Ermengard dari Italia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Ermengard (juga Ermengarda, Ermengarde, atau Irmingard) merupakan putri satu-satunya Louis II, Kaisar Romawi Suci yang selamat. Pada tahun 876, ia menikah dengan Boso, dari keluarga Bosonid, Pangeran Wina, yang mengumumkan dirinya sendiri sebagai Raja Provence pada tahun 879.

Pada bulan Mei 878, ia dan suaminya melindungi Paus John VIII, yang mengungsi dari Saracen, di Arles. Setelah kudeta suaminya pada bulan Oktober 879, ia membantu membela kota-kotanya dari kerabat Carolingianya. Pada tahun 880, ia berhasil membela Wina, ibukota negara tersebut, dari pasukan gabungan Charles yang Gemuk dan wakil pemimpin Raja Perancis, Louis III dan Carloman. Pada bulan Agustus 881, Kaisar Charles yang baru dimahkotai menjarah dan membakar Wina, memaksa Ermengard dan anak-anaknya mengungsi ke Autun dengan saudara iparnya Richard, Adipati Burgundia. Sementara itu, Boso melarikan dirinya ke Provence.

Pada kematian Boso bulan Januari 887, para baron Provençal memilih Ermengard untuk bertindak sebagai walinya, dengan bantuan Richard. Pada bulan Mei, Ermengard melakukan perjalanan dengan putranya Louis ke istana Charles yang Gemuk, dan menerima pengakuan Louis kecil sebagai raja. Charles mengangkat Louis sebagai putranya dan mengambil baik ibu dan anak di bawah perlindungannya. Pada bulan Mei 889, ia melakukan perjalanan ke pewaris Charles, Arnulf, untuk membuat pengajuan baru.

Melalui pernikahannya dengan Boso, Ermengard juga memiliki 2 orang putri dan seorang putra:[1]

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Riché, Pierr. Les Carolingiens: Une famille qui fit l'Europe, genealogical table XII (Bosonides).

Catatan[sunting | sunting sumber]