Encyclopædia Universalis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Encyclopædia Universalis (Ensiklopedi Universal) adalah ensiklopedia di Prancis yang diterbitkan dalam volume di media cetak, CD-ROM dan DVD. Ensiklopedia ini juga tersedia di Internet dengan cara berlangganan.

Presentasi[sunting | sunting sumber]

Universalis Encyclopædia ini diterbitkan oleh perusahaan penerbitan Encyclopædia Universalis SA. Perusahaan ini didirikan pada 1966 oleh seorang spesialis dalam penerbitan dan penjualan buku-buku dan koleksi surat-menyurat, Perancis Book Club, dimiliki oleh keluarga Aubry, Inc dan Encyclopædia Britannica. (Editor dari Encyclopaedia Britannica) Ensiklopedi Anglo-Saxon yang paling terkenal, pada waktu itu dimiliki oleh Yayasan dari University of Chicago. Ini adalah perusahaan patungan 50/50 untuk menggabungkan kemampuan dua pemegang saham di masing-masing dua bentuk distribusi sehingga penting untuk ensiklopedi, mail order di satu sisi dan menjual pintu ke pintu di sisi lain, khusus dari masyarakat Amerika. Resep ini, serta kualitas versi berurutan dari Encyclopædia Universalis, jilid pertama dari edisi pertama kali muncul pada tahun 1968 di bawah arahan Claude dengan Gregory, grafis titik pandang, model yang dirancang oleh Pierre Faucheux, akan memungkinkan sukses komersial yang luar biasa hingga awal 1990-an, ketika penjualan mulai menurun.

Selama paruh kedua 1990-an, pengenalan dan perbaikan yang cepat dari versi elektronik dari ensiklopedia, menggunakan penerbit atas versi kertas diperkaya kontribusi spesifik yang, dipimpin oleh Presiden Pierre Le nya Manh dan direktur editorial Louis Lecomte, memungkinkan Universalis Encyclopædia mengalami periode kedua keberhasilan dan pertumbuhan. Namun perubahan ini adalah untuk mengubah keseimbangan ekonomi antara distribusi mengakibatkan konflik meningkat antara pemegang saham, keberangkatan pada tahun 2000 beberapa perwira awal langit lain dan penunjukan - atas permintaan Britannica - administrator yang mengelola perusahaan sampai Juli 2005, ketika Book Club Perancis akhirnya menyerah saham untuk Ensiklopedia Britannica Inc. setelah proses tender, setelah sekitar empat puluh tahun kemitraan.

Sejajar dengan edisi kertas, edisi elektronik telah ditambahkan setiap tahun sejak tahun 1995, pertama pada CD dan kemudian DVD, dan akhirnya versi remote tersedia di Internet untuk masyarakat umum atau lembaga (Pendidikan Nasional, terutama ), melalui berlangganan.

Juga banyak buku khusus, ensiklopedi, kamus, CD-ROM dan DVD-ROM topik telah diterbitkan oleh perusahaan selama bertahun-tahun, sendiri atau dalam co-edisi. Selain itu, Encyclopaedia Universalis diterbitkan beberapa judul Book Club Perancis, perusahaan induknya, sebagai Almanak Revolusi Perancis pada tahun 1988.

Pada pergantian abad, versi kertas dijual seharga beberapa ribu eksemplar per tahun. Pada 3000 seluruh koleksi euro, ini merupakan omset lebih dari $ 9 juta dan meningkatkan penjualan versi elektronik tidak mencegah publikasi dari edisi keenam di 2009 dan edisi asli dalam sepuluh volume untuk orang muda berusia 8 sampai 12.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]