Enggang jambul

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Enggang jambul
Enggang jambul (Berenicornis comatus) jantan
Enggang jambul (Berenicornis comatus) jantan
Status konservasi
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Coraciiformes
Famili: Bucerotidae
Genus: Berenicornis
Bonaparte, 1850
Spesies: B. comatus
Nama binomial
Berenicornis comatus
(Raffles, 1822)
Sinonim

Aceros comatus


Enggang jambul (Berenicornis comatus) adalah spesies burung rangkong. Burung ini tersebar pada wilayah Myanmar dan Thailand selatan, Semenanjung Malaysia, Sumatera dan Kalimantan. Akhir-akhir ini juga tercatat di Kamboja barat-daya.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Berukuran ini berukurran sekitar 85 cm, tubuh berwarna hitam dan putih. Enggang putih mempunyai ekor panjang, mahkota berbulu halus. Baik jantan maupun betina memiliki mahkota, ekor, dan pinggiran belakang sayap putih. Tenggorokan dan leher putih (jantan) atau hitam (betina). Iris mata berwarna kuning, paruh abu-abu sedangkan kaki berwarna hitam.

Tempat hidup dan Kebiasaan[sunting | sunting sumber]

Burung hutan yang terdapat di beberapa tempat di perbukitan dibawah ketinggian 900 mdpl, di 2/3 bagian utara Sumatera dan 1/2 bagian utara Kalimantan. Menghuni tajuk tengah dan tajuk bawah hutan. Memakan serangga, ular, kadal dan burung kecil, kadang juga memakan buah-buahan. Burung yang tidak mencolok, mencari makan di hutan yang rapat. Berbiak secara kooperatif, dimana betina yang dominan dapat dibantu oleh 2-7 individu burung selama perkembangbiakan dan perawatan anak.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2008). Aceros comatus. Daftar Merah Spesies Terancam IUCN 2008. IUCN 2008. Diakses pada 21 February 2009.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]