Enrico De Nicola

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Enrico De Nicola
Presiden Republik Italia
Masa jabatan
1 Juli 1946 – 12 Mei 1948
Didahului oleh Alcide De Gasperi
Digantikan oleh Luigi Einaudi
Informasi pribadi
Lahir 9 November 1877
Naples, Italia
Meninggal 1 Oktober 1959 (umur 81)
Torre del Greco, Naples, Italia
Partai politik Liberal / Partai Liberal Italia
Agama Katolik Roma

Enrico Roberto De Nicola (Napoli, 9 November 1877Torre del Greco, 1 Oktober 1959) adalah pengacara, wartawan, politikus, dan Kepala Negara (Head of State) sementara pertama untuk kelahiran republik baru pada 1946–1948.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Enrico de Nicola lahir di Naples dan menjadi terkenal sebagai salah satu pengacara pidana yang paling terhormat di Italia. Dia terpilih sebagai deputi untuk pertama kalinya pada tahun 1909 dan mengisi jabatan politik kecil sampai kemunculan fasisme, ketika ia pensiun dari kehidupan politik. Dia diangkat sebagai senator oleh Raja Victor Emmanuel III pada tahun 1926, tetapi tidak pernah mengambil bagian dalam pekerjaan parlemen.

Setelah tahun 1943, ketika rezim fasisme berakhir, De Nicola boleh jadi adalah mediator yang paling berpengaruh untuk penciptaan gelar "Letnal Jendral Kerajaan", yang mana putra raja, Pangeran Umberto mengambil alih sebagian besar fungsi Raja. Setelah monarki berakhir, Majelis Konstituante memilih De Nicola sebagai Kepala Negara Sementara pada tanggal 28 Juni 1946 dengan 80% suara pada putaran pertama. Giulio Andreotti kemudian ingat bahwa De Nicola, terutama karena kesantunannya yang unik, tidak yakin apakah akan menerima nominasi dan sering berubah pikiran dalam menghadapi pendesakan oleh semua pemimpin partai politik besar. Andreotti lalu menulis kepadanya: "Yang Terhormat beliau, saya mohon agar beliau memutuskan untuk memutuskan jika beliau bisa menerima untuk menerima..."

Pada tanggal 25 Juni 1947, De Nicola mengundurkan diri dari jabatan, mengutip alasan kesehatan. Namun, Majelis Konstituante dengan segera memilih kembali dirinya sehari kemudian, telah mengenali dalam tindakannya tanda budi luhur dan kerendahan dirinya. Setelah Konstitusi Italia mulai berlaku, beliau dengan resmi dinamakan sebagai "Presiden Republik Italia" pada tanggal 1 Januari 1948. Beliau akhirnya menolak menjadi kanditat dalam pemilihan konstitusional yang pertama pada bulan Mei mendatang yang mana Luigi Einaudi terpilih menjadi presiden.

De Nicola menjadi senator seumur hidup, posisi yang diberikan kepada mantan Kepala Negara, dan kemudian terpilih sebagai Presiden Senat dan jugab oleh Mahkamah Konstitusi.

Beliau meninggal di Torre del Greco, provinsi Naples pada tahun 1969.

Jabatan politik
Didahului oleh:
Jabatan baru
Alcide de Gasperi sebagai kepala negara sementara
Presiden Republik Italia
1 Juli 1946 – 12 Mei 1948
Diteruskan oleh:
Luigi Einaudi