Eudes I, Pangeran Blois

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Lambang provinsi Blois.

Odo I (juga dieja Eudes) (lahir tahun 950 – 12 Maret 996), Pangeran Blois, Chartres, Reims, Provins, Châteaudun, dan Omois, merupakan putra Theobald I dari Blois dan Luitgard, putri Herbert II dari Vermandois. Ia menerima gelar pangeran palatium, yang secara tradisional di dalam keluarganya dari Raja Lothair.

Seperti hubungannya, para pangeran Vermandois, ia tetap setia terhadap Carolingia melawan Kapetia. Diikuti perang antara ayahnya dan Odalric, Uskup Agung dari Reims, atas kastil Coucy, ia menerima kastil itu untuk ditahan dari uskup agung.

Pada tahun 970, di dalam perang untuk mengontrol wilayah adipati Britania, ia menyerahkan provinsi Rennes, Adipati Conan I menegaskan hak-hak keluarganya di daerah tersebut. Sekitar tahun 977, ayahnya wafat dan ia mewarisi tahta ayahnya.

Pada tahun 988, ia membantu Charles dari Lorraine dalam mengambil Laon. Pada tahun 991, ia mengabaikan bangsa Lorraine di Dreux dan mengepung Melun, milik Bouchard yang Disegani, seorang pengikut Hugh Capet. Hugh, dengan Richard I dari Normandia dan Fulk Nerra, bersatu melawannya dan ia harus mengangkat pengepungannya itu.

Mendekati tahun 995, ia berperang melawan Fulk, yang telah berperang dengan Conan dari Britania. Odo bersekutu dengan saudara iparnya William IV dari Aquitania dan Baldwin IV dari Flandria. Bahkan musuh lamanya, Richard dari Normandia bergabung di dalam perang dengan Fulk. Di musim salju pada tahun 995 – 996, mereka mengepung Langeais, namun kedatangan pasukan raja memaksa pasukan mereka mundur.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Ia menikahi (tahun 983) Bertha dari Burgundia, putri Raja Conrad dari Burgundia dan Matilda dari Perancis. Keturunan mereka adalah :

  • Robert (wafat antara tahun 980 dan 996)
  • Theobald II (tahun 985–1004)
  • Odo II (tahun 990–1037)
  • Thierry (wafat tahun 996)
  • Agnes, menikahi Viscount Guy dari Thouars
  • Roger
Didahului oleh:
Theobald I
Pangeran Blois
975–995
Diteruskan oleh:
Theobald II