Eyjafjörður

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Eyjafjörður berwarna biru
Eyjafjörður pada musim panas
Melihat ke tenggara melintasi Eyjafjörður dari pintu keluar barat celah Öxnadalsheiði

Eyjafjörður (pengucapan bahasa Islandia: [ˈeːijaˌfjœrðʏr̥], Fyord Pulau) adalah fyord terpanjang di utara tengah Islandia. Fyord ini terletak di region terpadat kedua di Islandia.

Geografi fisik[sunting | sunting sumber]

Fyord ini panjang dan sempit berukuran 60 km dari mulut fyord ke hilir. Lebar terbesarnya adalah 25 km antara Siglunes dan Gjögurtá di mulut fyord namun bagian terpanjangnya selebar 6–10 km. Dua cabang fyord kecil muncul dari sisi barat Eyjafjörður, yaitu Ólafsfjörður dan Héðinsfjörður.

Fyord ini dikelilingi oleh perbukitan dan pegunungan di kedua sisinya, namun pegunungan tersebut lebih tinggi daripada sisi baratnya, tepatnya di rantai pegunungan semenanjung Tröllaskagi. Di bagian terluar fyord tidak ada dataran rendah sepanjang pesisir karena perbukitan curam langsung terhubung dengan laut. Berlanjut ke selatan di fyord ini terdapat beberapa bagian dataran rendah di sepanjang kedua pantai yang lebih lebar di sisi barat fyord.

Beberapa lembah muncul dari Eyjafjörður, sebagian besar membentang ke barat. Dua lembah yang terkenal ialah Hörgárdalur dan Svarfaðardalur. Dalsmynni adalah satu-satunya lembah di sisi timur. Lembah terbesar di Eyjafjörður, juga disebut Eyjafjörður, membentang langsung ke selatan dari fyord itu sendiri. Lembah ini panjang dan lebar serta menjadi salah satu kawasan pertanian terbesar di Islandia.

Banyak sungai mengalir ke Eyjafjörður, terutama Eyjafjarðará, Fnjóská dan Hörgá.

Pulau Hrísey di tengah Eyjafjörður adalah pulau terbesar kedua di pantai Islandia dan kadang disebut "Permata Eyjafjörður".

Masyarakat[sunting | sunting sumber]

Akureyri, dilihat dari pesisir timur Eyjafjörður, pagi November 2007

Region Eyjafjörður adalah yang terpadat kedua di Islandia setelah wilayah Reykjavík raya di barat daya Islandia. Populasi total region ini sekitar 24.000 jiwa pada 2008 (tidak termasuk kota Siglufjörður dan pulau Grímsey yang sering dikaitkan dengan Eyjafjörður namun tidak tidak berhubungan secara geografis).

Kota terbesar adalah Akureyri. Permukiman lain di region ini adalah Dalvík, Ólafsfjörður, Hrísey, Árskógssandur, Hauganes, Hjalteyri, Hrafnagil, Svalbarðseyri dan Grenivík. Kebanyakan dari permukiman ini bergantung pada perikanan dan pertanian, namun Akureyri adalah pusat pelayanan dan tempat terletaknya Universitas Akureyri.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 65°51′LU 18°08′BT / 65,85°LU 18,133°BB / 65.850; -18.133