun kata "penyihir" digunakan dalam percakapan aslinya, seorang pembaca Jepang kemungkinan besar tidak akan berpikir tentang para penyihir tradisional Barat seperti Merlin atau Gandalf, tetapi kepada seniman bela diri.
  5. ^ a b "Hiro Mashima: 'Final Season' of Fairy Tail TV Anime to Premiere this Fall". Anime News Network. 5 April 2018. Diakses tanggal 5 April 2018. 
  6. ^ a b "Final Fairy Tail TV Anime Reveals Visual, October 7 Premiere". Anime News Network. 21 Agustus 2018. Diakses tanggal 21 Agustus 2018. 
  7. ^ Mashima, Hiro (2010). "Catatan Terjemahan". Dalam Flanagan, William. Fairy Tail 24. Kodansha. hlm. 175. ISBN 978-1-61262-266-8. Nama Jepang untuk pulau ini adalah Tenrô-jima ("Pulau Surga Serigala"), tetapi Tenrô juga merupakan nama dari rasi Bintang Anjing dari surga, Sirius. 
  8. ^ Mashima, Hiro (2010). "Black Dragon". Dalam Flanagan, William. Fairy Tail 20. Kodansha. hlm. 104. ISBN 978-1-61262-057-2. Misi Seratus Tahun... Maksudmu sebuah misi...yang tidak pernah diselesaikan seorang pun...dalam waktu seratus tahun...?! 
  9. ^ a b c Santos, Carlo (17 Agustus 2008). "Interview: Hiro Mashima". Anime News Network. Diakses tanggal 30 Maret 2014. 
  10. ^ a b c Aoki, Deb. "Interview: Hiro Mashima". The New York Times Company. Diakses tanggal 26 April 2012. 
  11. ^ Hodgkins, Crystalyn (14 Oktober 2011). "Kodansha Comics Panel with Hiro Mashima". Anime News Network. Diakses tanggal 2 Maret 2017. 
  12. ^ a b Cha, Kai-ming (3 Agustus 2008). "Everyday Hiro: Fairy Tail's Mashima at Comic-Con". Publishers Weekly. Diakses tanggal 26 April 2012. 
  13. ^ 創刊時からの作品リスト. Kodansha Comic Plus (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 Desember 2011. Diakses tanggal 8 Januari 2020. 
  14. ^ 真島ヒロ「FAIRY TAIL」11年間休載なしで完結!新作アニメは2018年放送. Comic Natalie (dalam bahasa Jepang). 26 Juli 2017. Diakses tanggal 8 Januari 2020. 
  15. ^ FAIRY TAIL (1) 真島ヒロ. Kodansha Shop (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 September 2009. Diakses tanggal 7 Juli 2009. 
  16. ^ FAIRY TAIL (63) 真島ヒロ. Kodansha Comic Plus (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 17 Agustus 2017. 
  17. ^ "Fairy Tail x Rave Crossover Manga 1-Shot Published". Anime News Network. 20 April 2011. Diakses tanggal 11 November 2013. 
  18. ^ "鈴木央が「FAIRY TAIL」、真島ヒロが「七つの大罪」を執筆". Comic Natalie (dalam bahasa Jepang). 19 Oktober 2013. Diakses tanggal 11 November 2013. 
  19. ^ "Fairy Tail, The Seven Deadly Sins Get Crossover 1-Shot Manga". Anime News Network. 6 Desember 2013. Diakses tanggal 6 Desember 2013. 
  20. ^ "FAIRY TAIL S(1) 真島 ヒロ". Kodansha (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 28 Oktober 2017. 
  21. ^ "FAIRY TAIL S(2) 真島 ヒロ". Kodansha (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 28 Oktober 2017. 
  22. ^ "Del Rey Manga acquires bestselling manga Fairy Tail". activeAnime. 28 Juli 2007. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 September 2007. Diakses tanggal 21 Oktober 2011. 
  23. ^ "Kodansha USA To Take Over Del Rey Titles". Anime News Network. 4 Oktober 2010. Diakses tanggal 21 Januari 2011. 
  24. ^ "Kodansha USA Publisher Take Over of Fairy Tail North American Manga Release". Anime News Network. 12 Desember 2010. Diakses tanggal 5 Desember 2011. 
  25. ^ "Kodansha Comics Schedules "Fairy Tail: Master's Edition" Collection". Crunchyroll. 17 Mei 2015. Diakses tanggal 14 Maret 2017. 
  26. ^ "Fairy Tail S Volume 1 by Hiro Mashima". Random House. Diakses tanggal 28 Oktober 2017. 
  27. ^ "Fairy Tail 1". Turnaround Publisher Services. Diakses tanggal 26 Oktober 2018. [pranala nonaktif permanen]
  28. ^ "Fairy Tail 1". Penguin Books Australia. Diakses tanggal 26 Oktober 2018. 
  29. ^ "Monthly Fairy Tail Magazine to Launch With Fairy Tail Zero Manga". Anime News Network. 30 Maret 2014. Diakses tanggal 10 Agustus 2014. 
  30. ^ "Fairy Tail Zero, Fairy Tail: Ice Trail Spinoff Manga to End in July". Anime News Network. 18 Juni 2015. Diakses tanggal 2 Agustus 2015. 
  31. ^ "Fairy Tail: Blue Mistral Shōjo Spinoff Manga Ends". Anime News Network. 30 November 2015. Diakses tanggal 30 November 2015. 
  32. ^ "Fairy Tail Gets 2 New Manga Spinoffs, Including a Shōjo One". Anime News Network. 28 Juni 2014. Diakses tanggal 10 Agustus 2014. 
  33. ^ "Kodansha Launches 'Magazine Pocket' Manga App With New Fairy Tail, Ace of Diamond Spinoffs". Anime News Network. 2 Agustus 2015. Diakses tanggal 2 Agustus 2015. 
  34. ^ "Fairy Tail Gaiden: Kengami no Sōryū Spinoff Manga Ends". Anime News Network. 14 November 2015. Diakses tanggal 14 November 2015. 
  35. ^ "Fairy Tail's Laxus Dreyar Spinoff Manga Launches". Anime News Network. 4 Mei 2016. Diakses tanggal 4 Mei 2016. 
  36. ^ "Fairy Tail Gaiden: Raigō Issen Spinoff Manga is Last in Fairy Tail Gaiden Series". Anime News Network. 9 September 2016. Diakses tanggal 6 Oktober 2016. 
  37. ^ "Fairy Tail 2018 Release Date, New Manga Sequel Confirmed By Hiro Mashima: New Anime Season Is Final". Inquisitr. 5 April 2018. Diakses tanggal 5 April 2018. 
  38. ^ Sherman, Jennifer (27 Juni 2018). "Hiro Mashima Reveals Fairy Tail City Hero Spinoff Manga". Anime News Network. Diakses tanggal 27 Juni 2018. 
  39. ^ a b Ressler, Karen (25 Juli 2018). "Fairy Tail's Happy Spinoff Manga Launches". Anime News Network. Diakses tanggal 25 Juli 2018. 
  40. ^ Sherman, Jennifer (27 Juni 2018). "Hiro Mashima Reveals Fairy Tail City Hero Spinoff Manga". Anime News Network. Diakses tanggal 27 Juni 2018. 
  41. ^ "Kodansha Comics Adds Hiro Mashima's Fairy Tail Zero Prequel Manga". Anime News Network. 15 November 2015. Diakses tanggal 15 November 2015. 
  42. ^ "Kodansha Comics Adds Fairy Tail Ice Trail, Noragami: Stray Stories Manga". Anime News Network. 29 Agustus 2015. Diakses tanggal 8 November 2015. 
  43. ^ "Kodansha USA Adds Tsubasa: WoRLD CHRoNiCLE, Fairy Tail: Blue Mistral, L DK, Inuyashiki Manga". Anime News Network. 12 Oktober 2015. Diakses tanggal 8 November 2015. 
  44. ^ "Kodansha USA Licenses Maria the Virgin Witch Exhibition, Appleseed α, Fairy Tail Spinoff Manga". Anime News Network. 14 Januari 2015. Diakses tanggal 8 November 2015. 
  45. ^ "Kodansha Comics Adds Interviews with Monster Girls, Fairy Tail: Twin Dragons of Sabertooth, Nekogahara Manga". Anime News Network. 25 Maret 2016. Diakses tanggal 25 Maret 2016. 
  46. ^ "Kodansha Comics Adds Frau Faust, Fairy Tail: Rhodonite, Kigurumi Defense Squad, Aho Girl, Hōseki no Kuni, More Manga". Anime News Network. 6 Oktober 2016. Diakses tanggal 6 Oktober 2016. 
  47. ^ "Kodansha USA Adds The Seven Deadly Sins: Seven Days, Love in Focus, Witch Hat Atelier Manga". Anime News Network. 7 Juli 2018. Diakses tanggal 7 Juli 2018. 
  48. ^ Sherman, Jennifer (13 Maret 2019). "Kodansha Comics, Vertical Add Bakemonogatari, Cells at Work! Code Black, Granblue Fantasy Manga". Anime News Network. Diakses tanggal 4 Desember 2019. 
  49. ^ "Fairy Tail Manga Gets TV Anime Green-Lit for Fall (Updated)". Anime News Network. 26 June 2009. Diakses tanggal 30 Juni 2009. 
  50. ^ a b "Fairy Tail Creator Mashima: Anime Is Not Over Yet". Anime News Network. 6 Maret 2013. Diakses tanggal 17 Maret 2013. 
  51. ^ "あにてれ:FAIRY TAIL". TV Tokyo (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 Juli 2012. Diakses tanggal 30 Juli 2012. 
  52. ^ "Fairy Tail Animax Airdate List". Animax India. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 Januari 2012. Diakses tanggal 30 September 2010. 
  53. ^ "Fairy Tail Season 2". Asia Animax. Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 Februari 2012. Diakses tanggal 10 Februari 2012. 
  54. ^ "Manga UK Adds Fairy Tail, Shikabane Hime: Aka". Anime News Network. 18 Januari 2011. Diakses tanggal 30 Juli 2012. 
  55. ^ @MangaUK (22 April 2011). "Bad news! #FairyTail Vol.1 the first 12 eps won't be out until February. :(" (Tweet). Diakses tanggal 4 Maret 2020 – via Twitter. 
  56. ^ "Manga Releases Fairy Tail in March 2012". Anime News Network. 6 September 2011. Diakses tanggal 5 November 2017. 
  57. ^ "Funimation Adds Fairy Tail, Live-Action Treasure Hunter". Anime News Network. 22 April 2011. 
  58. ^ Funimation Channel [@FUNiChan] (22 November 2011). "Preview Fairy Tail in a special TV debut on 24/7channel @ 8pm et tonight. DVD/Blu-ray on sale now @..." (Tweet). Diakses tanggal 7 Mei 2015 – via Twitter. 
  59. ^ "AnimeLab Simulcast Line-Up For Summer 2015". AnimeLab. Diakses tanggal 14 April 2016. 
  60. ^ "FUNimation Showcases 'Fairy Tail' Part 9 Anime DVD/BD Release". The Fandom Post. 22 Januari 2014. Diakses tanggal 22 Januari 2020. 
  61. ^ "Fairy Tail TV Anime Project Relaunched". Anime News Network. 11 Juli 2013. Diakses tanggal 11 Juli 2013. 
  62. ^ a b ""Fairy Tail" Anime Scheduled for Spring Return". Crunchyroll. 28 Desember 2013. Diakses tanggal 28 Desember 2013. 
  63. ^ "Fairy Tail Anime Returns in April - News". Anime News Network. Diakses tanggal 28 Desember 2013. 
  64. ^ "Site for New "Fairy Tail" Anime Launches". Crunchyroll. 7 Januari 2014. Diakses tanggal 7 Januari 2014. 
  65. ^ "'Fairy Tail' Launches New Anime Site, Twitter Feed". The Fandom Post. 7 Januari 2014. Diakses tanggal 9 Januari 2020. 
  66. ^ "New Fairy Tail TV Anime Slated for April 5". Anime News Network. 28 Februari 2014. Diakses tanggal 8 Maret 2014. 
  67. ^ "FUNimation Announces New "Fairy Tail" Simulcast". Crunchyroll. 3 April 2014. Diakses tanggal 9 April 2014. 
  68. ^ "Fairy Tail To Premiere Final Anime Season In 2018". comicbook/anime. 20 Juli 2017. Diakses tanggal 20 Juli 2017. 
  69. ^ @hiro_mashima (22 Maret 2016). "The good news is that the project, led by myself, for a NEW SERIES has already begun. Please hold tight, and we THANK YOU for your support!!" (Tweet). Diakses tanggal 4 Maret 2020 – via Twitter. 
  70. ^ "Fairy Tail TV Anime Gets 'Final Season' in 2018". Anime News Network. 20 Juli 2017. Diakses tanggal 20 Juli 2017. 
  71. ^ "2018 'Fairy Tail' Season 3 Release Date Confirmed: Season 8 Anime Is 'Final' Says Manga Creator Hiro Mashima". Inquisitr. 5 April 2018. Diakses tanggal 5 April 2018. 
  72. ^ Chris Beveridge (11 April 2018). "Final 'Fairy Tail' Anime Season Detailed". The Fandom Post. Diakses tanggal 11 April 2018. 
  73. ^ "CloverWorks Anime Studio Separates From A-1 Pictures, Remains Subsidiary of Aniplex". Anime News Network. 1 Oktober 2018. Diakses tanggal 1 Oktober 2018. 
  74. ^ "Fairy Tail Manga's 27th Volume to Bundle 2nd Anime DVD". Anime News Network. 17 Februari 2011. 
  75. ^ "特装版「FAIRY TAIL」公式サイト". Kodansha. Diakses tanggal 20 Januari 2012. 
  76. ^ "Fairy Tail Manga Volume 31 to Bundle 3rd New Anime DVD". Anime News Network. 14 September 2011. 
  77. ^ "Fairy Tail Film's Prologue Manga Gets Anime Also". Anime News Network. 15 April 2013. Diakses tanggal 11 Juli 2013. 
  78. ^ "Fairy Tail Adventure Manga Gets Film Next August". Anime News Network. 12 Oktober 2011. 
  79. ^ "Fairy Tail Film's Staff Listed". Anime News Network. 17 November 2011. Diakses tanggal 4 Maret 2020. 
  80. ^ はじまりの朝 Hajimari no Asa
  81. ^ "Fairy Tail Film's Promo Video Highlights Bonus Manga". Anime News Network. 9 Agustus 2012. Diakses tanggal 23 Juni 2013. 
  82. ^ "Fairy Tail Film's Prologue Manga Gets Anime Also". Anime News Network. 26 Oktober 2012. Diakses tanggal 23 Juni 2013. 
  83. ^ "Fairy Tail new season, movie set to premiere on ANIMAX this March". Maret 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 Desember 2013. Diakses tanggal 23 Juni 2013. 
  84. ^ "Funi Adds Seikishi Yamato R, One Piece Strong World, Fairy Tail Film, Akira". Anime News Network. Diakses tanggal 30 Juli 2012. 
  85. ^ "Fairy Tail the Movie Trailer Previews English Dub". Anime News Network. 14 September 2013. Diakses tanggal 15 September 2013. 
  86. ^ "Fairy Tail Manga Gets 2nd Anime Film". Anime News Network. 15 Mei 2015. Diakses tanggal 22 Mei 2015. 
  87. ^ "Fairy Tail Manga Is Already in 'Last Arc,' 60 Million Copies in Print". Anime News Network. 21 Februari 2017. Diakses tanggal 23 Februari 2017. 
  88. ^ "Tokyo Game Show 2009 Konami Special Site". Konami. Diarsipkan dari versi asli tanggal 26 November 2009. Diakses tanggal 21 Oktober 2011. 
  89. ^ Yip, Spencer (8 April 2010). "Only Two Months Until Fairy Tail: Portable Guild". Siliconera. Diakses tanggal 9 April 2010. 
  90. ^ "あにてれ:FAIRY TAIL". TV Tokyo (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 Oktober 2011. Diakses tanggal 18 Oktober 2011. 
  91. ^ "サンデー VS マガジン 集結! 頂上大決戦:Sunday VS Magazine: Shūketsu! Chōjō Daikessen". Konami (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 22 Januari 2012. 
  92. ^ "'Fairy Tail: Hero's Journey' beta sign-up now open". Anime News Network. 29 September 2016. Diakses tanggal 8 Maret 2018. 
  93. ^ "Fairy Tail game launches March 19, 2020". Gematsu. 30 November 2019. Diakses tanggal 4 Maret 2020. 
  94. ^ Sherman, Jennifer (6 Februari 2020). "Fairy Tail RPG Delayed to June 25 in Japan, N. America, Europe". Anime News Network. Diakses tanggal 7 Februari 2020. 
  95. ^ "Fairy Tail Original Soundtrack Vol.1". CD Japan. Diakses tanggal 18 Juli 2010. 
  96. ^ "Fairy Tail Original Soundtrack Vol.2". CD Japan. Diakses tanggal 18 Juli 2010. 
  97. ^ "Fairy Tail Original Soundtrack Vol. 3". CD Japan. Diakses tanggal 6 Juli 2011. 
  98. ^ "Fairy Tail Original Soundtrack Vol.4". CD Japan. Diakses tanggal 23 Maret 2013. 
  99. ^ "Fairy Tail Character Song Collection Vol.1 Natsu & Gray". CD Japan. Diakses tanggal 18 Juli 2010. 
  100. ^ "Fairy Tail Character Song Collection Vol.2 Lucy & Happy". CD Japan. Diakses tanggal 18 Juli 2010. 
  101. ^ "Fairy Tail Character Song Album". CD Japan. Diakses tanggal 30 Januari 2011. 
  102. ^ "番組紹介:FAIRY TAIL Webラジオ『魔導士ギルド放送局 やりすぎソーサラー!』". hibiki-radio.jp/ (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 24 Januari 2012. 
  103. ^ 迷ったら読者を取れ――漫画家・真島ヒロを「仕事の鬼」に変えたクリエイティブの原点. Livedoor News (dalam bahasa Jepang). 28 Februari 2020. Diakses tanggal 28 Februari 2020. 
  104. ^ "2009's Top-Selling Manga in Japan, by Series". Anime News Network. 4 Desember 2009. Diakses tanggal 30 November 2015. 
  105. ^ "Top-Selling Manga in Japan by Series: 2010". Anime News Network. 30 November 2010. Diakses tanggal 30 November 2015. 
  106. ^ "Top-Selling Manga in Japan by Series: 2011". Anime News Network. 30 November 2011. Diakses tanggal 30 November 2015. 
  107. ^ "10 Top-Selling Manga in Japan by Series: 2012". Anime News Network. 2 Desember 2012. Diakses tanggal 30 November 2015. 
  108. ^ "Top-Selling Manga in Japan by Series: 2013". Anime News Network. 1 Desember 2013. Diakses tanggal 30 November 2015. 
  109. ^ "Top-Selling Manga in Japan by Series: 2014". Anime News Network. 30 November 2014. Diakses tanggal 30 November 2015. 
  110. ^ "Top-Selling Manga in Japan by Series: 2015". Anime News Network. 29 November 2015. Diakses tanggal 30 November 2015. 
  111. ^ "Tohan's top 10 manga rankings". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 Juli 2007. Diakses tanggal 25 Juli 2007. 
  112. ^ Aoki, Deb. "2008 Best New Manga". About.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 Januari 2013. Diakses tanggal 20 Agustus 2009. 
  113. ^ "33rd Annual Kodansha Manga Awards Announced". Anime News Network. Diakses tanggal 15 Mei 2009. 
  114. ^ "Anime Expo 2009 Rides on a High for its Second Day in Los Angeles". Society for the Promotion of Japanese Animation. Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 Juli 2010. Diakses tanggal 7 September 2018. 
  115. ^ "Manga Nominated for Awards at Angouleme Comic Fest". Anime News Network. 8 Desember 2009. Diakses tanggal 30 November 2015. 
  116. ^ a b Kimlinger, Carl (28 Mei 2008). "Fairy Tail GN 1 - Review". Anime News Network. Diakses tanggal 30 November 2015. 
  117. ^ Santos, Carlo (20 Juli 2008). "Fairy Tail GN 3 - Review". Anime News Network. Diakses tanggal 30 November 2015. 
  118. ^ Santos, Carlo (2 Oktober 2010). "Fairy Tail GN 12 - Review". Anime News Network. Diakses tanggal 30 November 2015. 
  119. ^ Silverman, Rebecca (3 Juli 2011). "Fairy Tail GN 13 - Review". Anime News Network. Diakses tanggal 30 November 2015. 
  120. ^ Sparrow, A.E. (27 Mei 2008). "Fairy Tail: Vol. 1 and 2 Review". IGN. Diakses tanggal 30 November 2015. 
  121. ^ Animax Asia (12 Desember 2010). "The moment you've been waiting for. The Animax Anime of the Year as voted by you is...(drumroll)... Fairy Tail! We will be sharing a special thank-you video by Natsu voice actor Kakihara Tetsuya on Animax website and TV really soon. Fans of Fairy Tail can also catch the rerun on Animax early next year". Facebook. Diakses tanggal 7 Mei 2015. 
  122. ^ "ANIME NEWS: 'Fairy Tail' takes top award at Paris grand Prix". Asahi Shimbun. 5 Mei 2012. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 Oktober 2013. Diakses tanggal 28 September 2018. 
  123. ^ Santos, Carlo (13 Desember 2011). "Fairy Tail Blu-Ray + DVD 1 Review". Anime News Network. Diakses tanggal 13 Desember 2011. 
  124. ^ Santos, Carlo (2 Januari 2012). "Fairy Tail Blu-Ray + DVD 2 Review". Anime News Network. Diakses tanggal 4 Januari 2012. 
  125. ^ Santos, Carlo (15 Februari 2012). "Fairy Tail Blu-Ray + DVD 3 Review". Anime News Network. Diakses tanggal 15 Maret 2012. 
  126. ^ Santos, Carlo (4 Agustus 2012). "Fairy Tail Blu-Ray + DVD 4 Review". Anime News Network. Diakses tanggal 27 September 2013. 
  127. ^ a b Santos, Carlo (23 September 2012). "Fairy Tail Blu-Ray + DVD 6 Review". Anime News Network. Diakses tanggal 27 September 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]