Euphrosyne dari Kiev

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Euphrosyne dari Kiev (sekitar 1130 – sekitar 1193) merupakan Permaisuri Hongaria.

Euphrosyne merupakan putri pertama Pangeran Agung Mstislav I dari Kiev dan istri keduanya, Liubava Dmitrievna. Pada tahun 1146, Euphrosyne menikah dengan Raja Géza II dari Hongaria.

Selama masa pemerintahan suaminya Euphrosyne tidak ikut campur di dalam urusan politik kerajaan, namun setelah kematian suaminya pada tanggal 31 Mei 1162, pengaruhnya menguat atas putra mereka, Raja Stephen III. Raja muda itu harus bergelut melawan paman-pamannya Ladislaus dan Stephen untuk menyelamatkan tahtanya, dan Euphrosyne mengambil bagian aktif di dalam pertikaian itu. Ia membujuk Raja Vladislaus II dari Bohemia untuk memberi bantuan militer kepada putranya di dalam melawan serangan Kaisar Manuel I Komnenos.

Anak kesayangan Euphrosyne adalah putra bungsunya, Adipati Géza dari Hongaria. Ketika Raja Stephen III wafat pada tanggal 4 Maret 1172, ia berencana untuk mengamankan suksesinya melawan anaknya yang lebih tua, Béla, yang tinggal di dalam istana Kaisar Manuel I Komnenos. Akan tetapi, Béla kembali, dan ia dimahkotai pada tanggal 13 Januari 1173, meskipun Uskup Agung Lukács dari Esztergom menolak pelantikannya. Tak lama setelah itu, Raja Béla III menahan adiknya, yang mana hal tersebut merenggangkan hubungan Euphrosyne dengan putranya. Adipati Géza segera berhasil menyelamatkan diri, kemungkinan dengan batuan Euphrosyne, namun pada tahun 1177 ia sekali lagi tertangkap.

Pada tahun 1186, Euphrosyne mencoba untuk membebaskan putranya sekali lagi, namun gagal. Raja Béla III memerintahkan untuk menahan Euphrosyne dan mengurungnya di dalam benteng Barancs (Serbian: Braničevo). Tak lama kemudian, Euphrosyne dibebaskan, namun ia diharuskan meninggalkan kerajaan dan pergi ke Konstantinopel. Dari Konstantinopel ia pindah ke Yerusalem dimana ia hidup sebagai seorang biarawati di dalam sebuah biara Hospitaller, dan kemudian di dalam biara Basilian Santo Sabbas.

Pernikahan dan keturunan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1146, Euphrosyne menikah dengan Raja Géza II dari Hongaria (1130 – 31 Mei 1162). Mereka memiliki keturunan sebagai berikut:

Euphrosyne merupakan leluhur Edward III dari Inggris oleh karena itu juga menjadi leluhur seluruh penguasa Inggris dan Britannia. Ia juga bagian dari mata rantai yang berhubungan dengan Harold Godwinson dan keturunan dari penguasa-penguasa Britannia modern.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Soltész, István: Árpád-házi királynék (Gabo, 1999)
  • Kristó, Gyula - Makk, Ferenc: Az Árpád-ház uralkodói (IPC Könyvek, 1996)
Euphrosyne dari Kiev
Lahir: sekitar 1130 Wafat: sekitar 1193
Gelar penyandang kekuasaan
Didahului oleh:
Helena dari Raška
Ratu Hongaria[1][2]
1146–1162
Diteruskan oleh:
Yaroslavna dari Halych

Referensi[sunting | sunting sumber]