Erwin Moron

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Erwin Morron)

Erwin Heryadi
Erwin Heryadi Soetedjo memeragakan karakter transgender seperti perannya dalam film London Virginia.
LahirErwin Heryadi Soetedjo
18 November 1974 (umur 49)
Bandung, Jawa Barat
Nama lain
  • Erwin Moron
  • Erwin MadMoron
AlmamaterUniversitas Padjajaran
Pekerjaan
Suami/istriAmbar Sulistyorini
Anak3
Karier musik
Genre
Tahun aktif1996 - sekarang
Label
Artis terkaitDr.PM, Madmoron
AnggotaMadmoron
Dr.PM
Mantan anggotaInsects Band

Erwin Heryadi (lahir 18 November 1974) atau lebih di kenal dengan Erwin Moron adalah penyanyi asal Indonesia. Besar dalam lingkungan militer-Kopassus, Soetedjo tak lantas memaksakan putranya mengikuti jalur yang sama, Erwin ternyata lebih mencintai dunia seni dan peran.

Dia mencapai puncak kariernya sebagai penyanyi di sebuah band yang terkenal di akhir era 90-an hingga awal 2000-an, Dr.PM, setelah sebelumnya membentuk kelompok musik yang berhasil masuk kompilasi Pesta Alternatif yaitu Insects Band. Namun sekarang dirinya bekerja sebagai penyanyi solo, penyiar, dan aktif di komunitas yang didirikannya di Bandung, Nagara Ini Soenda.[1]

Karir Bernyanyi[sunting | sunting sumber]

Puncak karir Erwin di mulai sejak dirinya bergabung dengan grup musik Dr.PM yang pada saat itu mencari pengganti vokalis, Pierre yang hengkang beberapa bulan sejak Dr.PM di bentuk. Erwin sendiri sebelumnya pernah membentuk band Insects Band pada tahun 1996, dan berhasil masuk di album kompilasi Pesta Alternatif. Erwin pun mendapatkan bagian menjadi vokalis. Pada Desember 1998, Dr.PM merilis album pertamanya berjudul Dunia Baru. Album pertama ini memiliki angka penjualan yang cukup sukses, dikarenakan gaya pada saat menyanyi Erwin yang cukup eksentrik membuat namanya cepat di kenal orang.

Seiring berjalannya waktu, Dr.PM merilis album kedua nya berjudul Sosok pada tahun 2000. Album ini memiliki nasib yang sama dan sukses seperti album pertama. Single Damai Mimpi pada album kedua tersebut sangat sukses di kalangan musik Indonesia hingga saat ini.

Namun setelah album kedua Dr. PM dirilis, Erwin memilih hengkang karena dirinya sudah bosan dengan bandnya dan ingin memulai kariernya sebagai penyanyi solo.

3 tahun vakum, membuatnya Erwin ingin kembali dengan inisiatif awalnya sebelum hengkang dari Dr.PM menjadi penyanyi solo. Erwin pun merilis album solonya pada tahun 2003 yang bertajuk Melancoliaddict. Sayangnya, album solonya kurang mendapatkan tanggapan dari pendengar musik Indonesia pada saat itu. Karena ciri nya sebagai vokalis Dr.PM masih terbayang - bayang di pendengarnya.

Setelah vakum dari industri musik selama hampir 8 tahun, Erwin pun kembali menatap dunia musik Indonesia dengan mengaransemen lagu lama dari Dr.PM, Damai Mimpi. Single ini pun kembali mendapat tanggapan positif dari pendengarnya. Hingga pada akhirnya pada akhir November 2012, Erwin merilis album solo kedua nya, bertajuk Erwin Dr.PM & The Moron.[2] Pada tahun 2008, Erwin membentuk grup musik terbarunya di Bandung bernama Madmoron dengan genre yang sedikit berbeda dibanding dengan Dr.PM. Lalu pada tahun 2019, Dr.PM kembali lagi dihidupkan, dan Erwin kembali lagi dipercaya untuk memegang posisi vokalis.

Karir Aktor[sunting | sunting sumber]

Erwin sempat menjajal dunia hiburan sebagai aktor. Dirinya terlibat dalam film London Virginia menjadi banci. Erwin pun tidak memberitahukan adanya tawaran ini kepada orang tuanya.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Bersama Dr. PM
Solo Karier

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Pranala[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Profil Erwin Moron". indonesianfilmcenter.com. Diakses tanggal 2 September 2015. 
  2. ^ Erwin Dr. PM is Back, Bawa Misi Lestarikan Budaya Sunda, FokusJabar.com, diakses 12 Agustus 2013 Diarsipkan 2018-10-25 di Wayback Machine.