Etty Sunarti Nuay

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Etty Sunarti Nuay
Lahir5 Februari 1947 (umur 77)
Bukittinggi, Sumatera Barat
KebangsaanIndonesia
AlmamaterInstitut Teknologi Bandung
PekerjaanGeolog, profesional
Dikenal atasPresdir/CEO Easco Petroleum
Suami/istriNuay Sutan Maradjo
AnakWahyu Maulana
Annisa Fabiola (almh.)

Ir. Hj. Etty Sunarti Nuay (lahir 5 Februari 1947) adalah seorang profesional dan ahli geologi (geolog) wanita pertama Indonesia. Ia pernah menjabat sebagai presiden direktur/CEO pada sebuah perusahaan minyak dan gas milik pengusaha dalam negeri, EASCO Petroleum dan EASCO East Sepanjang, dari tahun 2003 hingga 2009.[1]

Riwayat ringkas[sunting | sunting sumber]

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Etty Sunarti Nuay lahir di Bukittinggi, Sumatera Barat pada 5 Februari 1947. Ia menikah dengan seorang pria bernama Nuay Sutan Maradjo dan telah dikaruniai dua orang anak, yaitu Wahyu Maulana dan Annisa Fabiola yang telah lebih dulu dipanggil yang Maha Kuasa.

Pendidikan dan karier[sunting | sunting sumber]

Etty mendapatkan gelar insinyur geologi dari Fakultas Teknik Geologi Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 1973. Sebelum menjabat sebagai Presiden Direktur/CEO EASCO Petroleum dan EASCO East Sepanjang, Etty juga pernah bekerja di perusahaan pertambangan minyak milik asing (Amerika Serikat) yaitu Hufco dan Vico selama lebih dari 25 tahun. Ia mengundurkan diri dari perusahaan asing tersebut disaat mencapai posisi menejer demi perhatian yang lebih besar terhadap keluarganya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sabil el-Ma'Rufie. "Energi Shalat" PT Mizan Publika. Diakses 12 Februari 2014.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]