Eurotiomycetes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Eurotiomycetes
Taksonomi
SuperkerajaanEukaryota
KerajaanFungi
SubkerajaanDikarya
DivisiAscomycota
SubdivisiPezizomycotina
KelasEurotiomycetes
O.E.Erikss. dan Winka, 1997
Upakelas/Ordo
Chaetothyriomycetidae
Chaetothyriales
Pyrenulales
Verrucariales
Eurotiomycetidae
Coryneliales
Eurotiales
Onygenales
Mycocaliciomycetidae
Mycocaliciales

Eurotiomycetes adalah kelas dari ascomycota dalam upafilum Pezizomycotina . Beberapa anggota Eurotiomycetes sebelumnya dikelompokkan dalam kelas Plectomycetes. Contoh paling umum dalam kelas ini adalah jamur seperti Aspergillus dan Penicillium.

Nomenklatur[sunting | sunting sumber]

Klasifikasi ilmiah untuk kelas ini sangat rumit, dengan satu spesies tertentu yang memiliki kedua nama anamorph dan teleomorph yang digunakan dalam referensi untuk mereka.

Morfologi[sunting | sunting sumber]

Secara morfologi, Eurotiomycetes sangat beragam. Badan buah (ascomata) adalah cleistothecia, perithecia atau Ascostromata . Sebagian besar spesies memiliki ascus dengan dinding sederhana (prototunicat) yang terbentuk dalam sebuah Kleistothecium. Ascus di sini hanya setelah runtuhnya ascus dan bebas dari tubuh buah. Hal ini dianggap sebagai bentuk yang diturunkan, sedangkan dua lapisan (bitunicaten) ascus dilihat dengan mekanisme whiplash dalam tubuh buah terbuka daripada awalnya.

Kelas akan lebih awal dari hari ini Plectomycetes terhitung disebut jamur. Karakteristik morfologi adalah: tipis, ascus prototunicate; ascomata yang tersebar ascus terbentuk dalam rongga, bersel tunggal ascospores, bentuk ascomata dari gymnothecisch untuk kleistothecisch tanpa Ostiolum (pembukaan), dan anamorphs sangat bervariasi dan phialoblastisch dan thallic hyphomycetisch.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ N. Gunde-Cimerman, A. Oren, A. Plemenitaš, ed. (2006). Adaptation to Life at High Salt Concentrations in Archaea, Bacteria, and Eukarya. Cellular Origin, Life in Extreme Habitats and Astrobiology (Vol. 9). Springer Science & Business Media. hlm. 383, 413. ISBN 978-1-402-03633-0. 

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

  • David M. Geiser et al.: Eurotiomycetes: Eurotiomycetidae and Chaetothyriomycetidae. In: Mycologia, Band 98, 2006, S. 1053-1064
  • Joseph W. Spatafora et al.: A five-gene phylogeny of Pezizomycotina. In: Mycologia, Band 98, 2006, S. 1018-1028

Pranala luar[sunting | sunting sumber]