Eudes II, Comte Blois

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Eudes II, Pangeran Blois)
Langsung ke: navigasi, cari
Lambang asli provinsi Blois.

Eudes II (bahasa Perancis: Eudes le Champenois) (983 – 15 November 1037), Comte Blois, Chartres, Châteaudun, Provins, Rheims, dan Tours dari tahun 1004 dan Troyes (sebagai Eudes IV) dan Meaux (sebagai Eudes I) dari tahun 1022, merupakan putra Eudes I, Comte Blois dan Berthe, putri Conrad I dari Bourgogne. Karirnya dihabiskan di dalam peperangan feodal yang tak berkesudahan dengan kerajaan-kerajaan tetangganya, yang wilayahnya ia berupaya untuk menguasai, dan di dalam sebuah petualangan atas tahta di Italia dan Bourgogne. Ia suka berperang bahkan dijamannya dan ia menguatkan kerajaan besar di Loire Perancis pusat dengan kebijakan-kebijakannya yang agresif.

Istri pertamanya adalah Mathilde, putri Richard I, Adipati Normandia. Setelah kematiannya pada tahun 1006, Eudes mulai bertikai dengan saudara iparnya, Richard II, Adipati Normandia, atas mas kawin: bagian dari kota Dreux. Raja Robert II, yang menikahi ibu Eudes, arbitrasi terhadap persaingan kekuasaan pada tahun 1007, menjadikan Eudes berhak atas Dreux.

Ia mencoba untuk menguasai Touraine, namun dikalahkan di dalam Pertempuran Pontlevoy oleh Foulques III dan Herbert I pada tanggal 6 Juli 1016. Perang berlanjut dengan Anjou dan Eudes berupaya merampas Saumur pada tahun 1025 namun gagal.

Pada tahun 1023, ia merebut Troyes setelah kematian sepupunya Étienne I yang tidak memiliki keturunan. Dari sana ia menyerang Ebles, Uskup Agung Reims, dan Thierry I, Adipati Lorraine. Hanya persekutuan antara raja dan Heinrich II yang dapat menghentikan Eudes. Ia dipaksa untuk menyerahkan provinsi Rheims kepada uskup agung.

Ia ditawarkan takhta Italia oleh para baron Lombardia, namun tawaran tersebut dengan cepat ditarik kembali dengan upaya untuk tidak mengecewakan Raja Perancis. Pada tahun 1032, ia menyerang Kerajaan Bourgogne atas kematian Rodolphe III. Ia mundur karena menghadapi koalisi Konrad II, Kaisar Romawi Suci dan raja Perancis yang baru, Henri I.

Ia tewas terbunuh di medan perang di dekat Bar-le-Duc di dalam serangan lain atas Lorraine. Melalui istri keduanya, Ermengarde, putri Robert I dari Auvergne, ia memiliki tiga orang anak :

  1. Thibaut III, yang menjadi ahli waris provinsi Blois dan sebagian besar dari hartanya yang lain
  2. Étienne II, yang menjadi ahli waris provinsi-provinsi Meaux dan Troyes di Champagne
  3. Berthe dari Blois, yang menikah dengan Alain III, Adipati Bretagne dan kedua dengan Hugues IV
Didahului oleh:
Thibaut II
Comte Blois
1004–1037
Diteruskan oleh:
Thibaut III