Empat Pemimpin Suci

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Santa Katarina dari Alexandria bersama dua dari Empat Pemimpin Suci: Santo Quirinus (kiri) dan Santo Hubertus (tengah). Gambar orang kecil yang sedang berlutut adalah seorang pemberi sumbangan.

Empat Pemimpin Suci (Vier Marschälle Gottes atau hanya Vier Marschälle) adalah empat santo (orang suci) yang dihormati di daerah Thineland, terutama di Cologne, Liège, Aachen, dan Eifel.[1] Mereka dipercaya sebagai orang-orang yang berada sangat dekat dengan Tahta Surgawi, dan oleh karenanya menjadi para perantara yang berkuasa.[2] Penghormatan bersama kepada mereka mirip dengan penghomatan kepada Empat Belas Pembantu Suci yang juga dihormati di Rhineland.

Mereka dianggap sebagai "Para Pemimpin dari Tuhan" dan dimohon bantuannya untuk melawan berbagai penyakit dan epidemi selama Abad Pertengahan.

Bukti akan pengkultusan mereka ini ditunjukkan oleh sebuah dokumentasi dari tahun 1478; namun, pengkultusan bersama terhadap keempat orang suci ini mungkin telah ada lebih dahulu sebelumnya.[3][4] Pemujaan ini mencapai puncaknya pada abad ke-15 dan ke-16, dan mulai berkurang pada abad ke-17.[5] Ada beberapa gereja yang didedikasikan kepada mereka di Hüngersdorf, Schleiden, dan di Mariwald.[6]

Sang Empat Pemimpin Suci[sunting | sunting sumber]

Keempat santo ini adalah:

Nama (Alternate) Hari Perayaan Pelindung
Quirinus dari Neuss (Quirinus) c30 Maret, 30 April Melawan penyakit cacar dan gondok
Hubertus(Hubertus) n3 November 3 Melawan rabies dan gigitan anjing
Kornelius a16 September Melawan keram dan epilepsi (ayan)
Antonius Agung(Antonius Agung) m17 Januari Melawan wabah penyakit

Dalam hal perlindungan terhadap hewan, Antonius adalah pelindung ternak babi, Kornelius adalah pelindung ternak sapi, Hubertus pelindung anjing dan Quirinus pelindung kuda.[7] Disamping itu, tiap-tiap santi memiliki tempat tertentu untuk pemujaan khusus: Antonius dipuja di Cologne, Hubertus dipuja di Saint Hubert, Belgia, di Ardennes, Kornelius dipuja di Aachen, dan Quirinus dipuja di Neuss.[8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]