Etan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Etan (bahasa Ibrani: אֵיתָן, Standar Eytan / Eitan Tiberias ʾÊṯān ; "teguh, kuat, kokoh"; bahasa Inggris: Ethan). Nama ini muncul 8 kali dalam Alkitab Ibrani (1 Raja-raja 4:31, Mazmur 89:1, 1 Tawarikh 2:6, 8, 1 Tawarikh 6:42, 44, 1 Tawarikh 15:17, 19).

  • Etan bin Kisi dari bani Merari, merupakan salah satu dari tiga orang Lewi yang ditugaskan oleh raja Daud untuk memimpin nyanyian di rumah TUHAN sejak tabut itu mendapat tempat perhentian (setelah dikembalikan oleh orang-orang Filistin dan diletakkan di rumah Abinadab selama hampir 100 tahun, melewati masa jabatan hakim Samuel, pemerintahan raja Saul dan Daud). Charles Spurgeon berpendapat bahwa Etan sama dengan Yedutun. Dua orang yang lain adalah Heman dan Asaf bin Berekhya. Mereka dan anak-anak mereka melayani sebagai penyanyi di hadapan Kemah Suci, yakni Kemah Pertemuan, sampai Salomo mendirikan rumah TUHAN di Yerusalem, sesuai dengan peraturannya.[1]

Silsilah lengkapnya[2]:
Etan bin Kisi bin Abdi bin Malukh bin Hasabya bin Amazia bin Hilkia bin Amzi bin Bani bin Semer bin Mahli bin Musi bin Merari bin Lewi.

  • Etan bin Kusaya sama dengan Etan bin Kisi, dimana ada sedikit perbedaan nama ayahnya (tambahan "Ya" dari "Yah"/"Yahweh", yaitu nama TUHAN)
  • Etan, orang Ezrahi, penggubah Mazmur 89 dan salah satu orang bijak yang hampir setara dengan Salomo[3].

Referensi[sunting | sunting sumber]