F.E.A.R. 2: Project Origin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
F.E.A.R. 2: Project Origin
Publikasi
10 Februari 2009
GenrePsychological horror, First-person shooter
Bahasa
Karakteristik teknis
PlatformXbox 360, PlayStation 3 dan Windows
MesinLithTech
Modepermainan video multipemain dan Permainan video pemain tunggal
Formatcakram optis, distribusi digital dan unduhan digital
Metode inputpapan tombol komputer, tetikus dan gamepad
Format kode
Daftar
  • 30
Informasi pengembang
PengembangMonolith Productions
PenyuntingWarner Bros. Interactive Entertainment
DesainerNathan Hendrickson
Peter Wyse
John Zuur Platten[1]
PenerbitSteam, GOG.com dan PlayStation Store
Penilaian
ESRB
enllaç=d:Q14864331
PEGI
enllaç=d:Q14915517
USK
enllaç=d:Q14920394
CERO
enllaç=d:Q14870298
Informasi tambahan
MobyGamesfear-2-project-origin dan fear-2-project-origin-limited-edition
Steam16450
Portal permainan video
Sunting di Wikidata • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini


F.E.A.R. 2:Project Origin adalah permainan video bergenre pysycology FPS horror, dikembangkan oleh Monolith dan diterbitkan oleh Warner Bros Inc. Games untuk PS3, PC, dan Xbox 360. Sekuel dari F.E.A.R. yang diriliskan pada tanggal 10 Februari 2009.

Gameplay[sunting | sunting sumber]

F.E.A.R. 2 menggunakan engine Lithtech: Jupiter EX dengan menggunakan bermacam-macam senjata dan Slow-Mo ala film The Matrix yang memperlambat pergerakan atau serangan musuh Player akan menggunakan Prajurit Delta Force Operative bernama, Michael Becket dimana Alma Wade membunuh Becket. Becket bisa menggunakan bermacam-macam senjata dan bisa menggunakan EPA(Elite Powered Armour). Becket dapat mengumpulkan beberapa item termasuk, Armour, Kotak First Aid, Intel Musuh, dan Suntikan Slow-Mo. untuk memperluas kekuatan Slow-Mo. Becket juga bisa menghancurkan beberapa barang untuk melindung dirinya dari tembakan musuh. Becket juga bisa menggunakan granat, dan lain-lain. Di DLC F.E.A.R. 2: Reborn, engine masih menggunakan Lithtech: Jupiter EX pemain menggunakan Foxtrot 813, Prajurit robot Replica. 813 juga bisa menggunakan Slow-Mo dan macam-macam senjata. F.E.A.R. 2: Project Origin dan F.E.A.R. 2 Reborn mempunyai cirihas yg sama, tetapi cerita yg berbeda.

Plot: Project Origin[sunting | sunting sumber]

Permainan dimulai 30 menit sebelum akhir dari seri pertama, sebuah tim Delta Force diterjunkan untuk menangkap Genevieve Aristide, presiden dari Armacham Technology Corporation (ATC) dan membawanya sebagai tahanan yang dilindungi, karena dikhawatirkan para petinggi ATC mungkin berencana untuk membunuhnya agar dia tetap "diam", ti yang diturunkan terdiri dari Sertu Griffin, SFC Keegan, Sersan Jankowski, Sersan Morales, Sersan Becket (karakter pemain), Kopral Fox, dan petugas komunikasi Lettu Stokes.


Saat diterjunkan di penthouse milik Aristide, tim tersebut disergap oleh pasukan khusus ATC dan sejak awal misi, Becket mulai mengalami halusinasi yang melibatkan Alma Wade (antagonis "dibalik layar" dari serial F.E.A.R). saat masuk ke apartemen Aristide, Becket menemukan data mengenai proyek ATC bernama "Harbinger" yang kelihatannya melibatkan dirinya dan rekan satu tim nya, dimana dalam data tersebut berisi "penilaian Paragon" dan "potensi telesthetic" dimana nilai Becket lebih tinggi daripada kandidat lain "selain dari purwarupa Origin", beberapa saat setelah Becket menemukan Aristide, Point Man (protagonis dari F.E.A.R pertama) meledakkan fasilitas Origin, dimana efek ledakan membuat Becket pingsan.


Dia kemudian terbangun di sebuah rumah sakit, dan RS itupun diserang oleh pasukan rahasia, Becket pun mendapati bahwa dirinya, Stokes dan Griffin telah menjalani operasi "Pengaktifan" dan disiapkan untuk "Penyelarasan", diapun dihubungi oleh seseorang yang menyebut dirinya sebagai "Snake Fist" yang mengatakan bahwa dia akan membantu mereka melarikan diri dan menghancurkan Alma. Becket kemudian bertemu dengan Aristide, yang mengatakan kepadanya bahwa dia harus masuk ke Telesthetic Attunement Chamber (TAC) jika dia ingin mengalahkan Alma. saat berada ditengah prosedur penyelarasan, laboratorium itupun diserang dan Becket menyaksikan beberapa tim pasukan rahasia dibunuh oleh tentakel hitam misterius, diapun kemudian pingsan, dan bermimpi melihat Alma sedang bermain ayunan didekat sebuah PLTN.


Saat tersadar, dia menemukan Jankowski berada di meja operasi, Jankowski berkata "Kita harus membantunya, kau dengar? dia menangis", sebelum dia mati, segera setelah itu, Fox menyerang Becket sambil berkata "Menjauh darinya, dia milikku" sebelum Fox dibunuh oleh tentakel hitam, pada akhirnya, Becket mengetahui tujuan proyek Harbinger, - yakni untuk merubah orang biasa menjadi komandan psikis (yang memiliki kemampuan untuk mengendalikan pasukan lain secara telepati). Becket pun berjuang melewati pasukan Replika (tentara kloning) dan Snake mengarahkan nya menuju Sekolah Dasar Wade. Diapun kembali bertemu dengan Griffin dan Stokes, tapi beberapa saat kemudian, Griffin terbunuh oleh tentakel hitam. Anggota Tim yang selamat menuju ke Sekolah tersebut dengan menaiki APC dan saat tiba disana, Becket menemukan bukti mengenai "Proyek Paragon" yang didesain untuk menyeleksi anak-anak yang memiliki potensi kemampuan psikis, dimana Becket sendiri dulunya adalah murid disana dan meskipun dia tidak memiliki ingatan akan masa lalunya, besar kemungkinan dia adalah subjek dari proyek tersebut.


Saat menemukan fasilitas rahasia Paragon dibawah Sekolah, Becket bertemu dengan Snake, yang ternyata adalah Terry Halford, seorang peneliti ATC. meskipun dia langsung terbunuh oleh tentara Replika, Halford sempat mentransfer file nya ke komputer APC dimana dia menjelaskan bahwa Aristide menipu Becket untuk masuk kedalam TAC agar dia bisa membuat Alma "sadar" dengan dirinya. Dia juga mengatakan bahwa Becket tidak cukup kuat untuk melawan Alma, dan dia harus meningkatkan kemampuan psikisnya dengan cara pergi ke fasilitas ATC yang berada didalam PLTN di pulau Still, yang berisi alat peningkatan, pulau Still juga merupakan kampung halaman Alma sebelum dia dipindahkan ke Fasilitas Origin.


Saat dalam perjalanan, APC mereka disergap oleh pasukan Replika, dan Keegan berjalan tak tentu arah sambil mencari "dia", Becket dan kawan-kawannya tetap melanjutkan perjalanan tanpa Keegan, setibanya di Pulau, Becket menemukan pohon yang mirip dengan yang dia lihat dalam mimpi sebelumnya, dimana ayunan Alma masih tergantung disana, Becket dan Stokes menuju ke alat penguat dan Becket masuk kedalamnya. Aristide pun sampai disana dan berencana untuk mengunci Alma dan Becket didalam alat tersebut, dan kemudian menggunakan Alma untuk memanfaatkan ATC. Inilah alasan kenapa dia menipu Becket untuk masuk kedalam TAC, dia harus membuat Alma sadan dengan Becket agar dia bisa dipancing untuk masuk kedalam mesin. saat Stroke mencoba untuk menyelamatkan Becket, Aristide membunuhnya.


Aristide mengunci mesin dengan Becket didalamnya, dan saat sedang berhalusinasi, dia bertarung melawan Keegan yang kelihatannya kehilangan akal sehat, saat berhasil melawannya, dia melihat bayangan Alma, yang kelihatannya sedang berhubungan badan dengannya. pada akhirnya. Dia berhasil melarikan diri dari halusinasi, pintu mesinpun terbuka, dan Becket melihat Alma berdiri di tengan tempat yang terlihat seperti pasca-kiamat. Alma mengandung anak Becket. Alma pun mendekati dirinya, dan meletakkan tangannya diperut Alma, kemudian terdengar suara bayi berkata "Mama"

Plot: Reborn[sunting | sunting sumber]

Cerita dimulai oleh Paxton Fettel yg menyambut kedatanga prajurit Replica: Foxrot 813. 813 adalah kunci dari Fettel untuk menyelamatkan Saudaranya Point Man. 813 dipanggil untuk melakukan tugas dengan membunuh prajurit Armacham. tetepi tugas itu dinganggu oleh Fettel. Fettel memberitahu bahwa, dia tidak sama dari yg lain, 813 berhasil memasuki ruangan Fettel. 813 melepas Helmnya dan Fettel memegang tubuh 813 dengan mengatakan dia, "Aku telah lahir..... KEMBALI...."

Permainan terbaik sepanjang masa[sunting | sunting sumber]

F.E.A.R. 2: Project Origin dan F.E.A.R. 2: Reborn mendapatkan nilai 99,9 di IGN dan mendapatkan penghargaan, "Best FPS Horror Ever..." oleh Game Informer.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ F.E.A.R. 2: Project Origin di IMDb (dalam bahasa Inggris)