Bank Investasi Eropa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari European Investment Bank)
Uni Eropa
Bendera Uni Eropa

Artikel ini adalah bagian dari seri:
Politik dan pemerintahan
Uni Eropa

Bank Investasi Eropa (Luksemburg)
Bank Investasi Eropa (Luksemburg)

Bank Investasi Eropa atau European Investment Bank (the Banque Européenne d'Investissement) adalah lembaga keuangan Uni Eropa yang didirikan berdasarkan Traktat Roma (1957) untuk menyediakan pembiayaan bagi modal investasi selanjutnya guna pencapaian kebijakan Uni Eropa dalam pembangunan kawasan, jaringan transportasi "Trans Eropa", telekomunikasi dan energi, penelitian, pengembangan dan inovasi, peningkatan dan perlindungan lingkungan hidup, kesehatan dan pendidikan. Bertolak belakang dengan nama yang digunakannya, BIE ini bukan merupakan bank investasi. Di luar Uni Eropa, BIE ini memberikan kontribusi bagi kebijakan kerjasama pembangunan Eropa sehubungan dengan syarat dan tata cara yang tertuang dalam berbagai perjanjian yang menghubungkan Uni Eropa dengan 130 negara di Pusat, Selatan, dan Timur Eropa, wilayah mediterania, Afrika, Asia, Amerika Latin, Karibia dan Pasifik.

Gugus tugas dari BIE adalah memberika kontribusi bagi integrasi, keseimbangan pembangunan dan ekonomi serta kesatuan sosial dari anggota Uni Eropa. Dan pada akhirnya akan terjadi pada pasar suatu peningkatan volume dana yang substansial pada kondisi yang menguntungkan ke arah proyek pembiayaan modal sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai oleh Uni Eropa.

Di luar Uni Eropa BIE menjalankan komponen keuangan dari pelaksanaan perjanjian dari bantuan pembangunan Eropa dan kebijakan kerjasama Uni Eropa.

Kantor pusat BIE terletak di Boulevard Konrad Adenauer, Kirchberg, Luksemburg. Bangunan tersebut dirancang oleh arsitek Inggris yang bernama Sir Denys Lasdun dan merupakan segelintir kecil karyanya di luar Inggris.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]