Ensiklopedi Umum Dalam Bahasa Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sampul Ensiklopedi Adinegoro

Ensiklopedi Umum Dalam Bahasa Indonesia atau sering disebut Ensiklopedi(a) Adinegoro adalah ensiklopedia pertama dalam bahasa Indonesia. Ensiklopedi ini ditulis oleh Adi Negoro pada tahun 1953 dan diterbitkan oleh penerbit Bulan Bintang pada tahun 1954 melalui percetakan De Unie di Jakarta. Ensiklopedi ini ditulis dengan menggunakan ejaan lama dan berisi 402 halaman (1 jilid) atau sekitar 2.200 entri.[1]. Walaupun ensiklopedia ini merupakan yang pertama dalam bahasa Indonesia, namun ia bukan yang pertama di Nusantara, karena sudah ada ensiklopedia berbahasa Jawa yang diterbitkan pada akhir abad ke-19 oleh Ki Padmasusastra.

Terbitan ini merupakan terbitan ensiklopedia pertama di Indonesia, dan merupakan usaha pribadi penyusunnya. Terbitan diawali dengan salinan naskah proklamasi, pidato Presiden pada 17 Agustus 1953, pendahuluan oleh Prof. Mr. Dr. Supomo, dan juga Mr. Muh. Yamin, yang tidak lain adalah kakak tiri Adi Negoro. Penyusunan ensiklopedia ini bertujuan menyediakan sarana rujukan secara umum untuk masyarakat Indonesia. Di sisi lain diharap dapat menjadi dasar untuk dikembangkan menjadi ensiklopedia setarap dengan Britanika dll. Adapun cakupan isi terbitan ini mencakup masalah umum yang diperkirakan dapat memenuhi kebutuhan dan memberi kejelasan bagi masyarakat yang membutuhkan. Istilah yang memiliki makna ganda dijelaskan dengan menggunakan nomor urut. Susunan entri berdasarkan abjad kata atau ungkapan atau masalah. Untuk menjelaskan semua keterangan yang diperlukan menggunakan bahasa Indonesia.

Referensi dan pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jérôme Samuel, Meity Taqdir Qodratillah (2001). Katalog beranotasi: ensiklopedia, kamus, dan daftar istilah bahasa Indonesia, 1741-1995. Yayasan Obor Indonesia. hlm. 3. ISBN 979685127X.