Eustache III, Comte Boulogne

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Eustache (yang berambut putih) dengan saudaranya Godefroy dan Baudouin bertemu dengan Kaisar Romawi Timur Alexius I Komnenus

Eustache III, merupakan seorang Comte Boulogne, ahli waris ayahandanya Eustache II, Comte Boulogne. Ibundanya adalah Ide dari Lorraine.

Ayahanda Eustache II muncul di dalam Pertempuran Hastings pada tahun 1066 sebagai sekutu dari Guillaume sang Penakluk, dan tercatat sebagai tersangka pembunuhan Harold II; ia juga dipercaya telah memberikan Guillaume kudanya sendiri setelah adipati tersebut dibunuh oleh Gyrð Gōdwinson, saudara Harold.

Eustache III menggantikannya sebagai Comte Boulogne pada tahun 1087.[1]

Ia pergi bergabung dengan Perang Salib Pertama pada tahun 1096 dengan saudaranya Godefroy dari Bouillon dan Baudouin dari Boulogne. Ia segera kembali ke Eropa untuk mengelola wilayahnya. Ia menikahi Mary dari Skotlandia, putri Raja Malcolm III dari Skotlandia, dan Santa Margaret. Eustache dan Mary memiliki seorang putri, Mathilde dari Boulogne.

Ketika saudaranya Raja Baudouin I dari Yerusalem meninggal pada tahun 1118, yang lebih tua Eustache ditawarkan naik ke atas tahta. Eustache mulanya tidak tertarik, namun diyakinkan untuk menerimanya; ia melakukan perjalanan ke seluruh Apulia sebelum mengetahui bahwa kerabat jauhnya, Baudouin II, telah dimahkotai pada saat itu. Eustache kembali ke Boulogne dan meninggal pada sekitar tahun 1125.

Pada saat kematiannya, provinsi Boulogne diwariskan kepada putrinya, Mathilde, dan suaminya Étienne, Comte Mortain, kemudian Raja Inggris, dan atas kematian Mathilde pada tahun 1151 provinsi tersebut diwariskan kepada putranya, Eustache IV, Comte Boulogne, kemudian putra kedua mereka Guillaume dan akhirnya putri mereka Marie dari Boulogne, karena kedua putranya tersebut meninggal tanpa keturunan.

Silsilah Keluarga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "NORTHERN FRANCE, NOBILITY". Diakses 2007-11-04. 

Sumber[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Eustache II
Comte Boulogne Blason Courtenay.svg
1087-1125
Diteruskan oleh:
Mathilde I