Eugene O'Neill

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Eugene O'Neill
ONeill-Eugene-LOC.jpg
Lahir Eugene Gladstone O'Neill
16 Oktober 1888
New York City, New York, AS
Meninggal 27 November 1953 (umur 65)
Pekerjaan Penulis sandiwara
Kebangsaan Amerika Serikat
Penghargaan Penghargaan Nobel dalam Sastra
1936

Eugene Gladstone O'Neill (lahir 16 Oktober 1888 – meninggal 27 November 1953 pada umur 65 tahun) adalah seorang dramatis Amerika. Lebih dari para dramatis lainnya, O'Neill memperkenalkan realisme dramatis yang dirintis oleh Anton Chekhov, Henrik Ibsen, dan August Strindberg ke dalam drama Amerika. Pada umumnya, drama-dramanya melibatkan tokoh-tokoh yang hidup di pinggiran masyarakat, di mana mereka berjuang untuk mempertahankan pengharapan dan aspirasi mereka namun akhirnya terjerumus ke dalam kekecewaan dan putus asa.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Eugene O'Neill dilahirkan di sebuah kamar hotel di Broadway di New York City. Awal kehidupannya sangat terkait dengan New London, Connecticut. Ayahnya adalah seorang aktor panggung kelahiran Irlandia James O'Neill, yang telah memiliki properti di New London sebelum kelahiran Eugene. Ibunya kecanduan morfin sejak saat Eugene dilahirkan; ia tidak pernah pulih dari kematian anaknya yang kedua, yang meninggal karena penyakit campak pada usia dua tahun. O'Neill seringkali berhubungan dengan Provincetown Players, dan beberapa dari drama awalnya dipentaskan oleh kelompok aktor dan pengarang drama itu. Di masa dewasanya, O'Neill dipekerjakan oleh New London Telegraph, dan mulai menulis drama ketika bekerja di sana. Baru setelah pengalamannya di Sanatorium Gaylord Farms (tempat ia tetirah karena tuberkulosis) ia memutuskan untuk menjadi seorang pengarang drama. (Connecticut College menyimpan sebuah arsip O'Neill dan Eugene O'Neill Theater Center di Waterford, Connecticut mengembangkan drama-drama baru di bawah namanya.)

Selama 1910-an O'Neill tampil teratur di panggung sastra Greenwich Village, dan di sana ia bersahabat dengan banyak kaum radikal, yang terpenting di antaranya adalah pendiri Partai Komunis Amerika Serikat, John Reed. O'Neill juga pernah berpacaran dengan istri Reed, Louise Bryant. O'Neill diperankan oleh Jack Nicholson dalam film tahun 1981, Reds tentang kehidupan John Reed. Di dalam film itu ia tampil membawakan suara realisme anti komunis dan pemikiran yang siuman.

Pada 1929 ia pindah ke Loire Valley di timur laut Prancis, dan menetap di Chateau du Plessis di St. Antoine-du-Rocher, Indre-et-Loire. Ia pindah ke Danville, California pada 1937 dan menetap di sana hingga 1944. Rumahnya di sana, yang dikenal sebagai Tao House, sekarang menjadi Tempat Bersejarah Nasional Eugene O'Neill.

Drama O'Neill pertama yang diterbitkan, Beyond the Horizon, dipentaskan di Broadway pada 1920 dan mendapatkan sambutan hangat, termasuk Penghargaan Pulitzer untuk Drama. Drama-dramanya yang paling terkenal antara lain adalah Desire Under the Elms, Strange Interlude (untuk ini ia kembali memenangkan Penghargaan Pulitzer), Mourning Becomes Electra, dan komedi satu-satunya yang dihasilkan dalma kariernya, Ah, Wilderness!, sebuah upaya merefleksikan kembali masa mudanya sendiri seperti apa yang diharapkannya. Pada tahun 1936 ia menerima Penghargaan Nobel dalam Sastra. Setelah berhenti selama sepuluh tahun, drama O'Neill yang kini menjadi termasyhur, The Iceman Cometh diterbitkan pada 1946. Tahun berikutnya, A Moon for the Misbegotten ternyata gagal, dan tidak pernah mendapatkan penghargaan dan tempat di antara karya-karyanya yang terbaik hingga berpuluh tahun kemudian.

Carlotta Monterey adalah istri ketiga O'Neill. Ia selalu mengeluh tentang masakannya. Katanya, satu-satunya yang bisa dimasaknya hanyalah chili with cornbread (cabai dengan roti gandum). Dramatis tua ini kemudian menolak anak perempuannya, Oona O'Neill (dari istri keduanya, Agnes Bolton), karena menikah dengan Charlie Chaplin yang berusia 54 tahun, ketika ia baru berumur 18 tahun (saat itu Chaplin hanya setahun lebih muda dari O'Neill). Namun demikian, Oona dan Chaplin hidup bahagia dan perkawinan mereka berlangsung lama serta menghasilkan delapat orang anak; anaknya yang kelima dinamai pula Eugene.

Pada 1953, O'Neill meninggal di Boston di Hotel Sheraton, yang saat itu merupakan bangunan yang kini digunakan oleh Universitas Boston sebagai asrama Shelton Hall. Di dalam Shelton Hall terdapat sebuah plakat yang dipersembahkan kepada O'Neill dan lantai 4, tempat ia meninggal kini disebut Writers' Corridor (Lorong Pengarang). Jenazahnya dikebumikan di Pekuburan Forest Hills di Jamaica Plain, Massachusetts.

Pada 1956, tiga tahun setelah kematian O'Neill, adi karya otobiografinya, Long Day's Journey Into Night (Perjalanan Panjang Menuju Malam) diterbitkan dan dipentaskan di panggung. Drama-drama lainnya yang diterbitkan secara anumerta adalah A Touch of the Poet (Sentuhan Sang Penyair) (1958) dan More Stately Mansions (1967).

Karya-karya terpilih[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Luigi Pirandello
Pemenang Penghargaan Nobel dalam Sastra
1936
Diteruskan oleh:
Roger Martin du Gard


[[Kategori:Dramawan AS]