Es krim goreng

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Es krim goreng di restoran Thai di Amerika Serikat.

Es krim goreng adalah sebuah makanan penutup berupa es krim yang digoreng. Es krim goreng memiliki varian Amerika Utara dan Asia.

Makanan ini dibuat dengan mengambil satu sendok es krim yang sangat dingin dan terjaga suhunya, dan diolesi dengan telur mentah, digulingkan dengan cornflakes atau remah-remah biskuit, dan digoreng dalam waktu sebentar. Suhu es krim yang sangat dingin tidak akan membuatnya meleleh saat digoreng. Setelah selesai digoreng, es krim ini diberi kayu manis, gula atau sedikit sentuhan daun mint, walaupun krim kocok dan madu kadang juga ditambahkan.

Walaupun kuning telur di es krim goreng digoreng, telur itu masih mentah dikarenakan suhu es krim yang sangat rendah. Jika telur itu tidak dimasak atau disimpan dengan baik, maka pemakannya akan mengalami keracunan salmonella.

Di restoran Cina dan Jepang. Es krim goreng menjadi makanan penutup yang populer. Resep es krim goreng di restoran seperti ini menggunakan tempura, bukan cornflakes. Rasa es krim goreng yang paling populer adalah teh hijau, vanili, dan kacang merah. Walaupun serpihan kelapa juga bisa ditambahkan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]