Eul Paso

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Eul Paso (을파소, 乙巴素) (?-203) merupakan seorang Guksang (Perdana Menteri) Goguryeo pada zaman pemerintahan Raja ke-9, Gogukcheon. Eul Paso dikenang sebagai seorang pria yang berbakat dan adil yang dipilih menjabat di posisi pemerintahan di bawah sistem meritokrasi Raja di dalam memilih para pejabat istana.

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Eul Paso merupakan orang asli desa Jwa-mul di dekat Sungai Amnok sebelum ia dinaikkan pangkatnya ke posisi Perdana Menteri. Ia tidak memiliki latar belakang nobel, melainkan orang biasa yang dikenal akan kebijaksanaan dan keadilannya. Pergantian tiba-tiba Raja Gogukcheon dari sistem aristokratik ke meritokratik di dalam pemerintahan menimbulkan penemuan banyak orang berbakat di seluruh kerajaan. Di antara orang-orang yang diseleksi ada pula Anryu, yang merupakan seorang murid dan tetangga Eul Paso. Anryu memberitahukan raja tentang Eul Paso, dan Samguk Sagi menjelaskan bahwa raja memanggilnya ke ibu kota dan akhirnya meemberikannya posisi sebagai Perdana Menteri pada tahun.

Perdana Menteri[sunting | sunting sumber]

Eul Paso menolong raja dalam memerintah di kerajaannya dengan bijaksana, tetapi dengan konstan diserang secara politik oleh para nobel yang iri dengannya. Raja sadar akan hal itu dan segera meredakan protes tersebut. Eul Paso meninggal pada tahun 203, pada zaman pemerintahan Raja Sansang, pengganti Raja Gogukcheon.

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Myeongnim Dap-bu
Perdana Menteri Goguryeo
191 –203
Diteruskan oleh:
Go Uru