End Day

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

End Day merupakan sebuah drama dokumenter tahun 2005 dibuat oleh BBC dan mengudara di National Geographic Channel, dalam seri televisi, National Geographic Channel Presents, yang menampilkan berbagai skenario hari kiamat. Dokumenter ini bercerita mengenai ilmuwan Dr. Howell, diperankan oleh Glenn Conroy, yang pergi dari kamar hotelnya di London, Inggris menuju laboratoriumnya di New York City, dan memperlihatkan bagaimana setiap skenario mengganggu perjalanannya dan sekitarnya, dengan bermacam ahli yang memberikan komentar terhadap bencana yang terjadi.

Penjelasan program berikut dirilis oleh BBC:

"Bayangkan bangun pada hari terakhir di Bumi...
"Terinspirasi dari ramalan para ilmuwan, End Day menceritakan skenario kiamat yang akan terjadi. Dalam satu jam, jelajahi lima bencana yang berbeda, dari tsunami besar yang menghantam New York hingga sebuah serangan meteor mematikan di Berlin."

Skenario[sunting | sunting sumber]

Berikut adalah berbagai bencana yang muncul secara berurutan di film itu: Mega-Tsunami

Dalam skenario ini, sebuah letusan gunung berapi di pulau La Palma menyebabkan longsor besar dimana setengah pulau tenggelam ke laut, menyebabkan sebuah tsunami besar yang berjalan melintasi Samudera Atlantik dan menghantam pantai timur Amerika Serikat, menggenangi New York City.

Asteroid Mematikan

Skenario ini dimulai dengan sebuah 'serangan misil' misterius di suatu tempat di Timur Tengah. 'Misil' tersebut kemudian diketahui sebagai bagian asteroid kecil, pertahanan langsung dilakukan menghadapi asteroid yang lebih besar dalam perjalanannya menuju Bumi, mengancam Eropa Tengah. Asteroid itu segera dilacak dan rencananya dihancurkan dengan ICBM (Misil Balistik Antarbenua) nuklir. Usaha itu gagal, menyebabkan asteroid tersebut terpecah menjadi ratusan asteroid kecil yang kemudian menghantam dan meratakan Berlin.

Pandemik Global

Dalam skenario ini, sebuah virus sejenis SARS atau Flu Burung Asia muncul, membuat kekacauan sambil menyebar ke Eropa, Britania Raya, dan Amerika Utara, menyebabkan banyak negara menetapkan darurat militer dan menutup perbatasan mereka dalam usaha mengurangi penyebaran penyakit itu.

Gunung Berapi Super

Skenario ini didasarkan pada gunung berapi super di bawah Taman Nasional Yellowstone yang meletus, menyebabkan kerusakan wilayah seluas 100 km di sekitar gunung, juga melepaskan abu ke atmosfer yang diramalkan akan mendinginkan Bumi. Bagian ini hanya mengudara di Britania. Skenario tersebut disiarkan dalam drama dokumenter BBC lainnya, Supervolcano.

Materi Asing

Skenario ini hanya satu-satunya dimana Dr. Howell tiba di laboratoriumnya tanpa diketahui, dengan masyarakat yang protes, sambil berteriak, "STOP THE EXPERIMENT!" di luar. Setelah tiba, ia dan teman-temannya melakukan eksperimen berbahaya menggunakan penggerak partikel terbesar di dunia. Eksperimen tersebut langsung tidak dapat dikendalikan, menyebabkan pembentukan jenis materi baru yang disebut sebagai strangelet, yang mulai menghisap dan menghancurkan materi di sekitarnya, dimulai di New York City. Fenomena ini mengakibatkan kekacauan dalam sistem cuaca dan atmosfer Bumi, menandakan bahwa keseluruhan planet akan hancur.

Versi lain[sunting | sunting sumber]

Semua sumber resmi asli mengutip lima skenario termasuk letusan gunung berapi, tetapi bagian letusan gunung tidak pernah diudarakan di Amerika Serikat. Telah disunting oleh National Geographic Channel untuk alasan yang belum diketahui dan semua catatan mengenainya di situs National Geographic telah dihapus. Hanya empat skenario yang tersisa yang mengudara. Tetapi, situs BBC memiliki episode gunung berapi super hingga dihapus suatu waktu setelah 28 Mei 2006. UKTV History mengudarakan versi itu termasuk bagian gunung berapi super tanggal 23 Januari 2007.

Referensi dalam film[sunting | sunting sumber]

Pada saat Dr. Howell menumpang taksi di awal episode kedua, bagian depan bioskop terlihat dengan tulisan "Groundhog Day now showing". Dalam Groundhog Day, pemeran protagonis terjebak dalam satu hari, diulang beberapa kali dengan sedikit perubahan — seperti kehidupan Dr. Howell. Transisi antara bencana diperlihatkan bahwa bencana sebelumnya merupakan sebuah film di televisi yang disiarkan sepanjang malam dan gulungan penghargaan langsung muncul sementara alarm Dr. Howell menyala.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]